Naik pesawat terbang memang sudah menjadi favorit banyak orang yang ingin bepergian, baik jarak jauh maupun jarak dekat. Dengan segala kemudahan untuk membeli tiket pesawat serta kenyamanan yang ditawarkan, pesawat terbang memang patut menjadi alternatif alat transportasi.

Tapi apakah kamu tahu perbedaan kelas ekonomi, bisnis bahkan first class yang ditawarkan berbagai maskapai di Indonesia? Berikut Pergi.com ulas perbedaan kelas dan juga fasilitas yang ditawarkan maskapai Indonesia

Kelas & Fasilitas Maskapai Garuda Indonesia

Maskapai bintang lima Garuda Indonesia memiliki berbagai kelas yang bisa dipilih. Setiap kelas memiliki kelebihan masing-masing yang akan memanjakan penumpang selama penerbangan. Berikut ini berbagai kelas yang ditawarkan Garuda Indonesia.
1. Kelas Ekonomi
Kelas Ekonomi Garuda Indonesia memiliki fasilitas seperti:

  • Tempat duduknya berukuran 30-32 inci (kecuali di armada pesawat New Generation 737 yang menggunakan kursi sebesar 31-32 inci) untuk kelas ekonomi penerbangan jarak dekat.
  • Ruang kaki kelas ekonomi Garuda Indonesia juga tergolong lega dengan lebar 17 inci.
  • Jika ingin memakai selimut dan bantal tambahan harus dipesan terlebih dulu.
  • Untuk kelas ekonomi penerbangan jarak jauh, kursi yang dipakai berukuran 32-35 inci pada armada Boeing 747 dan 33-34 inci pada Airbus A330.
  • Semua kursi dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 9 inci dan headphone untuk menikmati inflight entertainment.
  • Semua penumpang mendapatkan makanan dan minuman selama penerbangan.

2. Kelas Bisnis
Kelas Bisnis dilengkapi dengan fasilitas seperti:

  • Tempat duduknya berdesain ergonomis dengan ruang kaki yang lega selebar 106 cm
  • Untuk kelas bisnis jarak dekat, Garuda Indonesia memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2 dengan lebar 42-44 inci. Namun untuk pesawat Boeing 737 terbaru, lebar seatnya adalah 41 inci.
  • Di penerbangan internasional makanan yang disajikan bervariasi, seperti makanan khas Eropa, Asia, Jepang, Cina dan Indonesia.
  • Tersedia wine, champagne, minuman beralkohol, bir dan minuman ringan untuk penerbangan ke Eropa dan Australia
  • Di armada pesawat Airbus A330-200 ada flat-bed baru dengan lebar kursi 74 inci dan bisa berbaring hingga 180 derajat.
  • Untuk kelas bisnis dilengkapi dengan layar sentuh LCD berukuran 11 inci dengan AVOD di setiap kursi untuk menikmati inflight entertainment.
  • Terdapat power supply laptop di setiap kursi
Panduan Lainnya :  5 Tips Jitu Menghindari Pencurian Bagasi di Bandara

3. Kelas Satu (First Class)
Sedangkan kelas satu Garuda Indonesia dilengkapi fasilitas

  • Penjemputan dengan mobil mewah seperti Toyota Alphard atau limousine. Layanan ini tersedia untuk penumpang dari area Jabodetabek dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta
  • Memiliki Asisten First Class yang akan mengurus semua hal, mulai dari membawa bagasi, proses imigrasi hingga mengantar ke dalam pesawat.
  • Bisa menikmati First Class Lounge dengan berbagai fasilitas kelas atas yang bisa digunakan sembari menunggu penerbangan
  • Saat boarding tidak perlu mengantri karena ada jalur khusus untuk penumpang first class
  • Kursi ergonomis dengan panjang 82 inci dan lebar 22 inci dan bisa menjadi tempat tidur datar lengkap dengan matras, selimut, bantal dan juga ottoman.
  • Setiap suite dilengkapi dengan sliding door, seat control dengan panel layar sentuh dan pembatas bagi suite lini tengah.
  • Inflight entertainment berupa layar LCD sebesar 23.5 inci dengan remote control dan headphone kedap suara
  • Lampu baca pribadi, alat tulis eksklusif, perlengkapan mandi branded, sandal untuk penerbangan jauh
  • Menu makanan Indonesia dan Internasional disiapkan oleh Chef on-board
  • Layanan after flight dimana akan disambut oleh asisten first class yang akan mengurus bagasi, imigrasi dan mengantar ke tujuan dengan layanan Limousine Service (layanan ini bervariasi di setiap destinasi)

Pesan Tiket Garuda

Kelas & Fasilitas Maskapai AirAsia

airasia interior

Maskapai penerbangan asal Malaysia ini mendapat kategori 1 oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan. Maskapai AirAsia menggunakan pesawat Airbus A320-200 dan Airbus A320 neo.

Sebagai maskapai berbiaya rendah, AirAsia memiliki kelas ekonomi dan juga bisnis yang dilayani dengan AirAsia X. Untuk penumpang kelas ekonomi yang bisa ditemui di hampir semua penerbangan AirAsia, fasilitas yang didapatkan sangat basic, yaitu free bagasi kabin seberat 7 kg.

