Pesawat kini menjadi salah satu moda transportasi masyarakat untuk bepergian. Tiket pesawat pun kian hari semakin terjangkau. Mendapatkan tiket pesawat murah juga bukan mimpi karena maskapai sering menawarkan promo menggiurkan yang membuat siapa saja kini bisa terbang.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Selain itu ada juga agen perjalanan online seperti Pergi.com yang setia memberi banyak diskon yang bisa buat tiket pesawat lebih murah lagi. Seperti moda transportasi lainnya, maskapai penerbangan memiliki beberapa kelas layanan yang ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan calon penumpang. Mulai dari kelas super mewah sekelas first class, business class hingga economy class.

Baca Juga :

Nah, buat kamu yang sering mencari tiket pesawat murah, tiket yang sering tersedia adalah untuk kelas ekonomi. Tapi tidak ada yang salah kok terbang dengan kelas ekonomi! Meski termasuk kelas paling rendah dalam layanan maskapai, namun standar pelayanan di kelas ekonomi juga sudah baik lho!

Mengenal Standar Pelayanan Untuk Kelas Ekonomi Maskapai Indonesia

takut naik pesawat
Untuk memberi perlindungan serta kenyamanan bagi para pengguna angkutan udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan standar pelayanan bagi penumpang kelas ekonomi bagi maskapai Indonesia. Kamu wajib tahu lho standar ini! Jadi, jika di penerbangan kamu selanjutnya jika ditemui hal dibawah standar yang sudah ditetapkan, kamu bisa mengajukan protes dan meminta pertanggungjawaban maskapai. Ada payung hukumnya lho! Jadi kamu tak perlu takut.

Standar pelayanan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang dikeluarkan pada 30 November 2015 lalu. Pengaturan standar pelayanan tersebut mencakup:

1. Standar pelayanan sebelum penerbangan (pre-flight), yaitu:

  • Informasi penerbangan
  • Pemesanan tiket (reservation)
  • Penerbitan tiket (ticketing)
  • Pelaporan tiket sebelum keberangkatan (check-in)
  • Proses boarding (boarding)
  • Penanganan keterlambatan penerbangan
  • Pembatalan penerbangan
  • Denied boarding passenger

2. Standar pelayanan selama penerbangan (in-flight), seperti:

  • Fasilitas dalam pesawat udara
  • Makanan dan minuman
  • Awak pesawat

3. Standar pelayanan setelah penerbangan (post-flight), ditujukan bagi penumpang berkebutuhan khusus, meliputi:

  • Proses turun pesawat
  • Transit atau transfer
  • Pengambilan bagasi tercatat

PM 185 Tahun 2015 ini menggantikan PM 38 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Udara Dalam Negeri dimana peraturan terbaru memuat standar pelayanan yang lebih detail. Salah satu hal baru yang dimasukkan dalam peraturan tersebut adalah soal refund tiket pesawat kepada penumpang yang membatalkan penerbangannya. Persentase pengembalian biaya angkutan jasa yang telah dibayar calon penumpang tertuang dalam PM 185 Tahun 2015.

Pelayanan Kelas Ekonomi Maskapai Indonesia

Berikut ini ada fasilitas bagi penumpang ekonomi pada maskapai penerbangan Indonesia yang dijamin akan buat kamu nyaman selama penerbangan

1. Garuda Indonesia

garuda-pergi-com
Merupakan maskapai bintang lima nasional, maskapai Garuda Indonesia memiliki pelayanan yang berbeda untuk semua kelas. Khusus untuk kelas ekonomi, ruang kaki dibuat selebar 78 cm dan sudah termasuk lega dan nyaman.

Belum lagi kursi nyaman yang ada di semua pesawat Garuda Indonesia tentu akan semakin memanjakan penumpang. Untuk kelas ekonomi, Garuda Indonesia juga memberikan makanan (in-flight meal) gratis berupa makanan ringan dan air mineral. Penumpang ekonomi juga bisa menikmati in-flight entertainment selama perjalanan dan bagasi gratis sebanyak 20 kg.

