China merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan liburan favorit Indonesia. Liburan ke China bukan lagi hal yang mustahil apalagi setelah adanya paket tour murah dan juga tiket murah ke berbagai kota besar di China.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Tour Explore

Ada banyak sekali destinasi wisata dan hal menarik yang bisa dikunjungi di negeri Tirai Bambu ini. Karena China memiliki luas wilayah yang luas, ada baiknya kamu mempersiapkan liburan dengan sebaiknya-baiknya ya!

Apakah kamu ada rencana ingin liburan ke Beijing, Shanghai, Shenzhen atau kota lain di China? Agar tidak bingung dengan berbagai hal yang harus disiapkan, berikut Pergi.com bagikan panduan lengkap bagi kamu yang pertama kali ke China. Mulai dari informasi seputar visa, transportasi, budaya, makanan dan masalah internet.

Persiapan Sebelum Terbang ke China


Indonesia memiliki penerbangan langsung menuju kota-kota besar di China, seperti Beiijing dan Shanghai. Namun tersedia banyak maskapai yang membuka penerbangan menuju China dan sebaliknya. Jika ingin opsi tiket pesawat ke China yang lebih murah adalah dengan mengambil penerbangan transit lewat Singapura, Kuala Lumpur atau Hong Kong.

Sebelum menentukan kapan akan berangkat ke China, berikut serba serbi informasi penting sebelum kamu terbang pertama kali ke China.

1. Waktu Terbaik Untuk Liburan ke China


Jika membahas kapan waktu terbaik untuk liburan ke China jawabannya bisa beragam tergantung keinginan dan tujuan masing-masing traveler yang ingin liburan ke China. China memiliki 4 musim yang memiliki plus minus tersendiri.

  • Musim dingin di China suhu bisa turun drastis, namun kamu bisa bermain salju dan menyaksikan Festival Es Harbin
  • Musim semi merupakan waktunya melihat berbagai bunga sakura mekar di berbagai kota di China, dan suhu udaranya juga tidak terlalu dingin
  • Musim panas di China merupakan waktu liburan sehingga tempat wisata umumnya super ramai dan suhu udara mirip saat musim panas di Indonesia
  • Musim gugur menawarkan pemandangan kota yang menarik dengan warna daun yang berubah dan suhu udara yang tidak terlalu dingin. Cocok untuk kamu yang ingin menyusuri Tembok China

2. Tiket Pesawat


Bergantung dari budget liburan yang kamu miliki, ada banyak opsi tiket pesawat ke China yang bisa dibeli. Ada maskapai internasional berbintang, ada juga maskapai LCC. Tiket pesawat ke China umumnya fluktuatif, bergantung season yang ada di China.

Sebagai informasi, di hari-hari libur nasional China akan sangat ramai oleh wisatawan lokal yang berlibur atau pulang kampung. Waktu-waktu ramai di China adalah sebagai berikut.

  • Tahun baru di China selalu ramai, biasanya tiket pesawat dan hotel biasanya akan mahal
  • Imlek hingga Cap Go Meh jadi waktu tersibuk di China dimana warga setempat melakukan perjalanan besar-besaran untuk pulang ke kampung halaman maupun ke luar negeri, jadi bandara, stasiun hingga tempat wisata biasanya akan padat
  • Festival Qingming
  • Festival Duanwu Festival (Dragon Boat Festival)
  • Mid-Autumn Festival
  • China National Day – 1 Oktober (durasi libur nasional selama 7 hari)

Tiket pesawat ke berbagai kota besar di China biasanya fluktuatif, umumnya berkisar di angka Rp 1,5 juta sekali jalan dengan maskapai LCC minus bagasi. Cara terbaik untuk mencari tiket murah ke China adalah

  • Mencari tiket dari jauh-jauh hari
  • Selalu aware dengan promo dari maskapai LCC
  • Mau mempertimbangkan mengambil penerbangan transit
  • Selalu compare harga tiket pesawat dari berbagai website
  • Jika tidak ingin repot, pilih ikut tour ke China yang sudah all in semua biaya termasuk tiket pesawat

3. Penginapan

A post shared by Federico Rizzarelli (@f.edex) on


Hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah masalah penginapan. China memiliki banyak alternatif tempat menginap yang bisa disesuaikan dengan budget, mulai dari guesthouse hingga hotel berbintang.

Rajin-rajinlah mencari hotel murah di kota yang ingin dikunjungi melalui website booking hotel online untuk mendapat penginapan terbaik dari segi biaya dan juga lokasi. Tetapi ingat kembali jika kamu ke China di saat musim liburan atau hari besar, ada kemungkinan harga tiket tidak akan murah dan tempat wisata akan kebanjiran pengunjung.

4. Itinerary

A post shared by Tom Carter (@nomadlad) on


Pertama kali ke China pasti banyak sekali tempat yang ingin dikunjungi bukan? Tergantung dari tujuan liburan kamu ke China, pastikan untuk membuat itinerary sebelum berangkat untuk mencegah buang-buang waktu saat sudah berada di China.

Yang terpenting adalah tentukan terlebih dahulu mau liburan ke mana dulu karena jarak dari tiap kota di China lumayan jauh, sehingga kamu harus mempertimbangkan waktu yang dihabiskan jika ingin berpindah dari satu kota ke kota lain di China. Setelah menentukan kota yang akan dikunjungi, buatlah itinerary selama berada di kota tersebut agar tak ada waktu liburan yang terbuang percuma.

5. Visa

A post shared by @hey.eylin on


Setelah tiket pesawat, hotel dan itinerary aman, selanjutnya kamu harus mengurus visa ke China melalui kedutaan besar China di Indonesia. Ada beberapa info penting seputar visa China yang harus kamu ketahui:

  • Mengurus visa ke China tergolong mudah dan cepat
  • Siapkan dokumen penting, yaitu paspor, formulir permohonan visa, foto, KTP, itinerary perjalanan, bukti pemesanan tiket pesawat pulang pergi dan hotel
  • Biaya pembuatan visa China single entry adalah Rp 540.000
  • Lamanya pembuatan visa tergolong cepat, yaitu 4-5 hari kerja setelah dokumen diterima

Saat Berada di China


Long story short, akhirnya kamu sampai di China, yay! Ada banyak hal menarik yang perlu diketahui mengenai negara ini. Pastikan kamu memiliki informasi lengkap mengenai at least pengetahuan umum seputar China ya!

1. Transportasi

A post shared by Yuliya Bykova (@yuliya.bykova) on


Untuk urusan transportasi, di kota-kota besar China seperti Beijing dan Shanghai sudah memiliki jaringan transportasi umum yang baik, seperti bus, subway dan taksi. Pelajarilah peta subway agar mudah dan juga murah saat mau kemana-mana. Tenang, taksi di China umumnya telah dilengkapi argo dan biayanya tidak terlalu mahal.

Untuk transportasi darat jarak jauh, China memiliki 3 alternatif transportasi umum yang bisa dipilih yaitu: bus, kereta api biasa dan high-speed / bullet train (kereta api cepat). Bukket train merupakan pilihan pas untuk menghemat waktu ketika berpindah antar kota, tetapi harga tiketnya lumayan mahal. Bus di China sudah modern dan nyaman untuk perjalanan jauh dan kereta api biasa di China juga nyaman untuk berpindah kota namun tidak secepat dan senyaman bullet train.

2. Makanan


China dikenal sebagai surganya makanan, mulai dari yang enak banget hingga yang aneh banget. Mulai dari dimsum, Xiao Long Bao, Char Siu Bao, wonton, berbagai jenis mie, dumpling, bebek peking, Hainan Chicken rice dan masih banyak pilihan makanan lainnya. Dijamin kamu tidak akan kehabisan opsi makanan untuk dicoba deh!

Nah, jika kamu ingin sedikit ekstrim, China juga punya banyak menu makanan aneh yang dijual bebas di pinggir jalan maupun di pusat-pusat kuliner. Mulai dari tarantula, kalajengking, jangkrik goreng, sup ular dan masih banyak lainnya.

3. Internet dan Wi-Fi

A post shared by Beijing Insta (@beijing_insta) on


China dikenal sebagai negara yang ketat dalam sensor internet untuk berbagai situs populer, seperti Google, Facebook dan YouTube. Jadi jangan heran jika kamu tidak bisa mengakses sosial media kesayangan saat liburan ke China ya!

Selain itu aplikasi chatting WhatsApp juga tidak bisa dipakai di China. Alternatif lainnya kamu bisa mendownload aplikasi We Chat untuk tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia selama liburan di China. Untuk urusan Wi-Fi, China memiliki banyak tempat dengan fasilitas wi-fi gratis,, seperti bandara, mall, hotel, kafe dan juga restoran yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan.

