Sumber: http://www.businessinsider.com/how-to-get-sleep-on-a-plane-2017-1?IR=T&r=US&IR=T

Saat terbang, banyak orang yang memilih tidur dengan berbagai alasan. Mulai dari lelah, merasa ngantuk atau bisa juga karena fobia terbang. Nah, bagi kamu yang sering menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi untuk urusan bisnis maupun jalan-jalan, tidur di pesawat memang bisa dilakukan meski kamu terbang dengan kelas ekonomi. Namun, dengan kecilnya space yang tersedia, tidur di pesawat tentu tidak akan senyaman ketika kamu tidur di bus maupun rumah. Agar kamu merasa lebih nyaman saat tidur di dalam pesawat, berikut ini ada tips yang bisa jadi referensi kamu!

1. Pilih Tempat Duduk yang Benar

tempat duduk di pesawat
Jika kamu akan melakukan penerbangan panjang atau terbiasa tidur selama penerbangan, pilihlah tempat duduk yang tidak terlalu ‘ramai’ dan berisik saat check in. Menurut Dailymail, kursi-kursi di baris belakang pesawat atau yang dekat dengan pintu keluar karena lokasi duduk di area ini cenderung lebih berisik dan sibuk oleh aktivitas pramugari maupun penumpang lain. Selain itu, jika kamu termasuk yang tidak terlalu sering ke toilet, hindari duduk dekat toilet juga ya. Hal ini karena bakal ada banyak penumpang yang keluar masuk toilet yang bisa mengganggu tidur kamu. Disarankan untuk memilih kursi di bagian depan pesawat karena baisanya lebih tenang dan jika memungkinkan pilih di dekat jendela ya!

2. Perhatikan Apa yang Kamu Makan / Minum

minum kopi
Makanan dan minuman yang kamu konsumsi sebelum terbang ternyata bisa memengaruhi tubuh lho sehingga kamu akan kesulitan untuk tidur atau bahkan sakit perut. Sebelum terbang, hindari mengonsumsi kopi karena kafein yang terkandung di dalamnya membuat kamu cepat dehidrasi dan dapat berpengaruh pada kesehatan kamu. Minumlah air putih biasa, tak berkafein dan tak beralkohol untuk penerbangan yang lebih nyaman bagi tubuh kamu. Selain itu hindari konsumsi terlalu banyak makanan pedas sebelum terbang ya! Perut kamu bisa ‘berulah’ saat terbang dan tentu akan mengganggu kenyamanan saat berada di udara dan mencegah kamu untuk tidur.

3. Pasang Sabuk Pengaman dengan Benar

pakai-seatbelt
Sumber: http://www.vietnamvisa-easy.com/blog/air-travel/
Jika kamu berencana tidur sepanjang penerbangan, jangan lupa untuk selalu memasang sabuk pengaman dan tak melepaskannya meski tanda kenakan seatbelt sudah dipadamkan. Hal ini untuk keamanan dan kenyamanan kamu sendiri agar badan kau tidak turun ke bagian bawah kursi. Selain itu sabuk pengaman juga akan menjaga tubuh kamu tetap di posisi awal jika terjadi turbulensi. Pramugari pun tak perlu repot-repot membangunkan kamu ketika ada peringatan pakai sabuk pengaman.

4. Pakai Headphone

tidur-di-pesawat-2
Sumber: https://romancetravelconcierge.com/news-tips/meeting-someone-special-tips-for-sleeping-well-on-a-plane/
Untuk tidur yang lebih nyaman, kamu bisa memakai headphone yang memiliki fungsi noise-cancelling yang nyaman dipakai di telinga. Kamu bisa mendengarkan white noise maupun lagu kesukaan untuk membuat kamu terlelap lebih cepat dan nyenyak selama penerbangan.

5. Travel Pillow yang Nyaman

tidur-di-pesawat-1
Sumber: http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3207023/The-ultimate-guide-falling-asleep-plane.html
Agar tidur lebih nyaman, kamu bisa membawa travel neck pillow yang berfungsi untuk menyangga leher sekaligus menyediakan sandaran yang nyaman dan empuk untuk kepala ketika tidur.

So, next time kamu terbang, tips tidur di pesawat diatas bisa jadi refernsi untuk tidur lebih nyaman selama penerbangan berlangsung. Yuk segera booking tiket pesawat kemana pun kamu mau di Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 lho! Jika ingin sekalian booking hotel, Pergi.com juga ada diskon hotel hingga Rp 500.000 lho! Pergi yuk!