Bulan Ramadhan telah tiba. Banyak orang yang lebih suka menghabiskan waktu bersantai di rumah saat berpuasa. Banyak yang menghindari travelling saat puasa karena takut tidak kuat dan ingin fokus ibadah. Padahal, travelling saat puasa bisa jadi salah satu sarana ibadah yang menyenangkan lho! Berikut ini ada tips agar liburan kamu tetap lancar meski sedang berpuasa yang bisa jadi referensi.

1. Pilih Negara Ramah Muslim

tips-liburan
Jika ingin ke luar negeri saat bulan Ramadhan, kamu bisa memilih negara muslim maupun negara ramah muslim sebagai tujuan liburan. Selain bisa jalan-jalan, kamu juga bisa beribadah dengan mudah karena sudah pasti ada masjid. Selain itu masih bisa merasakan suasana Ramadhan karena pasti masyarakat di negara tersebut juga berpuasa. Kamu juga tak perlu khawatir soal makanan karena pasti banyak yang halal dan banyak yang buka saat waktu sahur sehingga kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan bak meski tengah berada di negeri orang. Negara yang ramah muslim juga biasanya memiliki banyak fasilitas pendukung bagi wisatawan muslim, sehingga kamu tetap bisa beribadah dengan baik.

2. Rencanakan Liburan dengan Baik

tips-liburan
Setelah menentukan kota maupun negara mana yang akan dikunjungi, kamu harus membuat perencanaan yang baik agar liburan tetap asyik dan puasa tetap jalan. Kamu bisa mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang dimana bisa menemukan masjid maupun mushola dan dimana tersedia makanan halal, jadi kamu bisa merencanakan kira-kira berapa lama harus mengunjungi suatu tempat wisata sebelum mencari takjil maupun makanan ringan untuk berbuka.

3. Pilih-pilih Tempat Wisata

tips-liburan
Jika di kota maupun negara tujuan kamu ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, buatlah prioritas kunjungan ke tempat wisata agar kamu tidak kelelahan dan mempengaruhi puasa kamu. Untuk sementara waktu lupakan dulu keinginan untuk naik gunung, arung jeram atau aktivitas yang menguras tenaga lainnya. Sebaliknya, pilihlah tempat wisata yang tergolong santai dan mudah dijangkau, misalnya hunting foto di pusat kota, mengunjungi museum atau masjid bersejarah, mall hopping, shopping, bermain di pantai dan sebagainya.

4. Bawa Barang Seperlunya

tips-liburan
Saat menjelajah kota atau suatu negara, jangan membawa barang terlalu banyak karena akan membuat kamu cepat lelah. Bawalah barang-barang yang penting saja, misalnya dompet, kamera, paspor dan perlengkapan shalat. Jadi kamu bisa tetap beribadah saat mengeksplor tujuan liburan kamu.

5. Persiapkan Diri

tips-liburan
Sebelum mengekplor tujuan liburan kamu, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. Dimulai dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi saat sahur, mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina tubuh selama berpuasa di perjalanan, dan jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih saat sahur untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan menghindari dehidrasi selama kamu jalan-jalan. Dan tak lupa untuk istirahat denga baik agar tubuh kamu lebih segar dan bugar dan siap menjelajah lebih jauh di tempat tujuan liburan meski sedang puasa.

Dengan tips diatas, jangan lagi jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak pergi kemana-mana ya! Ayo rencanakan liburan mu meski sedang puasa! Ada diskon spesial Ramadhan di Pergi.com lho! Diskon tiket pesawat dan hotel 10% untuk semua destinasi dan tanggal keberangkatan / periode menginap dengan maksimal diskon Rp 500.000. Rencanakan liburanmu sekarang juga dan beli tiket pesawat serta hotelnya di Pergi.com ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Diskon 500rb Disini!