2. Citilink

citilink-pergi-com
Citilink merupakan maskapai berbiaya rendah anak dari Garuda Indonesia. Citilink tidak memiliki kelas eksekutif maupun bisnis.

Semua penerbangan Citilink adalah untuk kelas ekonomi dengan ruang kaki yang lumayan lega serta kursi yang nyaman. Citilink juga tidak memberikan makanan gratis saat penerbangan untuk para penumpang dan bagasi gratis sebanyak 20 kg.

3. AirAsia

airasia-pergi-com
Maskapai berbiaya rendah yang digemari para pemburu tiket murah ini memiliki kelas hot seat dan ekonomi. Perbedaannya hanya terletak pada baris tempat duduk di dalam pesawat, ruang kaki yang sedikit lebih longgar dan lega daripada kelas ekonomi dan boleh masuk ke pesawat terlebih dahulu.

Meski demikian kelas ekonomi AirAsia juga tergolong nyaman dengan ruang kaki yang tidak terlalu kecil dan kursi berbahan kulit yang nyaman. Oh ya, setiap kelas di penerbangan AirAsia tidak mendapatkan makanan gratis. Jika lapar kamu bisa membeli makanan dari pramugari.

4. Lion Air

lion-pergi
Maskapai yang satu ini juga termasuk maskapai favorit di Indonesia karena memiliki banyak rute ke seluruh Indonesia hingga luar negeri dengan harga tiket pesawat yang terjangkau.

Untuk penumpang ekonomi di Lion Air, kamu akan mendapatkan ruang kaki yang lumayan lega plus kursi nyaman dari kulit. Penumpang ekonomi juga dapat bagasi gratis seberat 15 kg.

5. Sriwijaya Air

sriwijaya-pergi-com
Jika kamu akan terbang dengan kelas ekonomi dari Sriwijaya Air, maka pelayanan yang kamu dapatkan adalah ruang kaki yang lumayan lega, kursi yang nyaman serta makanan dan minuman gratis.

Penumpang kelas ekonomi juga mendapat bagasi gratis 20 kg, kecuali untuk rute Jakarta – Tanjung Pinang –Jakarta yang mendapat free bagasi sebanyak 15 kg.

6. NAM Air

nam-pergi
Anak perusahaan Sriwijaya air ini juga memiliki pelayanan oke untuk kelas ekonomi. Selain ruang kaki yang lega dan kursi yang nyaman, penumpang kelas ekonomi NAM Air juga akan dapat makanan dan minuman gratis selama penerbangan. Selain itu, penumpang kelas ekonomi juga mendapatkan free bagasi sebanyak 20 kg.

7. Batik Air

batik-pergi-com
Maskapai yang tergabung dalam Lion Group ini merupakan maskapai full service seperti Garuda yang menawarkan layanan istimewa untuk penumpang kelas ekonomi. Ruang kaki di kelas ekonomi Batik Air dibuat sebesar 32 inci, sehingga terasa lega dan nyaman.

Penumpang ekonomi juga akan mendapatkan makanan gratis dan bisa menikmati in-flight entertainment selama penerbangan. Bagasi gratis seberat 20 kg juga diberikan bagi penumpang kelas ekonomi.

See, ternyata naik pesawat kelas ekonomi itu seru lho! Apalagi jika kamu naik pesawat berbiaya rendah karena saat in banyak yang rela rebutan tiket pesawat murah dari maskapai LCC demi liburan lebih hemat dan ekonomis ke tujuan impian. Kemenhub juga sudah membuat payung hukum yang mengharuskan maskapai melayani penumpang ekonomi sesuai standar.

Ayo mulai lagi petualangan kamu dengan liburan ke destinasi impian! Kamu bisa cari tiket pesawat murahnya di Pergi.com lho! Ada banyak diskon menanti untuk buat tiket pesawat kamu lebih murah. Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah