Bagi kamu yang ingin mencari alternatif tempat liburan yang tidak terlalu jauh dari ibukota dan murah meriah pula, main ke Tangerang yuk! Kota yang dijuluki Kota Seribu Industri ini juga memiliki banyak wisata menarik sebagai alternatif liburan seru lho! Selain Pantai Tanjung Pasir, ada juga Telaga Biru Cisoka atau yang juga dikenal dengan nama Danau Biru Cigaru. Danau yang memiliki air berwarna biru cantik ini menjadi salah satu spot foto-foto keren di Tangerang lho!

Keindahan Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka
Sumber: Instagram @ helen_s.maria
Telaga Biru Cisoka yang juga dikenal dengan nama telaga biru Cigaru dan Danau Biru Cigaru ini bukanlah danau alami, melainkan bekas galian pasir yang sudah tidak lagi beroperasi selama dua tahun. Lubang bekas galian dengan kedalaman belasan meter tersebut kemudian terisi air hujan hingga menjadi telaga. Warga sekitar kemudian menamakan telaga ini dengan nama Telaga Biru Cigaru karena warna air telaga ini yang berwarna biru. Meski demikian, warna air telaga ini tak melulu biru lho! Kadang warna airnya akan menjadi kekuningan hingga bening.

Telaga cantik ini berada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Warna air telaga ini yang menarik perhatian banyak wisatawan yang ingin berburu foto hits di destinasi wisata yang satu ini. Terdapat dua danau di area ini yaitu danau yang berada di kanan dari arah pintu masuk yang memiliki air cenderung berwarna biru dan danau yang di kiri memiliki air yang cenderung berwarna hijau dan lebih luas. Pepohonan rindang yang ada di dekat danau ini semakin menambah keindahan pemandangan Telaga Biru Cisoka.

Warna air di danau ini sering berubah-ubah karena kadar keasaman yang tinggi yang mencapai tujuh. Selain itu ada juga alga ganggang yang bisa berubah warna ketika terkena sinar matahari. Karena alasan tingginya keasaman air danau ini dan juga kedalamannya yang lumayan, pengunjung dilarang untuk berenang. Alternatifnya, tersedia perahu kecil yang bisa disewa untuk berkeliling danau dengan tarif Rp 20.000.

Cara Menuju Telaga Biru Cisoka dan Harga Tiket Masuk

Telaga Biru Cisoka
Sumber: Instagram @ hanifrhm
Untuk menuju telaga cantik ini disarankan untuk menggunakan kereta api dari Jakarta untuk menghindari macet. Jarak antara Jakarta – Cisoka lumayan jauh dan melewati banyak titik rawan macet yang bisa buat kamu bosan di jalan.

Dari Jakarta, naik KRL menuju jurusan Tanah Abang – Maja dan turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang. Dari stasiun ini kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot dan juga ojek. Kamu bisa berjalan sekitar 300 meter dari stasiun menuju pangkalan angkot, lalu naik angkot jurusan Adiyasa-Balaraja dan bilang berhenti di pertigaan gang SMAN 08 Cisoka. Sesampainya di gang, kamu bisa sambung naik ojek maupun berjalan kaki hingga ke gerbang masuk telaga ini. Dari gerbang, kamu harus jalan lagi sekitar 200 meter untuk tiba di Telaga Biru Cisoka yang memiliki pemandangan cantik yang instagrammable.

Tiket masuk ke Telaga Biru Cisoka ini sangat terjangkau karena hanya dikutip untuk biaya parkir, yaitu Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor. Jika kamu berjalan kaki, tiket masuknya gratis lho!

Telaga Biru Cisoka ini bisa jadi opsi liburan bagi kamu-kamu yang tidak memiliki libur panjang dan ingin wisata murah meriah. Fasilitas penunjang di sekitar objek wisata ini masih belum memadai, tetapi ada banyak warung makan yang bisa jadi tempat kamu bersantai setelah puas foto sana sini di danau cantik ini. Bagi yang ingin liburan ke tempat yang lebih jauh, yuk beli tiket pesawatnya di Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 lho! Pergi yuk!