Korea Selatan kini sudah menjadi salah satu destinasi liburan favoritnya wisatawan asal Indonesia. Demam K-Pop yang masih merajalela membuat negara ini jadi salah satu destinasi idaman wisatawan dunia, termasuk Indonesia.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Apakah ada yang berencana ingin liburan ke Korea Selatan? Agar tidak bingung dengan berbagai hal yang harus disiapkan, berikut Pergi.com bagikan panduan lengkap bagi kamu yang pertama kali ke Korea Selatan. Mulai dari informasi seputar visa, transportasi, budaya, makanan hingga dimana bisa bertemu idola K-Pop favorit kamu.

Persiapan Sebelum Terbang ke Korea


Sebagai informasi, Korea Selatan memiliki 7 bandara internasional dengan Bandara incheon sebagai bandara utama yang menjadi hub untuk penerbangan internasional. Indonesia memiliki penerbangan langsung dari Jakarta – Seoul dari maskapai full service.

Jika ingin opsi tiket pesawat ke Seoul yang lebih murah adalah dengan mengambil penerbangan transit lewat Singapura atau Kuala Lumpur. Berikut serba serbi informasi penting sebelum kamu terbang pertama kali ke Korea Selatan.

1. Waktu Terbaik Untuk Liburan ke Korea

A post shared by 인천공항 (@incheon_airport) on


Jika membahas kapan waktu terbaik untuk liburan ke Korea jawabannya bisa beragam tergantung keinginan masing-masing traveler. Korea Selatan memiliki 4 musim yang memiliki plus minus tersendiri.

  • Musim dingin di Korea bisa mencapai minus 10 derajat, namun kamu bisa bermain salju dan juga ski
  • Musim semi merupakan waktunya melihat berbagai bunga mekar di Korea, terutamanya sakura
  • Musim panas di Korea mirip dengan musim kemarau di Indonesia dan umumnya Korea lebih ramai karena ada banyak wisatawan yang berkunjung dalam rangka summer break
  • Musim gugur di Korea menawarkan pemandangan kota yang menarik karena pohon-pohon banyak yang berubah warna daunnya dan suhu udara juga tidak terlalu dingin

2. Tiket Pesawat


Seperti telah disebutkan diatas, kamu bisa memilih naik pesawat full service maupun LCC yang bisa disesuaikan dengan budget liburan. Tiket pesawat ke Korea umumnya fluktuatif, umumnya berkisar di angka Rp 1,5 juta sekali jalan dengan maskapai LCC minus bagasi.

Cara terbaik untuk mencari tiket murah ke Korea Selatan adalah

  • Mencari tiket dari jauh-jauh hari
  • Aware dengan promo dari maskapai LCC
  • Mau mempertimbangkan mengambil penerbangan transit
  • Selalu compare harga tiket pesawat dari berbagai website

3. Visa


Setelah tiket pesawat aman, selanjutnya kamu harus mengurus visa ke Korea Selatan. Ada beberapa info penting seputar visa Korea Selatan yang harus kamu ketahui:

  • Bagi yang pertama kali ke Korea Selatan, kamu bisa mengurus visa ke Korea Selatan melalui kedutaan dengan biaya pembuatan paspor single entry sebesar Rp 544.000
  • Update terbaru per Desember 2017; sehubungan dengan adanya Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, Pemerintah Korea Selatan mengeluarkan kebijakan bebas visa bagi WNI untuk periode Januari – April 2018. Namun untuk mendapatkan fasilitas ini kamu harus masuk dan keluar dari Yangyang International Airport di Gangwon-Do yang sayangnya belum memiliki direct flight dari Indonesia. Jadi kamu harus cari rute alternatif yang mendarat di bandara ini, bukan via Bandara Incheon
  • Bagi kamu yang memiliki visa jepang, Amerika Serikat, Kanada, Australia atau Selandia Baru yang masih aktif, kamu bisa memanfaatkan fasilitas free visa selama 30 hari.
  • Jika kamu hanya berminat liburan di sekitar Pulau Jeju dan tak berniat mampir ke Seoul atau kota lain di Korea Selatan, kamu tidak perlu memerlukan visa karena wisatawan Indonesia dapat fasilitas free visa untuk mengunjungi Jeju.

4. Penginapan

A post shared by 🎀@ziAn@🎀 (@zielamody) on


Hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah penginapan. Korea Selatan memiliki banyak alternatif tempat menginap yang bisa disesuaikan dengan budget, mulai dari guesthouse hingga hotel berbintang. Rajin-rajinlah mencari hotel murah di Seoul atau kota lain di Korea melalui website booking hotel online untuk mendapat penginapan terbaik dari segi biaya dan juga lokasi.

5. Itinerary

A post shared by Eye Panitnat (@theeye02) on


Pertama kali ke Korea Selatan pasti banyak sekali tempat yang ingin dikunjungi bukan? Tergantung dari tujuan liburan kamu ke Korea Selatan, pastikan untuk membuat itinerary sebelum berangkat untuk mencegah buang-buang waktu saat sudah berada di Korea.

