Setiap tahunnya, Candi Borobudur menjadi salah satu pusat perayaan Waisak yang meriah di Indonesia. Ada banyak rangkaian acara yang sudah dilakukan mulai 30 April lalu dan dilanjutkan pada 6 – 11 Mei 2017. Selain umat Buddha yang diperkirakan akan menghadiri acara ini, wisatawan juga tak mau ketinggalan karena momen perayaan Waisak di Borobudur memiliki banyak ritual menarik untuk disaksikan. Tak ketinggalan pelepasan ribuan lampion yang selalu menjadi favorit.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Dengan brandingnya sebagai Mahakarya Budaya Dunia atau World Cultural Masterpiece, Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia ini selalu menjadi pusat perayaan Waisak. Dan di tahun ini, perayaan Waisak 2017 di Borobudur mengangkat tema ‘Tingkatkan Kesadaran Menjadi Kebijaksanaan’.

Rangkaian Ritual Menarik Waisak 2017

waisak-2017
Sumber: http://walubi.or.id/waisak-2017/
Ada banyak acara menarik yang bisa kamu saksikan di Borobudur selama Waisak berlangsung. Pada 9 Mei akan dilakukan acara Pindapatta di sepanjang Jalan Malioboro, lalu dilanjutkan dengan ritual pengambilan api alam dari Merapen – Grobogan, dan disakralkan di Candi Mendut.

Pada tanggal 10 Mei pada pukul 7 pagi ribuan biksu akan melakukan Pindapatta di Magelang, lalu pada pukul 3 sore akan dilakukan prosesi pembacaan paritta suci dengan berjalan kaki sejauh 3,5 km dari Candi mendut ke Candi Borobudur. Selesai berdoa, baru akan diadakan acara pelepasan lampion pukul 9-11 malam. Lalu pada 11 Mei dinihari, biksu dan umat Buddha akan naik menuju altar utama Candi Borobudur untuk berdoa, melakukan renungan dan bermeditasi hingga matahari terbit.

Pelepasan Lampion

lampion-waisak-borobudur
Sumber: Instagram @ prasna_liu
Menurut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko, Edy Setijono, persiapan Waisak 2017 di Borobudur sudah matang. Wisatawan bisa menyaksikan ritual Waisak bersama ribuan biksu yang akan berpartisipasi pada perayaan Waisak tahun ini. Pada puncak perayaan Waisak yang jatuh tanggal 11 Mei 2017, wisatawan bisa menikmati acara fashion show dan belajar penataan rambut sesuai dengan tema Waisak 2017. Selain itu ada juga pesta rakyat yang diikuti 20 desa di sekitar Candi Borobudur. Puncaknya, wisatawan juga bisa mengikuti ritual melepas lampion harapan di malam hari.

Baca Juga:  Empat Pantai Cantik di Jawa Timur untuk Getaway Kamu

Pelepasan lampion bukan sekedar simbolis karena ritual ini memiliki makna penting bagi umat Buddha. Hal ini dikarenakan di setiap lampion yang dilepaskan terdapat harapan dan doa bagi diri sendiri dan juga orang yang dikasihi. Ribuan lampion yang akan diterbangkan pada acara Waisak 2017 di Borobudur akan menciptakan pemandangan yang sangat indah. Tak pelak jika acara ini juga berhasil menyedot ribuan wisatawan di setiap tahunnya.

Pelepasan lampion ini bisa diikuti oleh siapa saja. Menurut Edy, harga satu buah lampion dan tiket masuk adalah Rp 100.000 dan kamu sudah bisa menerbangkan lampion saat acara Waisak di Borobudur nantinya. Sebagai informasi, pelepasan lampion akan dilakukan pada 10 Mei 2017 mulai pukul 21.00 WIB di area Lapangan Gunadharma.

Panduan Liburan ke Borobudur Saat Waisak

candi-borobudur
Selama penyelenggaraan ritual oleh umat Buddha dalam menyambut Waisak 2017, Candi Borobudur masih terbuka untuk umum. Namun setelah pukul 5 sore di tanggal 10 Mei 2017, Candi akan dipakai untuk berbagai acara sehingga akan dibedakan mana pengunjung yang ingin beribadah, mana yang wisatawan agar peribadatan dilakukan dengan lebih khusyuk.

Saat pelepasan lampion wisawatan juga dilarang untuk naik ke atas candi karena pelepasan akan dilakukan di Lapangan Gunadharma. 1.256 personel dari kepolisian akan dikerahkan untuk menjaga ketertiban selama perayaan Waisak berlangsung di Borobudur.

Selain itu, wisatawan yang hadir mengikuti prosesi diharapkan menghormati umat Buddha yang sedang beribadah dan berpakaian sopan. Perlu diketahui juga agar wisatawan datang ke Borobudur sebelum sore hari karena jalan di sekitar Candi Mendut ke Candi Borobudur akan ditutup di siang hari.

Masih belum terlambat bagi kamu yang ingin liburan ke Borobudur saat Waisak tiba. Pesan tiket pesawat ke Jogja maupun ke Semarang sekarang juga di Pergi.com dan manfaatkan diskon tiket pesawat 10% hingga Rp 500.000. Ada juga diskon hotel hingga Rp 500.000 juga di Pergi.com. Pergi yuk!

Baca Juga:  Ngadem Cantik di Bukit Jomblo Tulungagung Yuk!

Diskon Tiket Pesawat 500rb Disini

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil