Media sosial Instagram menjadi salah satu wadah untuk mem-viralkan destinasi wisata. Terbukti, ada banyak tempat wisata yang semakin ramai dan dikenal setelah banyak foto-fotonya tersebar di instagram. Salah satunya yang sekarang sedang hits adalah Tebing Koja yang ada di Tangerang. Tebing Koja merupakan lahan bekas tambang pasir yang sudah tidak aktif lagi. Akibat proses penambangan pasir oleh warga sekitar menyisakan tebing-tebing kapur yang menjulang secara acak dan terlihat cantik. Bagian dasarnya juga terisi air berwarna kehiijauan yang berasal dari air hujan yang semakin menambah keindahan pemandangan yang ada di Tebing Koja ini. Belum lagi persawahan dan kebun yang ada di sekitar tebing ini. Keindahan dan keunikan pemandangan di Tebing Koja yang membuat banyak orang datang kesini untuk sekedar berfoto-foto, bahkan ada yang melakukan foto prewedding disini lho!

Tebing Koja = Kandang Godzilla?

tebing-koja-2
Sumber: Instagram @ deedeeayy
Jika kamu mencoba Google Tebing Koja, di Google Map akan tertera koordinat untuk Tebing Koja Kandang Godzilla. Nah, ternyata penyebutan nama kandang Godzilla ini juga ada ceritanya lho! Menurut pemilik tanah, sebutan kandang Godzilla sebenarnya hanya sebutan orang-orang yang datang ke tebing ini. Jika diperhatikan, ada salah satu tebing batuan kapur yang bentuknya menyerupai Godzilla Posisinya berada di depan area tebing yang bisa langsung terlihat ketika pertama kali kamu masuk ke kawasan Tebing Koja ini. Disinilah menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto ria.

Aktivitas Menarik di Tebing Koja

tebing-koja
Sumber: Instagram @ rifkakyana
Di Tebing Koja ini kamu hanya bisa berfoto dengan berbagai spot yang berbeda. Selain batu yang mirip Godzilla, masih ada tebing batu yang terlihat seperti gapura masuk yang bisa menjadi opsi spot foto keren untuk dibagikan ke Instagram. Puas berfoto di bagian atas tebing, kamu bisa turun ke bagian bawah yang tidak ada airnya karena ada sawah, ladang sayuran dan formasi batuan kapur yang lebih kecil. Di bagian bawah juga terdapat pondokan kecil yang bisa dipakai untuk berteduh jika kamu datang di siang hari. Waktu terbaik untuk berburu foto di Tebing Koja adalah saat pagii dan sore hari karena perpaduan sunrise dan juga sunset dengan tebing kapur menghasilkan foto yang instagramable dan juga dramatis. Kedepannya kabarnya akan tersedia perahu yang bisa disewa untuk menyusuri danau yang ada di bagian bawah Tebing Koja.

Tiket Masuk Tebing Koja

tebing-koja-1
Sumber: Instagram @ heriand
Harga tiket masuk Tebing Koja sangat terjangkau lho! Hanya Rp 3.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan biaya Rp 3.000 dan parkir mobil Rp 5.000. Sementara itu untuk foto prewedding belum ada tarif khusus yang dikenakan, namun dari beberapa sumber di internet menyebutkan biaya foto disini untuk keperluan prewedding adalah seikhlas hati. Pas banget kan kalau Tebing Koja ini dijuluki destinasi murah meriah dan penuh spot foto instagramable!

Cara menuju Tebing Koja

tebing-koja-3
Sumber: Instagram @ fahmulamiqachmad
Destinasi wisata ini berada di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Jaraknya tidak begitu jauh dari Jalan Raya Cisoka, sehingga mudah ditemukan.

Tak jauh dari Tebing Koja kamu juga bisa menemukan Danau Biru Cisoka yang juga asyik dijadikan tempat berburu foto yang instagramable. Namun destinasi wisata yang satu ini belum ada perhatian dari pemerintah daerah dan masih dikelola secara perorangan. Selain itu, di tepi tebing belum ada pengaman untuk memastikan keamanan pengunjung. Oleh karena itu bagi kamu yang berencana berburu foto ke Tebing Koja harus tetap hati-hati dan waspada ya! Pergi yuk!