Apalagi jika kamu hanya liburan singkat di negeri tersebut. Harus pandai-pandai mengatur itinerary agar kesampaian mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan. Misalnya yang wajib diantaranya N-Tower, Nami Island, Gyeongbokgung Palace, Gwanghwamun Square, Myeongdong dan Seoullo 7017.

Saat Berada di Korea Selatan

Long story short, akhirnya kamu sampai di Korea, yay! Ada banyak hal menarik yang perlu diketahui mengenai negara ini. Pastikan kamu memiliki informasi lengkap mengenai at least pengetahuan umum seputar Korea ya!

1. Transportasi

A post shared by ChanHee Mok (@mokch__sci) on


Untuk urusan transportasi di Korea Selatan tergolong murah. Alat transportasi umum yang bisa ditemukan adalah taksi, bus dan subway. Untuk memudahkan mobilisasi, jangan lupa beli T-Money yang mirip dengan emoney yang bisa digunakan untuk membayar transportasi umum dan juga bisa digunakan di beberapa convenient store.

Selain itu, di Seoul juga terdapat banyak tur gratis mengunjungi berbagai wisata populer di Seoul untuk memanjakan wisatawan. Kamu bisa naik Seoul City Tour Bus yang berhenti di objek wisata populer Seoul dan bisa dinaiki secara gratis. Untuk jadwal tur gratis lainnya bisa dilihat langsung di website Korean Tourism Office.

2. Makanan

A post shared by Pui Abla (@pui_abla) on


Selain musik, makanan khas Korea juga jadi salah satu yang paling diincar ketika berkunjung ke negara ini. Semua makanan yang pernah kamu lihat di K-drama favorit bisa langsung dicari di setiap sudut kota. Bagi yang muslim, Pergi.com pernah membahas mengenai makanan halal di Seoul lho!

Mulai dari street food, convenient store hingga restoran, mencicipi makanan khas Korea wajib dilakukan kalau liburan ke negara ini ya! Harga makanan di Korea Selatan tergolong sedikit lebih mahal dari Indonesia, sekitar 4.000 – 5.000 Won untuk satu menu standar maupun snack (sekitar 50rb sekali makan) dan untuk menu yang tegolong mahal bisa diatas 15.000 won (sekitar 180rb sekali makan).

3. Wi-Fi dan SIM Card

A post shared by @indarwati22 on


Internet sudah jadi kebutuhan wajib dimanapun berada. Tak hanya untuk mengupload foto liburan ke sosial media, internet sangat berguna untuk mencari informasi seputar Korea, lokasi stasiun subway, jadwal keberangkatan kereta, reservasi tiket online, translate dan masih banyak lainnya.

Memanfaatkan fasilitas roaming dari provider Indonesia akan sangat mahal. Solusinya kamu bisa memanfaatkan banyak hotspot wi-fi gratis yang tersebar di banyak wilayah Seoul. Solusi lainnya bisa dengan membeli SIM Card Korea yang harganya lumayan mahal, yaitu sekitar Rp 300.000 yang di dalamnya terdapat pulsa 10.000 won dan paket internet 1GB.

Solusi yang lebih murah lainnya bisa dengan membeli pocket wifi yaitu semacam portable modem yang bisa digunakan untuk beberapa smartphone. Paketnya pun beragam, ada yang berdasarkan kuota per hari hari 1GB seharga sekitar 50rb atau yang unlimited seharga sekitar 150rb/hari. Jauh lebih murah jika dipakai bersama rombongan yang berangkat ke Korea.

4. Belanja!

A post shared by 美咲 (@mi__m9) on


Korea Selatan juga dikenal sebagai tempat asyik untuk belanja, mulai dari fashion hingga kosmetik dengan harga terjangkau. Pastikan kamu memiliki budget cukup jika ingin shopping ya! Jangan sampai kalap hingga menghabiskan uang cash dan berbelanja terlalu banyak. Ingat, kelebihan bagasi di maskapai internasional lebih ketat dan aturan barang-barang yang dibawa di bagasi juga ketat.

Jadi jangan lupa memperhitungkan apakah barang yang dibeli bisa dibawa pulang ke Indonesia atau tidak mengingat peraturan imigrasi ketat soal ini. Berat bagasi juga perlu dipertimbangkan jika tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan karena kelebihan bagasi ya!

Mengejar Idola K-Pop

Bagi kamu yang memang niat ingin bisa melihat artis K-pop favorit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yang umumnya tergantung pada luck. Berikut caranya:

1. Main ke Gangnam


Gangnam merupakan daerah dimana kamu bisa menemukan kantor agensi musik di Korea, yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, Cube Entertainment dan FNC Entertainment.. Banyak wisatawan yang merupakan fans dari artis yang berasal dari agensi tersebut rela menungu di depan kantor agensi demi melihat artis favorit mereka. Ada yang beruntung bisa bertemu, ada juga yang tidak.

