Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi tak memiliki bayangan, yuk melipir ke Pontianak! Mulai hari ini, 21 Maret 2017 hingga 23 Maret 2017 diadakan acara Pesona Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa Pontianak. Acara ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak setiap bulan Maret dan September di setiap tahunnya.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Fenomena kulminasi Matahari adalah peristiwa alam yang hanya terjadi di daerah-daerah yang dilalui garis Khatulistiwa. Seperti diketahui, pada tanggal-tanggal tertentu di bulan Maret dan September posisi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Di saat inilah kamu bisa merasakan sensasi tidak memiliki bayangan! Detik-detik tanpa bayangan atau yang dikenal dengan fenomena kulminasi ini terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada 21-23 Maret dan 21-23 September.

fenomena-kulminasi-di-tugu-khatulistiwa-1
Sumber: Instagram @ anton_satunusa

Kepala Bidang Pariwisata Kota Pontianak Zulkifli mengatakan bahwa fenomena kulminasi di Tugu Khatulistiwa pada bulan Maret ini akan diadakan sederhana tanpa proses seremonial. Sedangkan pada September nanti kemungkinan besar akan diadakan meriah. Tema pesona kulminasi bulan Maret 2017 ini adalah ‘Pontianak Kota Khatulistiwa Menuju Masyarakat Kreatif dan Berdaya Saing’.

“Tema dengan penekanan pada masyarakat kreatif bertujuan agar pelaku ekonomi kreatif akan lebih mendapat tempat dalam pembangunan Kota Pontianak, lebih dihargai dan mampu bersaing dengan daerah Iainnya,” ujar Zulkifli, Senin (20/3/2017), seperti dikutip dari laman KompasTravel.

Meski diadakan tanpa proses seremonial, kegiatan pesona kulminasi di buan Maret 2017 ini tetap diisi dengan berbagai penampilan menarik dari beragam komunitas termasuk dari sektor ekonomi kreatif. Misalnya pertunjukan tarian daerah Melayu dan Dayak, tarian Tionghoa, persembahan musik daerah, lagu darah, pantun, syair, tarian kontemporer hingga lomba selfie! Ada juga berbagai stand kuliner yang siap memanjakan perut wisatawan yang menikmati kegiatan pesona kuminasi ini.

Baca Juga:  Valentino Rossi Saja Sudah Liburan ke Labuan Bajo, Kamu Kapan?

“Kami juga berharap kulminasi matahari pada bulan Maret 2017 ini merupakan awal kebangkitan ekonomi kreatif di Kota Pontianak,” tambah Zulkifli.

fenomena-kulminasi-di-tugu-khatulistiwa-2
Sumber: Instagram @ anton_satunusa

Fenomena kuminasi di Tugu Khatuistiwa Kota Pontianak ini juga dimaksudkan untuk menjadi daya tarik wisata yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota ini Acara ini terinspirasi oleh suksesnya gelaran Gerhana Matahari Total tahun 2016 lalu yang sukses menarik perhatian wisatawan dari luar dan dalam negeri.

Berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio, pada 21 Maret 2017 fenomena kulminasi akan terjadi pukul 11.50 WIB. Sementara untuk tanggal 22 Maret 2017 fenmena kulminasi akan terjadi pukul 11.50 WIB dan pada 23 Maret 2017 akan terjadi pada pukul 11.49 WIB. Fenomena ini akan berlangsung selama tiga menit setiap harinya dan akan diisi berbagai acara menarik.

pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

“Pesona Kulminasi Matahari juga tak jauh beda. Di sini semua orang bisa menyaksikan detik-detik tanpa bayangan saat tengah hari. Komunitas kreatif dan kapal wisata akan kami kerahkan untuk memeriahkan event langka ini,” Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Pontianak, Syarif Saleh, seperti dikutip laman korpri.id.

Fenomena Kulminasi di Tugu Khatulistiwa
Sumber: Instagram @ anton_satunusa

Untuk menyukseskan acara ini, pemerintah Kota Pontianak akan menyediakan kapal wisata yang bisa digunakan untuk menuju Tugu Khatulistiwa dan berangkat tiga kali sehari. Jalurnya akan berangkat dari Alun-alun Kapuas. Bahkan, akan ada satu kapal sandar di dermaga alun Kota Pontianak yang akan berangkat tiga kali dalam satu hari.

“Jam 08.00 kemudian disusul jam 10.00 WIB, setelah itu disambung sore hari. Untuk harganya masih negosiasi, tapi diupayakan minimal Rp 7.500 sekali jalan ke sana,” kata penanggung jawab Khatulistiwa Park, Widia Jatiningrum, seperti dikutip dari laman otonomi.co.id.

Baca Juga:  Karnaval Kemerdekaan di Bandung Jadi Puncak Perayaan HUT RI Ke-72

So, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi tidak memiliki bayangan, yuk segera ke Pontianak! Pesan tiket pesawat ke Pontianak sekarang juga di Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat heboh hingga Rp 500.000 hingga akhir Maret 2017 lho! Pergi yuk!

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil