Untuk semakin memajukan pariwisata Wakatobi, empat pulau besar di Wakatobi yaitu Wangi-wangi, Kadelupa, Tomia dan Binongko akan menggelar acara Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2016 atau disingkat Wakatobi Wave 2016 dalam waktu dekat. Setelah sukses menggelar Festival Pulau Tomia, Wakatobi Wave 2016 akan dilangsungkan pada 1 – 3 Desember 2016 mendatang.

Menurut ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Hiramsyah Sambudy Thaib, pagelaran Wakatobi Wave 2016 akan mengusung empat tagline utama pariwisata Wakatobi, yaitu ‘Explore The Island’ yaitu menelusuri kepulauan Wakatobi yang mempesona, ‘Enjoy The Nature’ yaitu menikmati kenindahan alam Wakatobi, ‘Experience The Cultures’ yaitu menikmati berbagai budaya di Wakatobi dan ‘Engage The People’ yaitu menyatu dengan warga sekitar yang ramah.

wisata-indonesia-wakatobi
Sumber: https://flic.kr/p/9ipiH1

Kegiatan Wakatobi Wave 2016 ini merupakan bagian dari kegiatan Pesona Indonesia yang rutin digelar di berbagai destinasi wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan asing. Terlebih lagi Wakatobi masuk ke dalam list 10 Bali Baru yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, sehingga gelaran Wakatobi Wave 2016 ini diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat Indonesia dan dunia untuk mengunjungi Wakatobi.

Wakatobi Wave 2016 akan mengusung empat tagline utama pariwisata Wakatobi, yaitu Explore The Island, Enjoy The Nature, Experience The Cultures dan Engage The People.

Seperti tahun sebelumnya, dalam gelaran Wakatobi Wave tahun ini akan diadakan banyak pagelaran budaya dan kearifan lokasl masyarakat sekitar, seperti menyanyikan Kandadio yang merupakan lagu tradisional Wakatobi, melakukan Kansoda`a yaitu memikul anak gadis di atas usungan dari bambu besi, menampilkan Tari Kolosal dan tak ketinggalan menyajikan Liwo Raksasa, yaitu makanan tradisional khas Wakatobi yang disimpan di piring dan disusun di satu talang. Ada juga berbagai atraksi yang mengedepankan budaya bahari Wakatobi, seperti lomba perahu tradisonal, lomba panjat tiang layar perahu hungga lomba foto Wakatobi, baik keindahan di bagian darat maupun keanekaragaman biota laut yang menghiasi Wakatobi.

Tahun lalu, acara Wakatobi Wave diikuti oleh lebih dari sepuluh ribu peserta dari berbagai daerah. Tahun ini diharapkan akan ada lebih banyak peserta sekaligus wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan Wakatobi. PIC Pokja Kemenpar Wakatobi, Ari Prasetyo berharap acara ini nantinya akan memberi kontribusi yang baik bagi pariwisata Indonesia secara keseluruhan dan juga Wakatobi.

wisata-indonesia-wakatobi-2
Sumber: https://flic.kr/p/4E6XPZ

“Dampak getarannya akan ke luar negeri, Mereka yang datang akan jadi juru bicara (wisata Wakatobi), tempat yang sangat indah di tanah air kita. Wakatobi tidak perlu khawatir dengan promosi pariwisata daerah. Karena positioning-nya sudah bagus. Menjadi obyek wisata high end berkelas dunia,” kata Ari dikutip dari laman otonomi.co.id (16/11/2016).

Menurut Ari, pemerintah juga terus melakukan berbagai perbaikan di Wakatobi untuk mempermudah akses menuju Wakatobi. Mulai dari membangun berbagai infratruktur pendukung, seperti penerangan jalan ruang publik, sanitasi, sarana air minum hingga pembangunan homestay.

Selain itu, sudah banyak maskapai penerbangan nasional yang menyediakan penerbangan langsung maupun transit menuju Wakatobi. So, buat kamu yang ingin menghadiri Wakatobi Wave 2016, siapkan tiket pesawat mu sekarang juga!