Setelah sebelumnya tim khusus Madame Tussauds dari Inggris melakukan pengukuran terhadap Presiden Jokowi pada Oktober 2016 lalu, kini patung lilin Presiden Jokowi telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (1/5/2017).

Yang menariknya, di belakang patung lilin Presiden Jokowi terdapat background pemandangan destinasi wisata Indonesia, seperti Raja Ampat dan Candi Borobudur yang secara tidak langsung mempromosikan wisata Indonesia.

patung-lilin-presiden-jokowi-1
Sumber: Instagram @ madametussaudshongkong

“Yah, ini saya kira bisa kita pakai untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Seperti kita lihat di background ada Borobudur nanti diganti lagi saya minta setiap bulan ganti, bisa Labuan Bajo, Bali, Raja Ampat, Danau Toba, terus diganti background-nya. Ini saya kira bagus untuk promosi pariwisata kita ” kata Jokowi di Museum Madame Tussauds, Hong Kong, seperti dikutip dari laman detikTravel.

Ditanya soal kesan dirinya setelah melihat sendiri patung lilinnya di di Madame Tussauds Hong Kong, Presiden Jokowi mengatakan jika Ibu Negara Iriana yang merasa terkejut dengan tingkat kemiripan antara patung lilin dengan dirinya.

“99 persen mirip” ujar Iriana yang menemani Presiden Jokowi meresmikan figur patung lilinnya di Madame Tussauds. Terlihat juga Kahiyang Ayu yang juga menghadiri acara peresmian patung lilin presiden.

patung-lilin-presiden-jokowi-2
Sumber: Instagram @ madametussaudshongkong

Yang kerennya, pakaian hingga sepatu yang dikenakan patung lilin presiden tersebut berasal dari presiden sendiri. “Kebetulan kemarin ada dua batik yang dikirim sama baju putih, sepatu juga,” kata Iriana. Begitu juga dengan sepatu dan celana yang dikenakan di patung lilin itu. “Sepatu juga dari kita semua. Jadi baju, sepatu, celana. Jangan dipikir dari mereka. Ini dari kita,” kata Presiden, seperti dikutip dari laman Kompas Travel.

Dalam kesempatan lain, Menteri Pariwisata Arief Yahya turut bahagia dengan hadirnya patung lilin Presiden Jokowi di Madame Tussauds Hong Kong. Menurutnya, Presiden Jokowi adalah bintang iklan terbaik untuk mempromosikan wisata Indonesia kepada dunia. Dia pun sejalan dengan keinginan Jokowi untuk mengganti background foto yang ada di belakang display patung lilin presiden. Yang paling utama adalah memasukkan 10 Bali Baru yang jadi prioritas pemerintah.

“Setiap Minggu atau bulan diganti background, dengan 10 Bali Baru. Danau Toba, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi dan Morotai,” ujarnya.

patung-lilin-presiden-jokowi-3
Sumber: Instagram @ madametussaudshongkong

Pergantian background foto tersebut nantinya akan disesuaikan dengan Calendar of Events (CoE) yang ada di destinasi prioritas tersebut. Menpar juga akan mengadakan press conference saat pergantian background agar hal tersebut menjadi perhatian masyarakat dan viral di sosial media sehingga bisa lebih mengekspos pariwisata Indonesia di dunia.

Presiden Jokowi bukan presiden pertama yang dihadirkan di Madame Tussauds Hong Kong. Ada juga patung lilin presiden Soekarno yang diresmikan pada 2014 silam. Jika kamu akan liburan ke Hong Kong, bisa lho mampir ke Madame Tussauds yang ada di The Peak Tower ini. Tiket masuknya adalah HKD265 untuk dewasa (bisa berubah sewaktu-waktu) dan kamu bisa puas berfoto dengan banyak tokoh populer dunia yang diabadikan dalam figur lilin di museum ini. Pergi yuk!

Pesan tiket ke Hong Kong disini