Jika selama ini Bali selalu ramai oleh kunjungan wisatawan di berbagai destinasi wisatanya, namun esok tanggal 28 Maret 2017 semua aktivitas akan berhenti karena umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi. Saat Nyepi, Bali benar-benar meniadakan semua aktivitas termasuk pelayanan umum seperti terminal, pelabuhan hingga bandara. Warga Hindu di Bali akan menjalani empat pantangan yang disebut tapa brata, yaitu tanpa bekerja (amati karya), tidak bepergian (amati lelungan), tidak menyalakan api (amati geni), dan tidak bersenang-senang (amati lelanguan). Tak hanya warga Bali yang berhenti aktivitas, semua tempat wisata juga tidak berperasi dan wisatawan tidak diperbehkan keluar hotel lho.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Meski Bali tidak semeriah biasanya, namun ada sensasi menarik yang bisa kamu rasakan jika liburan ke Bali saat Nyepi! Bagi kamu yang sudah ada di Bali sekarang, berikut ini ada hal menarik selama Nyepi di Bali yang tidak boleh kamu lewatkan!

1. Melihat Ogoh-ogoh

ogoh-ogoh
Sumber: Instagram @ aditya_bagoes11
Sehari sebelum Nyepi atau Hari Pangrupukan akan ada pawai ogoh-ogoh yang selalu dinantikan warga Bali dan juga wisatawan. Ogoh-ogoh merupakan patung yang mewakili Buta Kala atau simbol unsur negatif, sifat buruk dan juga kejahatan pada kehidupan manusia. Ogoh-ogoh ini biasanya berukuran raksasa dan digambarkan dengan wajah dan tubuh menyeramkan. Pawai ogoh-ogoh ini merupakan bagian dari Upacara Tawur Kesanga yang bertujuan mengusir roh jahat. Pawai ini biasanya diakukan dari sore hingga malam hari. Kamu bisa menyaksikan pawai ini di pusat Kota Denpasar maupun di jalanan di seluruh Bali.

2. Mengikuti Meriahnya Upacara Adat

Upacara Melasti
Dua atau tiga hari sebelum Nyepi, umat Hindu akan melakukan penyucian dengan melakukan upacara penyucian yang disebut Upacara Melasti. Pada hari ini, semua tempat persembahyangan diarak ke pantai atau danau untuk disucikan karena laut maupun danau merupakan sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan berbagai kotoran dalam diri manusia dan juga alam. Prosesi adat ini terbuka untuk umum, sehingga kamu bisa melihat betapa meriah serta sakralnya upacara adat ini. Namun pastikan untuk menghormati umat Hindu yang sedang melakukan upacara ini ya! Jangan sampai mengganggu kekhusuyukan mereka dalam meakukan prosesi adat ini

Baca Juga:  Ini Lho 10 Destinasi Wisata Dunia yang Paling Banyak Di-Googling!

3. Langit Bali Bertabur Bintang

langit-bintang
Karena ada larangan menghidupkan lampu selama Nyepi, Bali akan gelap sehingga kamu bisa menikmati langit Bali bertabur bintang yang bisa dinikmati dengan mata telanjang. Karena saat Nyepi semua alat transportasi tak beroperasi, maka udara Bali juga menjadi lebih sejuk dan bebas polusi. Kapan lagi coba kamu bisa menyaksikan lautan bintang di langit Bali dengan leluasa kecuali saat Nyepi?

Nyepi merupakaan waktu yang pas untuk melihat Bali yang tengah beristirahat sejenak dari segala macam kemeriahan dan keramaian. Jadi jangan ragu untuk liburan ke Bali meski sedang Nyepi ya! Tapi pastikan kamu tiba di Bali sehari sebelum Nyepi ya karena Bandara Ngurah Rai juga akan tidak beroperasi selama 24 jam penuh. Bagi kamu yang ingin liburan ke tempat lain, beli tiket pesawatnya di Pergi.com saja! Ada diskon tiket pesawat super heboh hingga Rp 500.000 lho! Kamu juga bisa booking hotel di Pergi.com dan nikmati diskon 10% tanpa minimal transaksi. Pergi yuk!

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil