Sumber: Instagram @ramadhan_penuhberkah

Wisata kampung tematik memang tengah populer di banyak kota di Indonesia. Kampung-kampung tematik ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun pecinta fotografi. Sebut saja ada Kampung Warna Warni Jodipan di Malang, Kampung Pelangi di Semarang, Kampung Pelangi Banjarbaru dan masih banyak lainnya. Untuk menambah daftar panjang kampung tematik keren yang bisa jadi tujuan liburan seru kamu, ada nih yang baru di Tangerang. Kampung Bekelir namanya.

Kampung Kreatif Bertema Kearifan Lokal

A post shared by iqbal (@iqbal_al_qabida) on


Jika kampung warna warni biasanya berisi rumah-rumah warga yang dicat berwarna warni, namun di Kampung Bekelir kamu bisa menemukan dinding-dinding rumah warga yang digambar lukisan tiga dimensi, mural, dan grafiti dengan design yang begitu kreatif, unik dan instagramable. Ada banyak lukisan dan gambar keren yang menghiasi dinding-dinding rumah warga di Kampung Bekelir, Babakan, Tangerang.

Yang lebih kerennya, gambar yang dilukis di kampung ini bertemakan kearifan lokal Kota Tangerang dan ikon-ikon populer Tangerang, seperti Lenggang Cisadane, Gambang Kromong, Cokek, Laksa, Masjid Al Azhom dan masih banyak lainnya.

cicilan pergi.com
Cicilan 3/6/12 bulan

Lukisan ini merupakan hasil karya para pelukis jalanan dan seniman lokal dan juga dari berbagai kota seperti Bandung, Yogyakarta, Cilacap dan Semarang. Bahkan ada juga seniman mancanegara yang ikut melukis dinding rumah warga di kampung ini.

Awal Mula Kampung Bekelir


Menurut Communication Manager Project Kampung Bekelir, Andika Panduwinata awal terciptanya Kampung Bekelir ini merupakan ide asli dari masyarakat setempat untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya ciri khas Kota Tangerang sekaligus merubah kehidupan warga sekitar yang awalnya terlihat kumuh lalu disulap menjadi sebuah lokasi yang menarik, bahkan layak untuk dikunjungi. Konsepnya dengan cara melukis dinding rumah warga dengan tema kearifan lokal di Kota Tangerang.

Selain itu Kampung Bekelir juga sebagai wujud dukungan program Pemerintah Kota Tangerang untuk menjadi kota layak huni, layak dikunjungi, layak investasi dan kota pintar melalui pengembangan teknologi informasi.


Penginapan Murah di Tangerang

Datang dari luar kota untuk kunjungi destinasi ini?
Temukan pilihan hotel murah di Tangerang dengan harga mulai Rp 300.000 di Pergi.com

Hotel di Tangerang



Masyarakat yang ada di RW 1 yang terdiri dari 4 RT tersebut terlihat antusias ikut men-cat dinding rumah warga. Bahkan dalam satu bulan sudah selesai men-cat 300 rumah warga. Hal ini karena kampung tematik bisa dijadikan alternatif tempat wisata murah meriah yang bisa menarik banyak wisatawan dan juga meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

Inisiatif masyarakat ini kemudian didukung oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan mendapat dukungan dari perusahaan cat dan kuas seperti PT Pacific Paint, PT Samurai Paint, dan PT Ace Oldfields.

Lokasi Kampung Bekelir

A post shared by ABDi Sadrax5 (@abdisadrax5) on


Lokasi Kampung Bekelir berada persis di Jalan Perintis Kemerdekaan atau sepanjang bantaran Sungai Cisadane, tepatnya di RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang. Saat ini kampung ini memang belum diresmikan, namun sudah banyak orang yang datang ke kampung ini untuk berfoto ria di banyak mural, graffiti dan lukisan 3D keren di kampung ini.

Buat kamu yang weekendnya belum tahu mau kemana, boleh juga nih mampir ke Kampung Bekelir untuk berburu foto seru sekaligus melihat keanekaragaman budaya Tangerang dalam lukisan cantik. Pergi yuk!