Dengan banyaknya tiket pesawat murah, kini semua orang bisa menikmati perjalanan dengan pesawat terbang. Mulai dari maskapai Low Cost Carrier yang selalu memberikan tiket dengan harga murah hingga maskapai full service sekelas Garuda Indonesia yang juga memberikan banyak opsi tiket promo yang memungkinkan setiap orang liburan ke banyak destinasi wisata menarik di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Jika kamu akan naik pesawat pertama kalinya, pasti kamu akan menemukan banyak hal yang lumayan membingungkan ketika berada di bandara hingga tiba di tujuan. Salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap traveller adalah melakukan check in di konter – konter maskapai yang tersedia. Berikut ini ada panduan lengkap check in di bandara yang harus kamu ketahui agar tak ketinggalan pesawat.

1. Siapkan Tiket

tips-terbang-3
Sesampainya di bandara, hal yang paling penting adalah menyiapkan tiket pesawat sekaligus tanda pengenal seperti KTP untuk kepentingan check in. Di beberapa bandara, untuk masuk ke ruang check in, kamu harus menunjukkan tiket pesawat dan juga tanda pengenal. Tetapi ada juga yang tidak mengharuskan kamu menunjukkan dokumen penting perjalanan tersebut sebelum check in, seperti di Bandara Kualanamu yang ada di Medan. Jika kamu membeli tiket pesawat melalui online booking di agen travel online seperti Pergi.com, kamu akan dikirimi e-ticket yang bisa dicetak maupun ditunjukkan saat berada di konter check-in.

2. Bawa Bagasi Seperlunya

tips-traveling
Saat bepergian dengan pesawat terbang, bawalah barang seperlunya saja karena selain ada pembatasan bagasi yang diperbolehkan oleh maskapai, kamu akan melewati pemeriksaan melalui metal detector 2 – 3 kali. Bayangkan jika kamu membawa terlalu banyak barang maka akan kesusahan saat harus meletakkan barang-barang saat harus melewati pemeriksaan metal detector dan juga petugas bandara. Belum lagi jika kamu memakai aksesoris dan membawa barang saat melewati metal detector, petugas akan langsung menggeledah tubuh kamu dan menyuruh kamu untuk sekali lagi melewati metal detector setelah melepas semua benda yang tidak boleh dibawa saat pemeriksaan. Agar mood liburan kamu tidak rusak karena berlapisnya pengamanan di bandara, bawalah barang seperlunya saja.

3. Ketahui Maskapai yang Digunakan

tips-traveling
Di beberapa bandara, setiap maskapai memiliki konter check-in tersendiri, bahkan di Bandara Soekarno-Hatta setiap maskapai berada di terminal yang berbeda-beda, sehingga kamu harus tahu betul maskapai apa yang digunakan dan dimana posisi konter check-in maskapai tersebut. Kamu bisa mencari infonya lewat internet, atau bertanya ke petugas yang banyak terdapat di bandara. Jika kamu sudah tahu dimana harus check in, bergegaslah menuju meja check in ya!

4. Check in!

tips-traveling-2
Setelah menemukan konter check in maskapai yang kamu gunakan, siapkan tiket pesawat dan juga KTP lalu berikan ke petugas check in yang ada. Jangan lupa pula untuk meletakkan tas atau koper bagasi di tempat penimbangan yang biasanya ada di dekat konter check in. Nanti petugas akan memberikan label khusus yang menjadi bukti nomor bagasi kamu. Simpan bukti label ini dengan baik karena saat tiba di tempat tujuan biasanya akan ada petugas yang akan mengecek label di koper kamu dan juga label yang diberi saat check in. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan boarding pass yang berisi informasi nomor tempat duduk kamu dan juga gerbang (gate) keberangkatan kamu.

Baru pertama kali naik pesawat? Bingung cara check in bagaimana? Tips dari Pergi.com berikut bisa jadi panduan nih!

Setelah check in, kamu bisa langsung menunggu di boarding room berdasarkan gate yang tertera di boarding pass. Jika belum jelas, akan selalu ada petugas bandara yang bisa ditanyai. Saat di boarding room, selalu perhatikan pengumuman maupun informasi yang tertera di layar mengenai nomor penerbangan dan rute. Jika sudah ada panggilan, naiklah ke pesawat dan duduk di tempat duduk yang tertera pada boarding pass kamu. Kencangkan sabuk pengaman, ikuti instruksi awak kabin dan nikmati perjalanan pertama kamu dengan pesawat terbang!