Untuk pertama kalinya dalam 54 tahun terakhir, salju kembali turun di ibukota Jepang, Tokyo pada Kamis (24/11/2016). Salju pertama di bulan November ini turun cukup deras sehingga mempengaruhi aktivitas warga Tokyo, terutama di jalanan yang ramai pada jam-jam sibuk dan kereta komuter.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

East Japan Railway Co mengatakan bahwa layanan kereta di Jalur Ome dan Chuo mengalami gangguan karena dahan pohon yang terkena salju menghalangi rel. Selain itu kereta di jalur Seibu dan Keio juga mengalami keterlambatan. Tokyo Electric Power co juga mengatakan turunnya salju pertama di Tokyo pada bulan November ini meningkatkan konsumsi listrik karena banyak masyarakat Tokyo yang menyalakan pemanas ruangan.

Seperti dilansir dari Reuters, hujan es pertama kali turun pada Kamis dinihari waktu setempat dan berubah menjadi salju. Turunnya salju ini membuat udara di Tokyo menjadi dingin. Suhu udara di pusat kota Tokyo dan kota-kota di sekitarnya dikabarkan menyentuh angka 3 derajat pada Kamis pagi. Biasanya, di November suhu di kota Tokyo berkisar 10 – 17 derajat celcius.

info traveling salju di Tokyo
http://www.reuters.com/article/us-japan-weather-idUSKBN13J07I
REUTERS/Toru Hanai

Meskipun Jepang merupakan negara dengan empat musim, namun Tokyo lebih sering diguncang gempa daripada turun salju. Terakhir kali salju turun di Tokyo adalah pada bulan November tahun 1961. Selain itu, menurut Badan Meteorologi Jepang, salju turun lebih cepat 40 hari dari yang diperkirakan, sehingga membuat banyak masyarakat Jepang sedikit terkejut.

“Saya lumayan terkejut” kata Masaru Machida yang baru saja pulang dari shift malam di tempatnya bekerja. “Salju turun terlalu cepat” sambungnya seperti dilansir dari laman Reuters.

info traveling salju di Tokyo
http://www.reuters.com/article/us-japan-weather-idUSKBN13J07I
REUTERS/Toru Hanai

Badan Metereologi Jepang mengeluarkan himbauan bagi masyarakat Tokyo untuk berhati-hati karena jalanan menjadi licin serta tumpukan salju di batang-batang pohon maupun kabel listrik yang bisa jatuh secara tiba-tiba. Selain Tokyo, salju juga turun di kota lain di Jepang seperti Yokohama dan Utsunomiya.