Bagi ibu hamil, perjalanan dengan pesawat terbang bisa sedikit tricky. Banyak maskapai penerbangan yang mengharuskan ibu hamil menyertakan berbagai surat keterangan dari dokter agar bisa terbang. Banyak juga anggapan bahwa ibu hamil tidak boleh naik pesawat takut terjadi apa-apa pada bayinya. Sebenarnya, jika pra ibu selalu menjaga kesehatan dan konsultasi ke dokter, melakukan perjalanan naik pesawat untuk babymoon atau keperluan lain bukan lagi masalah lho! Berikut ini panduan aman naik pesawat saat hamil yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum traveling dalam kondisi hamil.

Waktu Terbaik Ibu Hamil untuk Naik Pesawat

naik-pesawat-saat-hamil

Bagi kamu yang sedang mengandung, di saat awal kehamilan biasanya sering dibarengi dengan rasa mual (morning sickness). Saat masih mual-mual seperti ini tentu kurang nyaman ketika harus bepergian jauh, apalagi untuk naik pesawat. Berikut ini adalah waktu terbaik bagi ibu hamil untuk naik pesawat.

  • Saat terbaik untuk melakukan traveling dengan pesawat adalah waktu trimester kedua kehamilan, yaitu antara bulan ke-4 hingga ke-6. Hal ini karena pada trimester kedua para calon ibu belum masuk dalam fase perubahan tubuh sehingga lebih nyaman ketika harus jalan jauh.
  • Saat yang harus dihindari para ibu yang ingin traveling dengan pesawat adalah saat trimester pertama dan ketika sudah masuk bulan ke-9, karena di trimester pertama tubuh calon ibu masih menyesuaikan dan sering diserang morning sickness. Dan ketika sudah masuk bulan k-9, masa melahirkan sudah dekat dan ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama penerbangan.

Tips Terbang Aman Bagi Ibu Hamil

terbang-saat-hamil
Bagi kamu yang ingin tetap bisa naik pesawat dan traveling selama hamil, berikut ini ada tips terbang aman bagi ibu hamil yang bisa jadi referensi kamu.

1. Periksa ke Dokter Sebelum Berangkat

Jika kamu ingin mengunjungi suatu tempat dengan menggunakan pesawat terbang, sebelum mencari tiket pesawat murah ke destinasi tujuan, ada baiknya konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Selain itu, maskapai Indonesia biasanya juga mengharuskan ibu hamil menyertakan surat keterangan dari dokter ketika akan terbang.

2. Pilih Destinasi yang Dekat

Jika kamu ingin babymoon, usahakan pilih destinasi yang tidak terlalu jauh. Boleh juga memilih destinasi luar negeri yang tidak begitu jauh dari Indonesia dan durasi penerbangannya tidak terlalu lama, misalnya ke Singapura, Malaysia atau Bangkok. Lebih disarankan untuk memilih destinasi yang dekat agar kamu tidak menghabiskan terlalu banyak waktu berada di dalam pesawat.

3. Gunakan Sabuk Pengaman Dengan Benar

Di dalam pesawat, gunakan sabuk pengaman dengan posisi yang benar yaitu di bawah perut agar tidak membahayakan calon bayi. Menggunakan sabuk pengaman selama penerbangan memang menjadi aturan penting untuk keselamatan diri.

4. Pilih Tempat Duduk

Ibu hamil biasanya sering bolak-balik kamar mandi. Agar nyaman selama penerbangan, pilihlah tempat duduk di bagian aisle (lorong) atau seat bagian depan agar memiliki ruang lebih luas untuk meluruskan kaki dan lebih leluasa untuk ke toilet. Jika check in secara online, kamu bisa beli seat yang diinginkan dan jika check in di bandara, kamu bisa membeli maupun minta diassign ke seat yang diinginkan dengan alasan sedang hamil.

5. Olahraga Ringan di Pesawat

Ibu hamil memiliki resiko terkena gangguan ringan saat terbang dengan pesawat, yaitu kram maupu pembengkakan mata kaki. Untuk mencegah hal tersebut, lakukan olahraga ringan di dalam pesawat. Gerakkan kaki kamu setiap 30 menit sekali dan sesekali berjalan di lorong pesawat (ketika kondisi pesawat sudah stabil dan tanda pasang sabuk pengaman sudah dimatikan). Hal ini untuk melancarkan aliran darah di kaki dan mengurangi rasa nyeri di punggung.

Yang terpenting adalah tubuh kamu harus dalam kondisi fit dan sudah memeriksakan kondisi kehamilan di dokter sebelum terbang dengan pesawat. Terbang bagi ibu hamil bukan suatu hal yang dilarang selama kamu memenuhi persyaratan dari segi medis dan juga maskapai masing-masing. Cari tiket pesawat untuk tujuan babymoon kamu sekarang juga di Pergi.com dan nikmati diskon tiket pesawat hingga Rp 300.000! Pergi yuk!