Selain meriahnya pesta kembang api untuk merayakan pergantian tahun, banyak juga orang yang mendaki gunung maupun camping di spot terbaik untuk menyambut matahari pertama di tahun yang baru.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Bagi kamu yang ingin menyambut tahun baru 2018 kali ini dengan sesuatu yang berbeda, tetapi tetap mengesankan, yuk sambut matahari pertama di 2018 di spot-spot wisata berikut ini!

1. Candi Borobudur, Jawa Tengah


Candi Borobudur dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbit. Candi dengan 1460 relief dan 504 stupa ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun turis asing untuk melihat indahnya sunrise dari balik stupanya yang masuk dalam keajaiban dunia ini.

Untuk bisa melihat matahari terbit di Candi Borobudur, kamu harus berada di kawasan candi sekitar pukul 5 pagi. Namun candi baru dibuka untuk umum pukul 6 pagi dan jika kamu ingin lebih awal melihat sunrise disini solusinya bisa dengan menginap di hotel yang terletak di kompleks Taman Wisata Borobudur yang memberikan akses langsung ke candi untuk menikmati matahari di pagi pertama 2018.

2. Gunung Kelimutu, Flores

A post shared by Pergi.com (@pergicom) on


Gunung Kelimutu yang ada di Ende, Pulau Flores, NTT juga jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise di negeri ini. Tak hanya cantiknya gugusan bukit yang terbentang, kamu juga akan disapa oleh cantiknya danau tiga warna Kelimutu yang menghasilkan pemandangan sunrise yang begitu magis. Tak perlu waktu lama untuk mendaki hingga ke puncak gunung ini dari area parkir Taman Nasional Kelimutu, tapi kamu harus datang pagi untuk mengejar sunrise disini ya!

Baca Juga:  Cantiknya Ombak Kelas Dunia di Pantai Watu Karung Pacitan

3. Gunung Bromo, Jawa Timur

A post shared by Stephen Wijaya (@stepenpen) on


Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur sudah lama menjadi destinasi favorit wisatawan untuk berburu matahari terbit. Ada banyak spot untuk menikmati matahari terbit di Gunung Bromo, seperti Bukit Penanjakan, Bukit Kingkong dan Bukit Cinta Bukit penanjakan lah yang sering jadi tempat wisatawan menunggu sunrise di Bromo.

Meski saat ini Bukit Penanjakan Bromo ditutup hingga 10 Desember 2017 demi perbaikan prasarana, lokasi ini akan kembali buka di Desember sehingga kamu bisa merencanakan menyambut 2018 dengan melihat sunrise cantik di Bromo. Untuk menyaksikan matahari terbit di Bromo pastikan kamu sudah sampai sebelum pukul 4.30 WIB ya!

4. Bukit Paropo, Sumatera Utara


Bukit Paropo yang terletak di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi ini jadi pilihan asyik untuk sambut matahari pertama di 2018 di kawasan Sumatera Utara. Kamu akan bisa menyaksikan indahnya pemandangan Danau Toba dari atas bukit ini. Banyak yang memilih camping di sekitar bukit ini untuk menikmati matahari pagi di Danau Toba yang begitu cantik.

5. Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah

A post shared by F I K R I (@amronfikri) on


Berada di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut, Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak sekali spot untuk melihat sunrise yang begitu memikat. Salah satunya adalah Gunung Prau di Wonosobo yang memiliki ketinggian 2.590 mdpl. Gunung yang aman bahkan bagi pemula ini bisa jadi tujuan liburan akhir tahun seru dan menyambut matahari pertama di 2018.

Baca Juga:  Libur lebaran Mau Kemana? Main ke Garut Yuk!

Selain sunrise, jika cuaca cerah kamu pun bisa melihat pemandangan 5 gunung di bagian timurnya, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Keren sekali kan!

6. Candi Ratu Boko, Yogyakarta


Candi cantik ini terletak tak begitu jauh dari Candi Prambanan. Candi Ratu Boko masuk dalam spot yang juara sekali untuk mengejar sunrise pertama di tahun yang baru. Dengan arsitektur candi yang menarik, keindahan panorama matahari terbit di candi ini begitu magis dan cantik. Candi Ratu Boko dibuka untuk umum mulai pukul 6 pagi.

7. Ranu Kumbolo, Jawa Timur


Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur memiliki banyak sekali tempat keren untuk menanti matahari terbit, misalnya seperti Puncak Mahameru, Oro-oro Ombo, Kalimati, Arcopodo dan yang paling hits ada Ranu Kumbolo. Danau cantik ini begitu populer di kalangan pendaki yang ingin menaklukkan Puncak Mahameru. Di tepi danau ini menjadi salah satu spot favorit untuk mendirikan tenda dan menunggu matahari terbit yang terlihat magis keluar dari balik perbukitan hijau.

Jika ingin ke salah satu destinasi wisata keren diatas untuk sambut matahari pertama di tahun baru nanti, kamu harus sudah rencanakan perjalanannya dari sekarang ya! Segera pesan tiket pesawat dan akomodasi ke tempat tujuan di Pergi.com dan nikmati diskon hingga ratusan ribu rupiah untuk liburan murah di akhir tahun. Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil