Sumber: Instagram @ prima_gambrenk

Butuh referensi destinasi wisata keren untuk liburan kamu selanjutnya? Yuk ke Banjarmasin! Kota yang menjadi ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki banyak destinasi wisata unik dan cantik untuk dikunjungi lho!

diskon 4% up to 1jt
Double hemat diskon s/d 1 Juta

Di kota yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai ini kamu bisa menemukan pasar terapung yang sudah berusia ratusan tahun. Ada juga pusat penambangan berlian di Kota Martapura lho! Namun Banjarmasin bukan cuma pasar terapung lho! Masih ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di kota ini.

Berikut ini ada 6 destinasi wisata hits di Banjarmasin yang bisa jadi referensi tempat liburan kamu berikutnya.

1. Pantai Joras

A post shared by Ahmad_Saubari (@ahmdisau_) on


Terletak di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin, Pantai Joras cocok sekali bagi kamu yang ingin bersantai dengan nyaman. Pantai ini tergolong masih belum terlalu ramai pengunjungnya. Hamparan pasir putih plus ombaknya yang lumayan tenang memungkinkan kamu jika ingin berenang.

Selain itu, di Pantai Joras ini juga terdapat mercusuar yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan cantik pantai dari ketinggian. Namun, jika kamu takut ketinggian tidak disarankan naik mercusuar ini ya! Soalnya selain tinggi, mercusuar ini juga tidak dilengkapi dengan peralatan keamanan yang memadai jika kamu ingin naik sampai ke atasnya.

2. Pulau Birah-birahan


Mau main ke pulau cantik di Banjarmasin? Bisa banget! Pulau Birah-birahan yang terletak di Kabupaten Kotabaru bisa jadi tujuan yang pas. Tapi, untuk menuju pulau cantik ini butuh perjuangan ekstra karena kamu harus menyeberang dari Dermaga Kenyamukan dengan perahu nelayan selama kurang lebih 8 jam!


Penginapan Murah di Banjarmasin

Datang dari luar kota untuk kunjungi destinasi ini?
Temukan pilihan hotel murah di Banjarmasin dengan harga mulai Rp 300.000 di Pergi.com

Hotel di Banjarmasin


Namun sepanjang perjalanan mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut cantik dan jika beruntung kamu juga bisa bertemu kawanan lumba-lumba di perairan ini lho! Pulau Birah-birahan memiliki tiga zona asyik yang bisa kamu eksplor. Yang pertama adalah zona terumbu karang yang menjadi spot snorkeling paling juara di pulau ini. Yang kedua adalah zona pantai tebing batu yang asyik untuk spot selfie dan terakhir zona pantai yang dipenuhi ganggang yang coock bagi kamu yang suka memancing!

3. Pulau Samber Gelap


Pulau cantik ini lokasinya tidak jauh dari Pulau Birah-birahan. Terletak di Kecamatan Sebuku, Kabupaten Kotabaru, pulau ini bisa dicapai selama 2 jam perjalanan dengan speedboad dari Pelabuhan Samudera Kabupaten Batulicin. Jika dari pusat kota Banjarmasin, dibutuhkan sekitar 12 jam untuk bisa sampai ke pulau ini. Meski butuh pengorbanan ekstra tapi semua akan terbayar ketika kamu sudah sampai di pulau cantik ini.

Pulau Samber Gelap merupakan salah satu spot diving keren yang bisa ditemukan di Banjarmasin. Kondisinya yang masih asri dan alami membuat liburan di pulau ini serasa di pulau pribadi lho! Hamparan pasir putih yang menggoda plus air lautnya yang super jernih bergradasi biru menghasilkan view yang sangat cantik. Kamu bisa berenang, snorkeling hingga diving disini. Ada juga konservasi penyu yang bisa dikunjungi di pulau ini lho! Keren kan!

4. Danau Biru Pengaron


Sesuai namanya, danau cantik ini memiliki air berwarna biru cerah yang sangat menawan. Danau cantik ini terletak di Desa Sungkai, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar atau sekitar 100 km dari Banjarmasin atau 1 jam dari Kota Martapura. Danau ini bukanlah danau alami, melainkan bekas area pertambangan batu kapur yang menjadi destinasi wisata unik dan hits di kalangan masyarakat Banjarmasin.

Di kawasan danau ini kamu bisa menemukan banyak tebing batuan kapur yang membuat pemandangan di sekitar danau ini terasa unik dan cantik. Berfoto dengan latar Danau Biru Pengaron ini dijamin buat akun instagram kamu makin hits deh!

5. Danau Nes 12

A post shared by @fedigus on


Danau cantik ini juga bukan danau alami lho! Tetapi terbentuk dari bekas area pertambangan batu kapur yang sudah tidak beroperasi lagi. Danau yang terletak di Binuang ini menawarkan panorama danau super cantik yang benar-benar instagram worthy!

promo hotel pergicom
Diskon up to 150rb

Danau ini terletak lumayan jauh dari pusat Kota Banjarmasin, namun akses jalan menuju Danau Nes 12 Binuang ini termasuk mudah lho! Bekas galian tambang yang dibiarkan saja kemudian terisi air hingga menjadi wisata danau yang super cantik. Warna air danau ini sangat biru terlihat kontras dengan dinding-dinding batuan kapur yang mengelilingi danau ini. Wisatawan yang datang kesini selalu mengabadikan banyak foto dengan latar belakang danau cantik ini.

6. Bukit Lebak Naga


Terletak di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah laut, bukit yang satu ini termasuk wisata hits yang ramai dibicarakan di media sosial. Tak heran jika bukit ini selalu ramai wisatawan yang ingin menikmati view cantik Pantai Batakan yang bisa dilihat dari atas bukit ini.

Selain pantai, kamu juga disajikan pemandangan hijau ke perbukitan di sekitar Bukit Lebak Naga serta Pulau Datu yang tampak di kejauhan. Oh ya, untuk naik ke puncak bukit ini dibutuhkan waktu kira-kira 1 jam perjalanan mendaki dan uang masuk ke bukit kece ini hanya Rp 5.000 per orang.

Yuk segera rencanakan liburan kamu ke Banjarmasin! Wisata hits di daerah ini dijamin tidak kalah dari tempat wisata mainstream di Indonesia lho! Segera beli tiket pesawat ke Banjarmasin di Pergi.com ya!

Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 1 juta nih! Jangan lupa juga untuk booking hotel di Banjarmasin juga di Pergi.com ya! Ada juga diskon hotel hingga Rp 150.000. Pergi yuk!

Tiket Pesawat ke Banjarmasin