Dengan area perairan yang luas, Indonesia merupakan salah satu destinasi favorit bagi pecinta olah raga air seperti selancar. Selain Bali, Banyuwangi juga menjadi tempat yang pas untuk para peselancar. Jika kamu pernah mendengar tentang Pantai Plengkung di Banyuwangi, maka kamu juga tahu bahwa pantai ini juga disebut sebagai G Land karena pulau tempat pantai ini berada melengkung membentuk huruf G.

Tentunya Pantai Plengkung memiliki keunggulan yang unik. Selain sebagai tempat surfing kelas dunia, berikut adalah beberapa keunikan lain, yang dimiliki oleh pantai di ujung pulau Jawa ini.

1. Keindahan Alas Purwo yang Alami

source: http://anekatempatwisata.com
source: http://anekatempatwisata.com

Berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, menjadikan Pantai Plengkung terlindung dari kebisingan dan polusi. Hutan dan kawasan di sekitarnya masih terjaga agar tetap rimbun dan alami. Ini juga yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan karena mereka dapat menemukan ketenangan saat berada di alam bebas.

2. Pantai dengan Tiga Warna

source : http://www.gobanyuwangi.com/
source : http://www.gobanyuwangi.com/

Pantai Plengkung juga terkenal dengan kombinasi warna yang berada di sekitar pantainya. Pantai ini memiliki warna putih, hijau, dan biru. Pemandangan eksotis ini makin terlihat jelas jika dipotret menggunakan drone.

3. Rute Menuju Pantai Plengkung

Source: http://lifestyle.liputan6.com/
Source: http://lifestyle.liputan6.com/

Jalan menuju Pantai Plengkung bisa dikatakan cukup menantang. Jika kamu menuju pantai ini dari pos Perhutani, maka kamu akan menyusuri jalan aspal di 2 km pertama lalu jalan tanah di 8 km berikutnya. Di sepanjang perjalanan menuju Plengkung, seringkali ditemukan satwa liar seperti monyet, banteng, merak, atau jenis binatang lainnya.

4. Mata Air Awet Muda

Source : https://travel.detik.com/readfoto/2013/11/14/081516/2412539/1384/10/gua-istana-banyuwangi-konon-didatangi-soekarno
Source : https://travel.detik.com/readfoto/2013/11/14/081516/2412539/1384/10/gua-istana-banyuwangi-konon-didatangi-soekarno

Di area Pantai Plengkung juga terdapat goa yang memiliki sumber mata air. Salah satu goa yang terkenal adalah Goa Istana yang sumber mata airnya dipercaya memiliki khasiat untuk membuat seseorang tampak awet muda. Sebagaimana tempat wisata yang dianggap bertuah lainnya, pengunjung tidak diperkenankan melakukan pelanggaran adat saat berunjung ke goa ini.

Dengan pemandangan indah dan potensi pariwisata yang besar, Pantai Plengkung memang layak untuk kamu jadikan tujuan saat liburan. Jika hendak menggunakan pesawat, kamu bisa menuju Banyuwangi dari Surabaya atau Malang.

Gunakan promo dan kemudahan dari Pergi.com!