Saat ini, hampir semua pekerjaan dilakukan dengan bantuan laptop. Selain itu, banyak juga yang bisa bekerja dimana saja asal terkoneksi dengan internet. Pekerjaan semacam ini tentu memudahkan kamu yang suka jalan-jalan. Tapi terkadang ada orang yang tetap harus membawa laptop meski sedang berlibur. Entah itu untuk mengerjakan pekerjaan freelance, urusan bisnis maupun hal-hal lain yang mengharuskan kamu untuk mengakses laptop. Meski liburan seharusnya bebas dari yang namanya kerjaan, namun jika kamu terpaksa bawa laptop saat liburan, berikut Pergi.com bagikan tips yang bisa jadi referensi agar liburan tidak terganggu pekerjaan dan laptop aman selama dibawa bepergian.

1. Jangan Letakkan laptop di Bagasi Kabin

laptop
Maskapai Indonesia umumnya memberikan jatah bagasi kabin gratis kepada para penumpangnya. Kamu bisa membawa laptop masuk ke dalam kabin, namun jangan diletakkan di kompartemen penyimpanan bagasi kabin yang terletak di atas tempat duduk. Hal ini untuk menghindari kemungkinan buruk seperti laptop terbanting selama penerbangan, tertimpa bagasi kabin penumpang lain dan sebagainya yang bisa membuat laptop rusak. Ada baiknya letakkan laptop di bawah kaki atau pangkuan kamu.

2. Bawa Adaptor

laptop-saat-traveling
Jika kamu liburan ke luar negeri, biasanya adaptor listrik di setiap negara berbeda-beda. Antisipasi hal tersebut dengan membawa adaptor sesuai dengan yang dipakai di negara yang jadi tempat liburan kamu. Jadi kapan pun kamu harus ‘bekerja’ di sela-sela liburan, kamu bisa bekerja dengan leluasa tanpa harus takut kehabisan baterai karena kamu bisa men-charge laptop menggunakan adaptor yang sudah dibawa dari rumah.

3. Simpan Laptop di Tempat Aman

laptop-liburan
Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Lindungi laptop kesayangan kamu dari kemungkinan pencurian dengan menyimpannya di tempat yang aman. Misalnya menyimpan laptop di dalam lemari hotel dan menguncinya sebelum pergi keluar. Bisa juga diletakkan di dalam koper lalu kunci, atau jika kamu menginap di hotel budget, kamu bisa menyimpan laptop di loker yang disediakan. Intinya, simpan laptop kamu dengan baik dan aman sebelum berpetualang menjelajahi destinasi liburan kamu.

4. Jangan Asal Pakai Wi-Fi Gratis

wifi-gratis
Wi-Fi memang sangat dibutuhkan untuk mengakses internet secara gratis. Namun sebisa mungkin hanya memakai wi-fi gratis di tempat-tempat yang terpercaya, misalnya hotel tempat kamu menginap atau perpustakaan umum di negara yang kamu kunjungi. Open wi-fi memang sangat menggoda, namun saat menggunakan wi-fi gratis ada kemungkinan data pribadi kamu di hack oleh orang-orang usil yang memanfaatkan public open wi-fi untuk mencari ‘mangsa’. Data pribadi bisa berupa password untuk berbagai akun, nomor kartu kredit, tabungan dan sebagainya. Ada baiknya kamu mengandalkan tethering dari smartphone ke laptop atau membawa modem dari rumah untuk koneksi yang lebih private dan aman.

Membawa laptop saat liburan memang bisa sedikit menjengkelkan karena artinya kamu masih harus tetap bekerja meski sedang liburan. Namun jika memang tidak ada hal urgent yang harus dikerjakan selama liburan, ada baiknya tinggal saja laptop di rumah. Tapi jika kamu terpaksa harus membawa laptop selama liburan, jangan lupa untuk terapkan tips-tips diatas ya untuk melindungi laptop kamu. Pesan tiket pesawat dan hotel kamu sekarang juga di Pergi.com dan dapatkan diskon tiket pesawat dan hotel spesial Valentine hingga Rp 500.000! Pergi yuk!