Jika tak ingin repot, kamu bisa menyewa router untuk dibawa ke China untuk kebutuhan internet selama liburan. Router ini bisa dipakai untuk banyak smartphone, jadi bisa lebih hemat dibanding membeli sim card di China.

4. Belanja!


China juga dikenal sebagai surganya untuk belanja, mulai dari fashion hingga kosmetik dengan harga miring. Pastikan kamu memiliki budget cukup jika ingin shopping ya! Jangan sampai kalap hingga menghabiskan uang dan berbelanja terlalu banyak.

Maskapai internasional biasanya lebih ketat soal urusan bagasi, jadi jangan sampai kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk kelebihan bagasi ya.

Tips Liburan ke China


China merupakan negara besar dengan luas area yang masif dan kebudayaan yang kental. Liburan ke China ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan diketahui agar tidak terjadi culture shock. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini Pergi.com bagikan tips liburan ke China yang harus kamu tahu.

1. Libur Nasional China = Padat Dimana-mana


Ada banyak hari libur nasional nasional dan festival yang jadi waktunya warga China untuk pulang kampung dan liburan. Jadi jika kamu datang ke China di saat musim liburan di sana, jangan kaget jika tempat-tempat wisata akan ramai. Transportasi umum dan pusat perbelanjaan juga akan ramai oleh pengunjung.

2. Pakai Sepatu yang Nyaman

A post shared by Chilin Chung (@chilinchung) on


Selama di China, pakailah sepatu yang nyaman karena kamu akan banyak menghabiskan waktu berjalan saat mengelilingi kota maupun berkunjung ke tempat wisata, terutama sekali Tembok China.

3. Bisa Mandarin


Hal ini tidak wajib, namun bisa berbahasa Mandarin mesti hanya basicnya akan sangat membantu kamu saat berada di China. Misalnya saat naik taksi kamu bisa bilang mau diantar kemana, atau saat tersesat bisa meminta bantuan, bisa mencari tempat makan, memesan menu makanan dan sebagainya.

Tidak banyak warga lokal yang bisa berbahasa Inggris, sehingga kamu harus berkomunikasi dalam bahasa mandarin. Alternatif lainnya bisa dengan mendownload aplikasi translasi untuk membantu kamu selama berada di China.

4. Pelajari Peta Subway


Jika kamu liburan ke Beijing, Shanghai maupun Guangzhou, subway menjadi pilihan transportasi umum yang murah untuk kemana-mana. Ongkosnya hanya 2 yuan atau sekitar Rp 3.000 sekali jalan, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat dengan mudah menggunakan subway. Agar tidak salah naik kereta, pastikan kamu mempelajari peta subway, pembagian linenya, transit dimana dan sebagainya.

5. Toilet di China


China umumnya menggunakan sistem toilet kering yang tidak menyediakan air sedikit pun di dalam toilet. Banyak postingan traveler yang ke China mengeluhkan kondisi toilet umum di China yang bau dan tidak higienis, terutama di tempat-tempat umum.

Jika masih bisa ditahan, hindari toilet umum dan sebagai gantinya kamu bisa memilih toilet di hotel, restoran maupun rumah ibadah yang umumnya lebih bersih dibandingkan toilet umum. Dan bawalah selalu tisu basah dan hand sanitizer kemana pun kamu pergi untuk menjaga kebersihan diri.

6. Hati-hati Penipuan


Penipuan, pencopetan dan tindak kriminal lainnya memang sering ditemui di tempat-tempat wisata, termasuk di China. Jalanan di China termasuk daerah rawan pencopetan dan pencurian. Selain itu ada banyak jenis penipuan yang menargetkan turis, sehingga kamu harus wajib berhati-hati saat berada di mana pun. Dan jangan menukar uang yuan di jasa tukar uang pinggir jalan ya!

Sudah siap untuk liburan seru di China? Segera rencanakan perjalanan kamu dari sekarang ya! Jika tak ingin repot saat pertama kali mengunjungi China, kamu bisa lho memesan paket tour ke China di Pergi.com.

Mulai dari tour ke Beijing, Shanghai, Shenzhen, GuangZhou dan masih banyak lainnya. Ada diskon 10% untuk paket tour Explore kemana saja. Selain itu, kapanlagi coba bisa pesan paket tour yang bisa dicicil 0%? Pergi yuk!

Paket Tour ke China

paket tour jepang
Paket tour murah ke Jepang all-in di Pergi.com
Baca Juga:  3 Restoran Outdoor di Semarang Dengan View Killer yang Instagramable