Salah satu keluhan yang sering diutarakan oleh traveler maupun pebisnis yang kerap melakukan penerbangan jarak jauh adalah jet lag. Jet lag bisa sangat mengganggu dan membuat tubuh merasa begitu lelah sehingga membuat aktivitas terganggu.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Oleh karenanya banyak traveler yang akan terbang jarak jauh mencari info mengenai bagaimana melewati jet lag agar liburan maupun aktivitas lainnya tidak terganggu. Jangan khawatir, Pergi.com punya info lengkap mengenai serba serbi jet lag untuk kamu.

Definisi Jet Lag

tips-jetlag
Jet lag adalah gangguan jam tubuh setelah melakukan perjalanan panjang yang melintasi beberapa zona waktu. Kondisi jet lag membuat tubuh bingung menafsirkan kondisi lingkungan dan menyesuaikan dengan zona waktu yang baru.

Semakin besar perbedaan zona waktu negara yang dikunjungi dengan Indonesia sebagai negara keberangkatan, maka gejala jet lag akan semakin parah. Meski biasanya jet lag bisa hilang secara sendiri dalam waktu seminggu, namun banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan gangguan jet lag ini.

Jet lag bisa menyerang siapa saja yang melakukan penerbangan jarak jauh, baik itu traveler yang baru pertama kali ke luar negeri maupun pebisnis yang sudah bolak balik ke luar negeri untuk urusan pekerjaan.

Penyebab Jet Lag

Penerbangan jarak jauh lintas benua dengan melewati zona waktu yang berbeda menjadi salah satu penyebab terjadinya jet lag. Selain itu, berikut penyebab jet lag yang harus kamu ketahui untuk bisa meminimalisir kemungkinan terkena jetlag saat kamu terbang ke Eropa atau Amerika misalnya.

1. Gangguan Ritme Sirkadian

tips-jetlag
Jam internal merupakan jam biologis yang mengatur siklus tubuh kita selama 24 jam. Keseimbangan jam biologis tubuh dikenal dengan ritme sirkadian yang menciptakan keseimbangan tubuh antara kapan bangun dan beraktifitas dan kapan waktunya tidur dan istirahat.

Saat melakukan penerbangan jauh dengan zona waktu yang berbeda, ritme sirkadian tubuh akan terganggu dan inilah yang membuat tubuh mengalami jet lag. Perjalanan dengan pesawat terbang yang melintasi zona waktu berbeda umumnya terjadi dalam waktu yang cepat sehingga tubuh butuh waktu untuk menyesuaikan ‘kebingungan’ terhadap kondisi baru di negara yang dikunjungi.

Baca Juga:  Ini Aturan Harga Tiket Pesawat untuk Anak di Maskapai Indonesia!

2. Arah Penerbangan

tips-jetlag
Situs Expedia mengungkapkan fakta menarik terkait jet lag yang menyebutkan jika arah penerbangan juga mempengaruhi tingkat keparahan jet lag yang akan dialami oleh traveler. Traveler yang melakukan penerbangan ke arah timur cenderung mengalami jet lag lebih parah dibandingkan traveler yang melakukan ke arah barat dari negara asal keberangkatan.

Hal ini karena saat terbang ke arah barat dari negara asal, tubuh akan lebih mudah menyesuaikan hari karena zona waktunya yang tidak begitu berbeda jauh. Beda ketika terbang ke arah timur yang berarti traveler harus mundur ke belakang dari segi zona waktu yang semakin mengacaukan jam tubuh.

3. Faktor Lain

tips-jetlag
Faktor lain disini ada banyak dan bisa meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami jet lag dan memperparah jet lag yang dihadapinya, yaitu:

  • Banyaknya jumlah zona waktu yang dilewati; bisa diakibatkan jika melewati banyak negara di satu penerbangan. Misalnya Jakarta – London melewati 6 zona waktu berbeda yang artinya memperbesar kemungkinan terjadinya jet lag
  • Faktor usia juga mempengaruhi, terutama untuk anak-anak dan juga manula
  • Kurang minum dan kurang tidur sebelum penerbangan
  • Mengonsumsi minuman beralkohol dan kopi selama penerbangan

Gejala Jet Lag

tips-jetlag
Kondisi jet lag biasanya bisa langsung dirasakan ketika kamu melewati lebih dari 3 zona waktu hingga mendarat di bandara tujuan. Gejala jet lag yang paling umum dirasakan traveler adalah sebagai berikut:

  • Kelelahan akut
  • Gangguan tidur; insomnia, bangun terlalu cepat atau tidur berlebihan
  • Gangguan pencernaan; diare atau konstipasi
  • Nyeri otot
  • Selalu mengantuk
  • Menjadi temperamental dan cemas
  • Sulit berkonsentrasi
  • Gangguan menstruasi pada traveler wanita
  • Kehilangan selera makan
  • Merasa mual dan muntah
  • Mudah pusing

Tips Meminimalisasi Jet Lag

tips-jetlag
Setiap orang yang melakukan penerbangan jarak jauh memiliki kemungkinan untuk mengalami jet lag. Tingkat keparahan jet lag yang dirasakan bisa disebabkan berbagai penyebab yang telah diutarakan diatas.

Meski jet lag bukan kondisi medis yang serius dan membahayakan, namun banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh sehingga bisa menghambat aktivitasnya.

Nah, untuk meminimalisasi jet lag parah, ada tips minimalisasi jet lag yang harus kamu tahu berikut ini!

1. Ubah Jadwal Makan dan Tidur Sebelum Terbang

tips-jetlag
Beberapa hari sebelum terbang kamu bisa mencoba menyesuaikan jadwal makan dan juga tidur sesuai dengan waktu di negara tujuan.

