Kebun Raya Bogor genap berusia 200 tahun pada 18 Mei 2017. Akan ada banyak acara menarik yang akan digelar pada 18 – 21 Mei 2017. Perayaan ini dihadiri banyak tokoh penting, mulai dari menteri hingga perwakilan dari negara sahabat. Presiden ke V RI Megawati Soekarnoputri juga turut hadir dan melakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol dalam perayaan 2 abad Kebun Raya Bogor.

Jika sebelumnya Presiden Joko Widodo diberitakan akan menghadiri acara ini dan meresmikan prasasti dua abad Kebun Raya Bogor sekaligus menandatangani Sampul Hari Pertama prangko edisi khusus anggrek 34 provinsi beserta, namun diwakili oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

kebun-raya-bogor-2
Sumber: Twitter @ lipiindonesia

Acara yang diselenggarakan untuk menandai hari jadi Kebun Raya Bogor bisa diikuti oleh keluarga LIPI dan juga masyarakat umum. Acara ini tak hanya dilaksanakan di dalam area kebun, tetapi juga di luar bekerja sama dengan LIPI. Dikutip dari laman Kompas Travel, berikut ini berbagai acara menarik yang bisa dinikmati dalam perayaan dua abad Kebun Raya Bogor 18 – 21 Mei 2017.

1. Pameran Perkebunrayaan

kebun-raya-bogor-1
Sumber: Twitter @ lipiindonesia
Bagi kamu yang ingin tahun lebih banyak mengenai Kebun Raya Bogor jangan lewatkan kesempatan untuk menghadiri pameran akbar tentang perkebunrayaan yang diadakan mulai hari ini (18/5/17) hingga Minggu (21/5/17). Dalam pameran ini kamu bisa melihat koleksi dan juga pencapaian terbaik Kebun raya Bogor selama ini. Selain itu, ada pula banyak kegiatan edukasi yang menarik seperti storytelling untuk anak tingkat TK hingga SD, penampilan dari kesenian tradisional, musisi jazz dan masih banyak lainnya. Pameran ini akan berlangsung di Lapangan Astrid dan mulai buka pada pukul 12.00 WIB.

2. Peluncuran Prangko Khusus Anggrek

kebun-raya-bogor-6
Sumber: Twitter @ lipiindonesia
Akan ada juga acara peluncuran prangko khusus anggrek dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Acara ini akan digelar bersamaan dengan acara perayaan 2 abad Kebun raya Bogor yang akan dihadiri Presiden Jokowi hari ini (18/5/17). Setelah dirilis di acara tersebut, prangko tadi akan dirilis serentak di seluruh Indonesia. Prangko khusus anggrek ini merupakan edisi spesial yang dikhususkan untuk meramaikan acara World Stamp Exhibition di Bandung yang akan berlangsung pada Agustus nanti.

3. Nonton Bareng Film, Kuis dan Talkshow

kebun-raya-bogor-5
Sumber: Twitter @ lipiindonesia

Ada juga acara nonton bareng film-film bertema IPTEK dalam rangkaian acara perayaan 2 abad Kebun Raya Bogor. Pemutaran film ini akan berlangsung tiga hari, 19 – 21 Mei 2017 bertempat di Griya Anggrek Kebun Raya Bogor. Film yang akan diputar dan juga didiskusikan adalah sebagai berikut:

Jumat 19 Mei 2017
• Ekspedisi Bioresources Pulau Enggano, pukul 08.00-09.00 WIB,
• Karangsambung, Dasar Samudera yang Tersingkap, 09.00-10.00 WIB

Sabtu 20 Mei 2017
• Keanekaragaman Hayati Indonesia, 08.00-10.00 WIB
• The Zoologist 13.00-15.00 WIB.

4. Lari 5 – 200 km

kebun-raya-bogor-4
Sumber: Twitter @ lipiindonesia
Bagi kamu yang suka olahraga lari, yuk ikuti acara lari marathon dalam rangka perayaan 2 abad Kebun Raya Bogor! Lomba lari ini akan diadakan pada tanggal 20 dan 21 Mei 2017 dengan berbagai kategori, mulai dari 5, 10, 21, 50 100 hingga 200 km mengelilingi Kebun Raya Bogor. Sayangnya pendaftaran untuk acara lari ini sudah ditutup dan kabarnya diikuti lebih dari 1.000 peserta dari dalam dan luar negeri.

5. Pertunjukan Orkestra Kebun

kebun-raya-bogor-8
Sumber: Twitter @ robswartbol
Suka dengan pertunjukan orkestra? jangan lewatkan kesempatan untuk menghadiri pertunjukan orkestra kebun yang akan menghadirkan orkestra terkemuka. Selain pertunjukan musik yang dijamin heboh dan keren, kamu juga akan dihibur dnegan penampilan teatrikal serta video mapping. Pertunjukan orkestra kebun ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu (20/5/17) di Lapangan Kolam Teratai Raksasa Kebun Raya Bogor.

6. Kegiatan Anak Dari Sakala Petualang

kebun-raya-bogor-7
Sumber: Twitter @ robswartbol
Bagi kamu yang membawa anak atau adik, bisa meramaikan acara yang diselenggarakan oleh Sakal Petualang di Kebun Raya Bogor. Anak-anak bisa mengikuti berbagai acara menarik. Pada 18-21 Mei 2017 ada nature print, melukis 3D dan mono print. Pada 20 Mei 2017 akan diadakan Sketsa Alam dan pada 21 Mei 2017 akan ada permainan petualangan dan tree climbing di dalam Kebun Raya Bogor.

Jadi bagi kamu yang weekend ini belum tahu mau kemana, ke Kebun Raya Bogor saja dan nikmati berbagai acara menarik dalam rangka ulang tahun kebun raya tertua di Asia Tenggara ini. Jangan lupa booking hotel di Bogor di Pergi.com agar liburan kamu semakin asyik ya! Ada banyak lho hotel murah di Bogor yang bisa jadi tempat kamu menginap di weekend ini. Jangan lupa pakai kode promo PERGINGINAP saat pembayaran agar kamu bisa dapat diskon 10% ya. Pergi yuk!

Booking Hotel Murah di Bogor Disini