Naik pesawat terbang merupakan cara tercepat untuk menuju ke suatu kota / negara, entah itu untuk tujuan liburan atau bekerja. Harga tiket pesawat terbang yang semakin terjangkau juga memudahkan siapa saja yang ingin bepergian dengan pesawat terbang. Tapi, masih saja ada yang merasa takut saat naik pesawat karena berbagai alasan. Mulai dari takut ketinggian, takut berada di ruang tertutup hingga takut pesawat jatuh! Jika kamu termasuk orang yang takut naik pesawat, coba deh tips mengatasi rasa takut saat naik pesawat berikut ini agar hidup kamu lebih menyenangkan karena dengan naik pesawat, ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu datangi!

1. Update Informasi Kamu Soal Pesawat

pesawat terbang
Jika kamu takut naik pesawat karena adanya berita buruk mengenai pesawat, misalnya kecelakaan, tergelincir, mendarat darurat dan sebagainya, ada baiknya update pengetahuan kamu soal pesawat terlebih dahulu! Let`s be smart! Menurut data dari Aviation Safety Network, angka kecelakaan pesawat terbang merosot tajam di setiap dekade. Laman USA Today menyebutkan bahwa mengemudi mobil jauh lebih berbahaya daripada naik pesawat terbang, dengan angka 5 juta kecelakaan mobil berbanding 20 kecelakaan pesawat terbang. Channel4 juga merilis data bahwa dari semua penerbangan komersil di dunia, rasio kecelakaan hanya 1: 1.2 juta. Dengan kata lain, peluang terjadinya kecelakaan saat naik pesawat terbang hanya 1 diantara 11 juta penerbangan. Plus standard keamanan dan prosedur penerbangan juga sudah semakin canggih sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan semakin kecil. Jika disimpulkan, maka pesawat terbang merupakan alat transportasi teraman di dunia.

2. Alihkan Perhatian

di dalam pesawat
Jika masih merasa takut meski sudah tahu kalau pesawat itu adalah transportasi teraman di dunia, coba alihkan perhatian kamu saat berada di dalam pesawat. Bisa dengan mengobrol dengan teman traveling atau berkenalan dengan penumpang di sebelah Anda, bisa juga dengan membaca inflight magazines yang selalu ada di setiap penerbangan, membaca buku yang dibawa dari rumah, ngemil atau bisa juga menikmati inflight entertainment yang ada di maskapai yang kamu pakai, seperti bermain games, menonton film hingga mendengarkan musik favorit. Intinya, jangan sampai rasa takut membuat kamu tidak nyaman selama penerbangan.

3. Terbang Sesering Mungkin!

tips boarding pesawat
Ada pepatah yang mengatakan ‘Alah Bisa Karena Biasa’. Nah, pepatah ini juga berlaku untuk mengatasi rasa takut saat naik pesawat. Mungkin, kamu merasa takut dan tidak nyaman saat pertama kali naik pesawat. Namun jika kamu sering bepergian dengan pesawat terbang, lama kelamaan kamu bisa beradaptasi dengan situasi selama penerbangan sehingga bisa merasa lebih nyaman saat harus naik pesawat lagi.

Rasa tidak nyaman saat naik pesawat tentu hal normal yang dirasakan setiap penumpang pesawat. Namun jangan sampai hal ini membuat kamu tidak mau naik pesawat ya!

See, tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat naik pesawat terbang. Rasa takut dan tidak nyaman saat harus duduk di ruangan sempit dan berada di ketinggian tentu hal normal yang dirasakan setiap penumpang pesawat. Namun jangan sampai rasa takut ini membuat kamu tidak mau naik pesawat ya!Yuk lebih sering terbang agar ketakutan mu saat naik pesawat bisa hilang! Pesan tiket pesawat kamu sekarang juga di Pergi.com dan nikmati potongan diskon spesial Rp 300.000 untuk tiket pesawatmu!