Hal ini bertujuan untuk ‘membiasakan’ tubuh terhadap perubahan yang akan terjadi nantinya saat terbang jarak jauh dan meminimalisir kondisi ‘kebingungan’ tubuh ketika berada di zona waktu baru.

2. Konsumsi Air yang Cukup

tips-jetlag
Selama penerbangan, pastikan kamu minum air yang cukup untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kondisi kabin dan tekanan udara saat terbang membuat tubuh mudah lelah, kaku dan juga dehidrasi.

Tubuh yang kurang air akan membuat gejala jet lag lebih hebat dibanding kamu yang menjaga asupan air putih selama penerbangan.

3. Hindari Minuman Berkafein dan Alkohol

tips-jetlag
Ada baiknya jangan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan alkohol sebelum penerbangan atau saat penerbangan berlangsung.

Hal ini karena kandungan zat dalam kopi dan alkohol dapat membuat tubuh cepat dehidrasi dan mengalami kesulitan tidur selama penerbangan yang akan semakin memperparah kondisi tubuh saat jet lag menerpa.

4. Bergerak!

tips-jetlag
Selama penerbangan, jangan diam saja di tempat duduk. Jika tanda sabuk pengaman sudah dimatikan, kamu bisa berdiri dari kursi dan melakukan gerakan ringan.

Misalnya jalan di bagian lorong, ke toilet atau melakukan stretching ringan untuk meminimalisasi stress pada tubuh dan kemungkinan terkena deep vein trombosis (pembekuan darah di urat nadi)

5. Pakai Pakaian yang Nyaman dan Longgar

tips-jetlag
Saat akan terbang untuk jarak jauh, pakailah pakaian yang longgar dan nyaman di badan. Hal ini berfungsi untuk membuat tubuh merasa nyaman selama terbang. Tempat duduk di pesawat yang lumayan sempit dan juga suhu di kabin yang fluktuatif sering membuat tubuh tidak nyaman.

Maka dari itu, gunakan pakaian yang nyaman untuk mengatasi perubahan suhu di kabin dan juga longgar agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan serius dari duduk selama berjam-jam di dalam kabin.

6. Tidur

tips-jetlag
Untuk penerbangan jarak jauh, pastikan untuk tidur selama penerbangan ya. Hal ini berguna untuk mengurangi kelelahan pada tubuh sehingga tubuh lebih siap menghadapi gejala jet lag yang mungkin terjadi.

Agar tidur di pesawat semakin nyenyak, pastikan kamu membawa bantal leher, penutup mata dan juga headphone atau penyumbat telinga agar bisa tidur tanpa gangguan suara penumpang lain. Agar lebih nyaman, lepaskan sepatu Anda (tapi jangan lupa pakai kaus kaki) dan pakai sabuk pengaman.

7. Minum Suplemen Bila Perlu

tips-jetlag
Jika kamu pernah mengalami jet lag berlebihan sebelumnya, kamu bisa mengambil opsi mengonsumsi suplemen yang mengandung melatonin dalam kadar tertentu untuk mengurangi efek jet lag.

Melatonin merupakan hormon yang dihasilkan tubuh secara alami untuk mengontrol jam biologis tubuh. Namun untuk konsumsi suplemen ini ada baiknya dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Tips Mengatasi Jet Lag

Jika kamu mengalami gejala jet lag setelah melakukan penerbangan panjang, berikut ini ada tips mengatasi jet lag yang harus kamu tahu.

1. Menghangatkan Tubuh dengan Sinar Matahari

tips-jetlag
Sesampainya di negara tujuan, jika memungkinkan paparkan tubuh kamu ke sinar matahari untuk membantu tubuh lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

2. Makan dan Tidur di Zona Baru

tips-jetlag
Usahakan kamu makan dan tidur sesuai dengan zona waktu di negara yang sedang didatangi, meskipun berbeda jauh dari jam kamu biasanya saat di Indonesia. Hal ini juga untuk membantu tubuh lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan menghilangkan jet lag.

3. Mandi

tips-jetlag
Untuk mengatasi kelelahan tubuh saat mendarat, mandi lah dengan air dingin di malam hari atau air hangat di pagi hari. Kamu juga bisa berendam untuk membuat tubuh semakin rileks dan santai untuk mengurangi efek jet lag.

4. Minum Suplemen Bila Perlu

tips-jetlag
Lagi-lagi suplemen yang mengandung melatonin dianjurkan dikonsumsi jika kamu mengalami kondisi jet lag yang parah. Hormon ini berguna untuk mengontrol jam biologis, jadi kapan waktu makan dan kapan waktu tidur bisa disesuaikan dengan kondisi negara yang dikunjungi. Namun untuk konsumsi suplemen ini harus disertai dengan resep dokter ya!

5. Obat Tidur

tips-jetlag
Bagi kamu yang mengalami gejala jet lag parah, konsumsi obat tidur bisa jadi pilihan. Namun konsumsi obat tidur harus dalam pengawasan dokter agar tidak menimbulkan kecanduan. Obat tidur bisa membantu kamu untuk tidur namun ada efek samping yang bisa ditimbulkan, yaitu diare, sakit kepala hingga hidung berair.

Karena jet lag merupakan hal yang lumrah terjadi dalam penerbangan panjang jarak jauh, pastikan tubuh kamu dalam kondisi fit saat melakukan penerbangan ya!

Dengan tips-tips diatas semoga kamu bisa meminimalisir gangguang jet lag ya. Kan tidak akan seru jika liburan terganggu karena jet lag parah menghampiri. Pergi yuk!

Pesan paket Tour Murah

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com
Baca Juga:  Harga Tiket Pesawat untuk Lansia di Maskapai Indonesia