Siapa yang tak kenal dengan Gunung Bromo? Gunung berapi aktif yang satu ini berada di Jawa Timur dan terletak di perbatasan Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan juga Lumajang.

Gunung dengan tinggi 2392 mdpl ini memiliki keindahan yang sangat mempesona, tak hanya bagi wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Gunung Bromo masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan disekitarnya terdapat Suku Tengger yang memiliki adat istiadat unik yang semakin menambah daya tarik wisata Gunung Bromo.

Baca Juga :

Untuk mencapai Gunung Bromo, ada empat pintu masuk menuju Bromo yang bisa kamu pilih. Namun untuk mudahnya, kamu bisa menuju Surabaya terlebih dahulu. Saat ini ada banyak tiket pesawat murah ke Surabaya yang membuat liburan kamu ke Bromo lebih hemat. Dari Surabaya, ada tiga jalur yang bisa ditempuh, yaitu:

1. Surabaya – Malang– Tumpang– Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – Gunung Bromo
2. Surabaya – Pasuruan – Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Dingklik – Penanjakan – Laut Pasir – Gunung Bromo
3. Surabaya – Tongas (Probolinggo) – Sukapura – Cemorolawang – Gunung Bromo

Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Bromo

Ada banyak destinasi wisata menarik di sekitar Gunung Bromo yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berlibur ke tempat ini. Banyak yang sudah mulai menjelajah area di sekitar Bromo pada dini hari dengan menggunakan jeep atau motor untuk mengejar sunrise di puncak Bromo yang terkenal sangat indah. Berikut ini ada destinasi wisata menarik di sekitar Bromo yang bisa kamu kunjungi.

1. View Point

A post shared by Rizky Septian Hidayat (@riezkyh) on


View Point ini merupakan tempat terbaik untuk melihat pemandangan Bromo dari ketinggian. Disini kamu bisa melihat sunrise yang cantik dan banyak wisatawan yang datang pagi-pagi sekali untuk mengejar pemandangan matahari terbit yang indah sekali. Ada banyak view point yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati sunrise Bromo, seperti Penanjakan 1, Penanjakan 2, Bukit Cinta dan Bukit Kingkong.

2. Kawah Bromo


Kawah Bromo menjadi salah satu tempat wajib yang kamu kunjungi jika berlibur ke Bromo. Kawah berdiameter kurang lebih 800 meter ini sangat menawan untuk dilihat secara langsung. Kamu bisa naik kuda atau jalan kaki untuk mengunjungi kawah ini, yang dilanjutkan dengan naik anak tangga yang berjumlah 250!

Yang kerennya, dari atas Bromo kamu bisa melihat Gunung Tengger dan Gunung Batok sebagai backgroundnya. Tak ketinggalan pula kepulan asap akibat aktivitas vulkanik gunung ini.

3. Pasir Berbisik


Destinasi wisata yang satu ini unik sekali. Pasir berbisik adalah hamparan pasir yang luas dan memiliki garis-garis yang cantik. Lautan pasir ini berada tak jauh dari anak tangga untuk naik menuju kawah Gunung Bromo. Pemberian nama ‘Pasir Berbisik’ dikarenakan disini dulunya pernah menjadi lokasi syuting film Pasir Berbisik.

Selain itu, saat angin bertiup, pasir akan beterbangan dan menimbulkan bunyi seperti orang sedang berbisik. Untuk menikmati keindahan Pasir Berbisik, kamu bisa berjalan kaki atau menyewa kuda. Jangan lupa gunakan masker ya karena pasir di daerah ini mudah beterbangan.

4. Bukit Teletubbies


Bukit ini merupakan padang savana yang sangat luas, sekitar 10 km persegi. Hamparan rumput yang luas ini terletak di kawasan Jemplang, bagian selatan kawah Gunung Bromo. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang bagus dan terletak tak jauh dari Bromo.

Tips Wisata ke Bromo

A post shared by Nathya🕊 (@nathyaap) on


Jika kamu berencana wisata ke Gunung Bromo, ada hal-hal yang harus kamu siapkan agar nanti bisa lebih puas menikmati keindahan Bromo. Berikut ini ada tips wisata ke Bromo yang harus kamu ketahui.

1. Pilih Waktu yang Tepat


Untuk pilihan waktu terbaik mengunjungi Bromo bisa disesuaikan dengan hal yang ingin kamu lihat di Bromo. Jika kamu berkunjung ke Bromo saat musim kemarau, maka kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat indah dan sempurna, namun pemandangan padang savana yang ada di sekitar Bromo akan kurang bagus karena rumput – rumput akan mengering saat kemarau.

Jika kamu berkunjung ke Bromo pada saat musim hujan, maka kamu bisa melihat pemandangan padang savana yang indah dan hijau, namun kamu akan melewatkan kesempatan bisa melihat sunrise terbaik dari Bromo. Oleh karena itu sesuaikan waktu keberangkatan kamu agar bisa menikmati keindahan Bromo secara menyeluruh. Selain itu, update juga info kamu mengenai status gunung ini karena Bromo merupakan gunung api yang masih aktif dan masih bisa erupsi sewaktu – waktu. Jika Bromo erupsi, sudah pasti wisata Bromo akan ditutup untuk wisatawan.

2. Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Prima


Saat mengunjungi Bromo, kondisi fisik kamu harus dalam keadaan prima karena suhu di Gunung Bromo sangat dingin. Selain itu, kamu memerlukan banyak tenaga untuk mendaki menuju puncak Bromo sekaligus mengelilingi berbagai tempat wisata asyik di sekitar Bromo.

3. Bawa Perlengkapan yang Sesuai


Untuk memaksimalkan waktu liburan kamu di Bromo, jangan lupa untuk melengkapi diri dengan berbagai perlengkapan yang sesuai, seperti jaket, sepatu sport atau sandal gunung, masker dan sebagainya. Meski ada banyak penjual maupun penyewa perlengkapan tersebut di sekitar Bromo, tentu akan lebih hemat dan nyaman jika menggunakan perlengkapan sendiri, bukan!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

4. Pesan Hotel Jauh – jauh Hari

A post shared by ganang ari (@ganang_ari) on


Agar liburan kamu ke Bromo jauh lebih nyaman dan terjangkau, booking-lah hotel jauh – jauh hari sebelum berkunjung ke Bromo. Hal ini untuk mencegah kehabisan hotel maupun harga hotel yang kelewat mahal pada hari H. Saat ini ada banyak website penyedia booking hotel online yang bisa kamu gunakan untuk memesan hotel jauh – jauh hari dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget.

5. Cari Tiket Pesawat Murah

A post shared by insani purnama devi (@vhiiie_) on


Untuk menuju Gunung Bromo, kamu bisa melalui kota Surabaya atau Malang. Jangan lupa siapkan tiket pesawat untuk menuju Malang atau Surabaya sebelum mempersiapkan liburan ke Bromo. Kamu bisa mencari tiket pesawat murah melalui website Pergi.com. Ada banyak promo yang bisa dimanfaatkan untuk buat liburan ke Bromo semakin murah dan hemat.

Jadi tidak sabar bisa liburan ke Bromo? Yuk rencanakan perjalanan liburan kamu dari sekarang dan jangan lupa beli tiket promo ke Surabaya hanya di Pergi.com. Ada banyak promo yang bisa kamu manfaatkan untuk buat liburan semakin murah dan hemat lho! Pergi yuk!

Tiket ke Surabaya