Tidak ada makanan maupun minuman gratis yang diberikan, namun tersedia makanan berat maupun ringan yang bisa dibeli di atas pesawat.

Panduan Lainnya :  Cara Mengatasi Telinga Berdengung di Pesawat

Sedangkan kelas bisnis, fasilitas yang didapat meliputi

  • layanan Red Carpet dengan fasilitas check in di ruang khusus
  • akses gratis lounge
  • bisa masuk jalur antrian cepat
  • pilih kursi
  • bagasi 40 kg
  • layanan bagasi prioritas
  • makanan
  • premium flat bed dengan bantal dan selimut. Spesifikasi flat bed di AirAsia X yaitu lebar 20 inci
  • celah antara tempat duduk 60 inci dan jarak ketika dalam posisi berbaring adalah 77 inci

Pesan Tiket AirAsia

Kelas & Fasilitas Maskapai Batik Air

maskapai batik air

Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini memiliki 12 kursi kelas bisnis dan 168 kursi kelas ekonomi. Maskapai yang baru beroperasi pada Mei 2013 ini memiliki kelas ekonomi dan bisnis.

Fasilitas yang ada Batik Air adalah tempat duduk nyaman dengan jarak antar kursi 35 inci untuk kelas ekonomi dan 45 inci untuk kelas bisnis.

Setiap kelas juga mendapatkan LCD di setiap kursi sebagai bagian dari inflight entertainment Batik Air, bagasi gratis 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 untuk kelas bisnis serta makanan dan minuman gratis selama penerbangan.

Sebagai info, Batik Air tidak menyediakan headset untuk mendengar musik atau menonton film sehingga penumpang harus membeli headset dari pramugari maupun membawa headset sendiri.

Pesan Tiket Batik Air

Kelas & Fasilitas Maskapai Citilink

citilink interior

Maskapai bertarif rendah yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia ini tidak memiliki kelas bisnis. Sebagai maskapai bertarif rendah, Citilink menawarkan berbagai fasilitas yang memanjakan pra penumpangnya, yaitu free kabin bagasi 7 kg dan 20 kg untuk bagasi check-in.

Selain itu, penumpang bisa memilih tempat duduk saat check-in online. Citilink tidak menawarkan inflight meals secara percuma, namun penumpang bisa membeli makanan panas, cemilan serta minuman saat terbang.

Pesan Tiket Citilink

Kelas & Fasilitas Maskapai Lion Air

interior lion air

Maskapai yang mulai beroperasi tahun 2000 ini termasuk maskapai domestik terbesar di Indonesia. Maskapai Lion Air memiliki kelas ekonomi dan bisnis pada beberapa rute. Untuk kelas ekonomi, penumpang mendapatkan fasilitas free bagasi kabin seberat 7 kg dan bagasi check-in 20 kg.

Panduan Lainnya :  Ini Dia Info Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi AirAsia!

Tidak ada in-flight entertainment dan makanan minuman gratis yang diberikan kepada penumpang. Sementara untuk kelas bisnis menawarkan ruang kabin yang lebih lega, ruang kaki yang luas 38 inci dan makanan minuman gratis selama penerbangan.

Untuk bagasi, ada bagasi kabin gratis 7kg dan 30kg untuk bagasi check-in. Bagi yang check-in secara online bisa memilih tempat duduk tanpa biaya tambahan, sedangkan jika check-in di bandara akan diberikan seat yang tersedia dan tidak bisa dipilih.

Pesan Tiket Lion Air

Kelas & Fasilitas Maskapai Sriwijaya Air Group

sriwijya air interior

Maskapai NAM Air yang tergabung dalam Sriwijaya Air Group menawarkan kelas ekonomi dan bisnis dengan fasilitas yang memadai. Untuk kelas ekonomi mendapatkan jatah bagasi check-in gratis seberat 20 kg dan 30 kg untuk kelas bisnis.

Selama penerbangan, penumpang kelas ekonomi mendapatkan makanan gratis berupa snack dan air mineral. Sementara itu untuk kelas bisnis mendapatkan hot meal dan makanan penutup. Penumpang kelas bisnis juga bisa mengakses lounge eksekutif NAM Air.

Pesan Tiket Nam Air

Sementara untuk maskapai Sriwijaya Air, terdapat dua kelas dalam layanannya yaitu kelas ekonomi dan kelas ekonomi khusus yang disebut Executive Class. Untuk kelas ekonomi, fasilitas yang didapatkan adalah bagasi check-in gratis seberat 20 kg dengan jarak kursi 30 inci serta makanan dan minuman ringan.

Untuk kelas ekonomi khusus fasilitas yang didapatkan yaitu akses ke lounge eksekutif, check-in terpisah, bebas biaya pembatalan pemesanan, kendaraan khusus dari lounge ke pesawat, bagasi gratis 30 kg dan makanan dan minuman selama penerbangan.

Pesan Tiket Sriwijaya

Perbedaan fasilitas yang ditawarkan setiap kelas yang ada di maskapai diatas berbanding lurus dengan harga tiket yang dibayarkan penumpang. Semakin mahal dan semakin tinggi kelas yang diambil, maka pelayanan juga akan semakin eksklusif.