Punya jatah cuti banyak tapi bingung mau liburan kemana? Kenapa tidak coba liburan ke Hong Kong yang menggratiskan visa bagi wisatawan Indonesia! Tiket pesawat ke Hong Kong pun sangat terjangkau, ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi dan pilihan makanan berlimpah yang bisa dipilih.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Nah, bagi kamu yang akan ke Hong Kong untuk pertama kalinya, jangan khawatir karena Pergi.com punya panduan lengkap seputar liburan ke Hong Kong untuk first timer seperti kamu. Mulai dari informasi seputar penginapan, transportasi, budaya, makanan dan masih banyak lainnya.

Persiapan Sebelum Terbang ke Hong Kong


Hong Kong merupakan negara yang asyik untuk dikunjungi sepanjang tahun, meski kamu harus sedikit aware ketika mengunjungi Hong Kong saat musim topan. Terdapat maskapai berbintang Indonesia yang memiliki penerbangan langsung menuju Hong Kong. Jika ingin opsi tiket pesawat ke Hong Kong yang lebih murah adalah dengan naik maskapai LCC yang akan transit lewat Singapura atau Kuala Lumpur.

Sebelum menentukan kapan akan berangkat ke Hong Kong, berikut serba serbi informasi penting sebelum kamu terbang pertama kali ke Hong Kong.

1. Waktu Terbaik Untuk Liburan ke Hong Kong


Jika membahas kapan waktu terbaik untuk liburan ke Hong Kong jawabannya bisa beragam tergantung keinginan dan tujuan masing-masing traveler. Hong Kong memiliki iklim sub-tropis dengan kemungkinan angin topan. Hong Kong memiliki 4 musim yang memiliki plus minus tersendiri.

  • Musim semi di Hong Kong berlangsung pada Maret – Mei dengan suhu udara yang tidak begitu hangat maupun dingin.
  • Musim panas di Hong Kong berlangsung pada Juni – Agustus dengan kondisi suhu yang panas, cerah dan juga lembab. Ada kemungkinan hujan dan juga badai
  • Musim gugur di Hong Kong berlangsung pada September – November dimana suhunya nyaman untuk ukuran orang Indonesia karena tidak panas dan juga tidak terlalu dingin
  • Musim dingin di Hong Kong berlangsung pada Desember – Februari dengan suhu dingin yang bisa mencapai dibawah 10 derajat celcius
  • Angin topan biasanya bisa terjadi dari Mei – November dengan sistem peringatan yang modern. Jika ada topan mendekat, peringatan akan disiarkan lewat TV dan radio. Tingkatan topan adalah 1-10 yang jika sudah sampai sinyal 8 maka biasanya banyak tempat wisata dan pusat perbelanjaan tutup dan kemungkinan penerbangan delay juga sangat besar

2. Tiket Pesawat

Sebuah kiriman dibagikan oleh BESS H (@cch_b) pada


Bergantung dari budget liburan kamu, ada banyak opsi tiket pesawat ke Hong Kong yang bisa dibeli. Ada maskapai berbintang untuk direct flight, ada juga maskapai LCC dengan penerbangan transit. Tiket pesawat ke Hong Kong umumnya fluktuatif, bergantung season yang ada di Hong Kong.

Tiket pesawat ke Hong Kong biasanya fluktuatif, umumnya berkisar di angka Rp 1,2 juta sekali jalan dengan maskapai LCC minus bagasi atau mulai dari Rp 2,7 juta sekali jalan dengan maskapai bintang lima.

Cara terbaik untuk mencari tiket murah ke Hong Kong adalah:

  • Mencari tiket dari jauh-jauh hari
  • Selalu aware dengan promo dari maskapai LCC
  • Mau mempertimbangkan mengambil penerbangan transit
  • Selalu compare harga tiket pesawat dari berbagai website
  • Jika tidak ingin repot, pilih ikut tour ke Hong Kong yang sudah all in semua biaya termasuk tiket pesawat dan biasanya juga mampir ke Makau dan Shenzhen yang lokasinya berdekatan

3. Penginapan


Hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah penginapan. Tempat penginapan di Hong Kong dikenal mahal dan fasilitasnya juga tergantung lokasi hotel. Hotel-hotel di pusat keramaian biasanya lebih mahal dibanding daerah lain. Hostel dan guesthousenya juga terbilang mahal serta ukuran kamarnya yang kecil.

Opsi lain adalah sewa apartemen harian yang bisa jadi pilihan pas jika pergi liburan bareng keluarga atau bersama teman. Rajin-rajinlah compare harga hotel di Hong Kong termurah lewat website seperti Pergi.com agar mendapat harga terbaik.

4. Itinerary


Pertama kali ke Hong Kong pasti banyak sekali tempat yang ingin dikunjungi bukan? Pastikan untuk membuat itinerary sebelum berangkat untuk mencegah buang-buang waktu saat sudah berada di Hong Kong.

Mulai dari mau kemana saja, mau makan apa, belanja di mana dan sebagainya. Semua harus dirinci dengan baik, apalagi jika ingin sekalian mampir ke Makau atau Shenzhen.

Saat Berada di Hong Kong


Long story short, akhirnya kamu sampai di Hong Kong, yay! Ada banyak hal menarik yang perlu diketahui mengenai negara ini. Pastikan kamu memiliki informasi lengkap mengenai at least pengetahuan umum seputar Hong Kong ya!

1. Transportasi di Bandara

Sebuah kiriman dibagikan oleh aki (@at_here) pada


Setibanya di Hong Kong International Airport, kamu memiliki beberapa opsi transportasi yang bisa dipakai untuk menuju pusat kota, yaitu:

  • Airport Express
    Kereta bandara ini menghubungkan bandara yang berada di daerah Kowloon menuju Hong Kong Island hanya dalam waktu 24 menit saja! Ada 4 stasiun yang dilewati, yaitu Asia World-Expo Station, Tsing Yi Station, Kowloon Station dan Hong Kong Station. Ongkos naik kereta ekspress ini sesuai dengan stasiun diatas adalah 5 HKD, 60 KHD, 90 HKD dan 100 HKD untuk one way.
  • Bus
    Tersedia bus dengan berbagai tujuan di Hong Kong yang bisa dinaiki. Ongkos bus ini biasanya lebih murah dibanding Airport Express
  • Taksi
    Taksi bandara memiliki tarif yang lebih mahal dibandingkan tarif taksi biasa. Ada 3 warna taksi sesuai dengan tujuan akhirnya yang bisa kamu naiki; warna merah merupakan Urban Taxi yang melayani semua tujuan di Hong Kong kecuali Tung Chung Road dan daerah selatan Lantau. Taksi warna hijau adalah New Territories taxi tang melayani transportasi dari dan ke derah di New Territories dan beberapa jalan di Lantau. Terakhir ada taksi warna biru yang melayani transportasi ke semua daerah di Lantau
  • Shared / Private Shuttle
    Jika kamu menginginkan privasi, private shuttle bisa menjadi opsi. Pilihan transportasi ini tentu lebih mahal dibanding transportasi lainnya dan dihitung per kepala. Kamu bisa memesan secara online maupun pesan langsung di bandara. Shared shuttle juga tersedia dengan biaya lebih murah dari private shuttle namun kamu akan bercampur dengan turis lainnya dan akan diantar ke tujuan masing-masing

2. Transportasi Umum


Untuk masalah transportasi, Hong Kong bisa dikatakan memiliki sistem transportasi yang rapi dan terintegrasi. Sebagai informasi, Hong Kong terbagi dalam empat wilayah besar, yaitu Kowloon Peninsula (daerah pemukiman), Hong Kong Island (sentra bisnis Hong Kong), New Territories (berbatasan langsung dengan Cina daratan) dan Lantau Island (tempat Disneyland dan Big Budha).

Untuk berpindah wilayah, ada banyak transportasi umum yang bisa dipakai, yaitu:

  • MTR; mirip dengan MRT di Singapura dengan berbagai rute, platform dan interchange station untuk berganti line.
  • Ding Ding Tram; bus tingkat yang berjalan di atas rel yang ada di hong Kong Island. Ongkosnya juga murah hanya 2.30 HKD sekali naik, untuk rute jauh maupun dekat. Fyi, naik tram dari pintu belakang dan keluar dari pintu depan ya!
  • Ferry; menghubungkan Hong Kong Island ke Kowloon hingga Makau
  • Bus; bus di Hong Kong umumnya berbentuk bus tingkat dan tarifnya lebih murah dari naik MTR namun harus dibayar dengan uang pas karena supir tidak menyediakan kembalian
  • Taksi; biasanya berwarna merah dan tarifnya murah. Namun perlu diperhatikan jika sebagian besar supir taksi di Hong Kong tidak bisa bahasa Inggris, jadi googling dahulu tempat yang akan dituju lalu tunjukkan ke supir jika kamu tidak bisa berbahasa kanton.

3. Makanan


Hong Kong dikenal sebagai surganya makanan, jadi dijamin kamu tidak akan kehabisan opsi tempat makan. Dan bagi wisatawan muslim juga sudah banyak tersedia tempat makan halal di Hong Kong yang bisa jadi tempat makan. Mulai dari street food hingga makanan berat, Hong Kong punya banyak variasi makanan yang bisa buat kamu gagal diet.

Ke Hong Kong jangan sampai lewatkan kesempatan kamu mencicipi berbagai jenis dimsum dengan harga terjangkau. Egg waffle khas Hong Kong juga bisa jadi cemilan saat jalan-jalan di sekitaraan Kowloon atau daerah lain. Mie wonton, egg tart, daging babi/angsa/burung panggang juga tidak boleh dilewatkan.

4. Internet dan Wi-Fi


Di Hong Kong, free wi-fi bisa ditemukan hampir di setiap tempat. Jadi kamu bisa tetap terhubung dengan internet dimanapun kamu berada. Ada juga sim card lokal yang bisa dibeli jika ingin eksis 24 jam. Biasanya harganya mulai dari 100 HKD untuk internet unlimited.

Jika pergi ke Hong Kong rame-rame, kamu bisa membeli satu sim card saja lalu jadikan smartphone tadi hotspot untuk berbagi internet dengan keluarga atau teman yang juga ikut liburan ke ong Kong. Hemat kan?

5. Belanja!


Hong Kong juga dikenal sebagai surganya untuk belanja, mulai dari fashion branded hingga kosmetik dengan harga miring. Pastikan kamu memiliki budget cukup jika ingin shopping ya! Untuk shopping barang bermerek dengan harga miring kamu bisa mampir ke Citygate Outlets yang ada di Lantau Island yang dikenal sebagai gudangnya barang branded diskon.

Ada juga Ladies Market untuk beli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke Indonesia atau ke kawasan Causeway Bay dan Harbour City. Just make sure tidak kalap belanja ya karena maskapai penerbangan internasional ketat soal urusan bagasi. Jangan sampai harus membayar biaya lebih karena kelebihan bagasi ya!

Tips Liburan ke Hong Kong


Selain mengetahui soal transportasi, akomodasi dan tempat makan, ada hal lain yang juga harus kamu ketahui seputar Hong Kong agar liburan berjalan lebih lancar dan menyenankan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini Pergi.com bagikan tips liburan ke Hong Kong yang harus kamu tahu.

1. Beli Octopus Card


Kartu ini bisa dibilang sebagai kartu sakti di Hong Kong. Kegunaannya mirip dengan Ezlink di Singapura, yaitu untuk alat pembayaran transportasi umum di Hong Kong (MTR, tram, ferry, beberapa taksi dan bus) dan juga bisa dipakai untuk belanja di beberapa gerai, seperti McD, Circle K dan 7-Eleven.

