Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2017/08/15/17593741/-skytrain-di-bandara-soekarno-hatta-gratis-

Setelah dikerjakan selama 1 tahun, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta tahap I sudah diresmikan pada 17 September 2017 lalu. Peresmian operasi Skytrain Bandara Soekarno-Hatta dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaluddin.

Baca Juga :

Dengan hadirnya skytrain ini maka pergerakan antar terminal oleh masyarakat pengguna jasa bandara bisa lebih cepat dan nyaman. Untuk pembangunan skytrain ini, PT Angkasa Pura 2 menginvestasikan dana sebesar Rp 950 miliar yang terdiri dari Rp 420 miliar untuk dana pembangunan infrastruktur seperti jalur dan shelter skytrain dan Rp 530 miliar untuk pengadaan trainset skytrain.

Operasional Skytrain Bandara Soekarno-Hatta

A post shared by Angkasa Pura II (@angkasapura2) on


Di tahap awal operasionalnya ini, hanya tersedia 1 armada skytrain dengan 2 gerbong yang dioperasikan dan baru melayani perpindahan pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta dari Terminal 2 ke Terminal 3 dan sebaliknya.

Di tahap pertama ini, Skytrain berperasi di jam-jam tertentu. Pengperasian Skytrain juga diakukan bersamaan dengan shuttle bus yang memang sebelumnya sudah beroperasi di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

diskon-pergi-liburan
Double hemat diskon s/d 250ribu

Selanjutnya, pengoperasian penuh Skytrain untuk semua terminal di Bandara Soekarno-Hatta hingga stasiun Kereta Bandara ditargetkan selesai Desember 2017 mendatang. Jika sudah beroperasi penuh, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi 24 jam penuh, tanpa driver dan berangkat setiap 5 menit sekali dengan 3 trainset yang terdiri dari 2 gerbong.

Tentang Skytrain Bandara Soekarno-Hatta

Berikut ini terdapat hal-hal menarik seputar skytrain Bandara Soekarno-Hatta yang baru saja diresmikan pada 17 September lalu.

  • Waktu tunggu interval kedatangan kereta saat ini adalah 5 menit
  • Jarak tempuh 1,7 km (T3 – T2 dan sebaiknya) ditempuh dalam waktu 3 menit
  • Mampu mengangkut hingga 352 penumpang dengan 2 gerbong yang beroperasi
  • Kecepatan kereta adalah 60 km/jam
  • Saat ini skytrain hanya beroperasi di jam-jam tertentu yaitu pukul 07.00-10.00 WIB, 12.00-14.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB

Untuk jadwal skytrain Bandara Soekarno-Hatta yang lebih jelasnya, bisa kamu lihat di gambar di bawah ini.

Selain itu kamu juga bisa mendownload aplikasi Indonesia Airport untuk perangkat iOS dan Android secara gratis. Melalui aplikasi ini kamu bisa mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan skytrain yang bisa disesuaikan dengan jam penerbangan kamu.

Cara Naik Skytrain Bandara Soekarno Hatta

A post shared by Angkasa Pura II (@angkasapura2) on


Di tahap awal operasional Skytrain bandara, hanya ada 1 trainset dengan 2 gerbong saja yang beroperasi. Skytrain ini memiliki shelter di Terminal 2 dan Terminal 3. Bagi kamu yang akan terbang maupun mengantar / menjemput keluarga, kamu bisa lho memanfaatkan skytrain untuk pindah terminal!

Berikut ini cara naik skytrain Bandara Soekarno-Hatta yang harus kamu tahu.

  • Jika kamu berada di Terminal 3, kamu bisa menuju lantai 1 dimana Shelter Skytrain Terminal 3 berada
  • Ketika masuk ke dalam shelter, kamu bisa menunggu kereta datang di area tunggu yang nyaman Tersedia kursi-kursi nyaman yang diantaranya dilengkapi dengan charging station. Ada juga minimarket jika kamu membutuhkan sesuatu
  • Begitu kereta datang, tunggu hingga pintu kereta terbuka sempurna baru masuk ke dalamnya. Oh ya, kamu tidak bisa membawa troli ke dalam skytrain ini ya. Jika membawa banyak barang bawaan, ada airport helper yang akan membantu
  • Perjalanan dari T3 ke T2 memakan waktu sekitar 3 menit sekali jalan
  • Begitu tiba di Shelter Terminal 2, kamu bisa turun dan langsung menuju kawasan terminal untuk menjemput di gate kedatangan atau menuju gate keberangkatan dimana pesawat kamu berada

Mudah bukan? Dan naik skytrain Bandara Soekarno-Hatta ini gratis alias tidak dipungut biaya! Jadi kamu bisa memanfaatkan fasilitas terbaru di Bandara Soekarno-Hatta ini untuk berpindah terminal tanpa repot.

Traveler memang kini semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas serta kemudahan untuk melakukan penerbangan dari bandara nomor satu di Indonesia ini. Pergi yuk!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%