Di Gangnam juga ada K-Star Road yang surganya K-Pop lovers. Di sepanjang jalan ini ada banyak Gangnam doll dari berbagai grup terkenal, seperti EXO, BTS, TVXQ dan lainnya yang selalu jadi objek foto menarik. Jika beruntung kamu bisa berpapasan dengan artis / aktor di sekitaran Gangnam yang terkenal sebagai high-class area di Seoul.

2. Datang ke SMTOWN Coex Artium

A post shared by KISMET (@kismet_hk) on


Bagi kamu penggemar idola K-Pop dari SM Entertainment seperti EXO, SNSD, TVXQ, Red Velvet dan lainnya, kamu wajib main ke SMTOWN Coex Artium yang merupakan bagian dari Coex Mall, Gangnam. Kamu tinggal naik subway dan berhenti di Samseong Station (Line 2) dan keluar dari exit 5 dan 6.

Terdiri dari 6 lantai, disini surganya bagi kamu yang ingin berburu merch dan jika beruntung kamu bisa berpapasan dengan artis SM.

  • Lantai 1 merupakan pintu masuk yang biasanya dihiasi ornamen menarik.
  • Lantai 2 adalah SUM (Celebrity Shop) yang merupakan toko merchandise. Disini kamu bisa menemukan official goods dari setiap artis, mulai dari boneka hingga sepatu semua ada.
  • Lantai 3 merupakan SMTOWN Studio dimana kamu bisa menjadi artis dadakan dan ikut tour ke studio training, recording dan foto studio.
  • Lantai 4 ada LIVErary Cafe dimana kamu bisa santap santai sambil menikmati lagu favorit dari artis SMTOWN. Kursi-kursi di cafe ini juga ditandatangani langsung oleh artis SM lho! Good luck finding them ya.
  • Lantai 5 dan 6 adalah SMTOWN Theater yang biasa digunakan SM untuk pertunjukan hologram musical dan konser, live music, fan meeting dan juga showcase. Ada juga photo box dengan frame artis SM dan banyak sekali spot untuk berfoto bersama cutout artis-artis SM

3. Datang ke Music Show


Sebagai bagian dari industri musiknya yang mendapat banyak perhatian dunia, Korea Selatan memiliki banyak acara musik yang selalu menghadirkan artis K-Pop yang baru merilis album terbaru. Ada The Show dari SBS MTV, Music Bank dari KBS, Inkigayo dari SBS dan M Countdown dari Mnet. Yang serunya, fans bisa hadir di acara music show ini secara gratis namun ada prosedurnya.

Ada yang mendaftar langsung dari website masing-masing acara musik, bisa lewat fanscluub resmi dan bisa juga mengikuti kuis berhadiah pass gratis dari KTO yang sering diadakan di media sosial. Jika pun tak bisa masuk ke dalam, menunggu di bagian luarnya saja sudah berkesempatan melihat artis favorit datang dan keluar dari gedung music show.

Menghormati Kebiasaan / Aturan Lokal


Setiap negara pastinya memiliki kebudayaan, adat istiadat dan juga aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Sebagai pendatang di negara orang, kamu wajib mengikuti aturan yang berada di Korea Selatan. Negara ini dikenal masih menjunjung tinggi tradisi yang juga harus dihormati. Berikut beberapa aturan lokal di Korea Selatan yang harus diketahui agar tak salah berperilaku di negara orang.

  • Membungkukkan badan merupakan salah satu cara memberi salam di Korea, mirip dengan berjabat tangan di Indonesia.
  • Gunakan Bahasa Korea sebisa mungkin (meski dalam bentuk sederhana) untuk membuka percakapan, misalnya mengucapkan annyeong haseyo daripada excuse me atau kamsahamnida daripada thank you
  • Antre bus di halte sesuai dengan nomor bus
  • Tidak menyela antrian, dimana pun itu
  • Tidak berbicara dengan suara keras di transportasi umum
  • Menerima barang maupun uang kembalian dengan dua tangan
  • Pesan makanan harus dihabiskan
  • Memanggil taksi dengan seluruh telapak tangan bukan dengan satu jari
  • Jangan memberhentikan taksi di halte bus
  • Mengeluarkan suara dan bersendawa saat makan artinya kamu menyukai makanan yang disajikan. Jika di Indonesia ini dianggap kurang sopan, lain pula di Korea sana

Sudah siap untuk liburan seru di Korea Selatan? Jika tak ingin repot saat pertama kali mengunjungi Korea Selatan, kamu bisa lho memesan paket tour ke Korea Selatan di Pergi.com . Kapanlagi coba bisa pesan paket tour yang bisa dicicil 0%? Pergi yuk!

Paket Tour ke Korea

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com
Baca Juga:  10 Alasan Mengapa Visa Ditolak