Kartu ini bisa dibeli di semua MTR Station bagian customoer service. Harga Octopus Card untuk dewasa adalah 150 HKD dengan deposit 50 HKD dan untuk anak-anak adalah 70 HKD dengan deposit 50 HKD. Deposit ini bisa diuangkan kembali sebelum kamu balik ke Indonesia tapi akan dipotong 9 HKD. Ongkos naik transportasi umum dengan kartu ini lebih murah 5-10% dari tarif tanpa Octopus Card.

2. Colokan Listrik


Colokan listrik di Hong Kong berbeda dengan Indonesia, yaitu memiliki kaki tiga. Jadi jangan lupa bawa connector charger untuk kaki tiga agar kamu bisa mengisi baterai berbagai gadget yang dibawa liburan ke Hong Kong.

3. Bawa Botol Minum


Harga air mineral di Hong Kong lumayan mahal jika dibandingkan harga di Indonesia. Untuk mengakalinya sekaligus berhemat, jangan lupa untuk selalu membawa botol minum karena pemerintah Hong Kong menyediakan banyak tap water di area publik yang bisa diambil sepuasnya dan bisa langsung diminum.

4. Peta Hong Kong


Jika kamu ke Hong Kong dengan backpacker tanpa tour, ada baiknya kamu membawa peta hong Kong yang bisa didapat gratis di bandara dan pusat informasi turis. Jika punya smartphone dengan akses internet, kamu bisa memanfaatkan aplikasi peta untuk menuju tempat yang ingin dikunjungi tanpa tersasar.

Jalanan di Hong Kong bisa terlihat rumit bagi orang yang pertama kali ke Hong Kong. Dan fyi sebagian besar penduduk Hong Kong tidak begitu ramah terhadap turis dan tidak fasih berbahasa Inggris.

5. Etika Makan


Warga lokal Hong Kong memiliki etika makan yang harus diperhatikan agar tidak salah ketika makan di restoran atau kafe di Hong Kong.

Etika makan di Hong Kong yang harus diketahui adalah menyisakan sedikit makanan di piring/mangkuk sebagai apresiasi terhadap makanan dan penjual, tidak menancapkan sumpit dengan posisi ke atas karena dianggap meniru posisi hio di saat pemakaman, banyak kafe / restoran yang tidak menyediakan garpu jadi kamu harus makan dengan sumpit dan jangan lupa untuk selalu membawa tisue saat makan dimana saja ya!

6. Selalu Bawa Payung


Cuaca di Hong Kong tidak bisa diprediksi, kecuali kapan datangnya topan. Hong Kong sering diguyur hujan dan jika pun tidak hujan, cuaca di Hong Kong juga bisa sangat panas. Jadi selalu bawa payung saat kamu jalan-jalan di Hong Kong untuk melindungi diri dari hujan maupun panas.

7. Tisu Basah


Toilet di Hong Kong merupakan toilet kering tanpa semprotan air. Kondisi toilet seperti ini kurang cocok bagi sebagain besar orang Indonesia. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa tisu basah kemana pun kamu pergi, karena berguna ketika ingin ke toilet umum maupun saat makan.

Sudah siap untuk liburan seru di Hong Kong? Yuk segera rencanakan perjalanan kamu dari sekarang ya! Jika tak ingin repot saat pertama kali mengunjungi Hong Kong, kamu bisa lho memesan paket tour ke Hong Kong di Pergi.com yang biasanya juga termasuk Makau dan Shenzhen.

Ada diskon 10% untuk paket tour Explore kemana saja. Selain itu, tersedia juga fasilitas cicilan 0% untuk semua produk di Pergi.com. Pergi yuk!

Paket Tour ke Hong Kong

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com
Baca Juga:  Tips Menukar Uang Untuk Liburan Dengan Nilai Terbaik