Pemesanan tiket pesawat secara online kini semakin digemari masyarakat. Mulai dari maskapai penerbangan hingga agen travel online semakin memudahkan kamu untuk membeli tiket pesawat murah ke berbagai destinasi.

Meski demikian, banyak yang masih belum paham cara membeli tiket pesawat secara online sehingga sering melakukan kesalahan saat pemesanan. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah kesalahan penulisan nama sehingga nama di tiket pesawat beda dengan KTP.

Jika nama yang tertera di tiket pesawat berbeda dengan KTP, kamu harus segera mengganti nama tersebut secepatnya. Meski hanya satu huruf, ada baiknya langsung diperbaiki karena ada banyak kerugian jika nama yang ada di tiket pesawat beda dengan KTP, seperti:

1. Dilarang Terbang

Saat akan memasuki area check in, kebanyakan bandara di Indonesia akan melakukan pengecekan terhadap penumpang. Kamu harus menunjukkan tiket pesawat dan KTP. Petugas akan mencocokkan nama yang tertera di tiket dengan nama di KTP.

Jika tidak cocok, petugas berhak melarang kamu memasuki area check in. Tak bisa check in artinya kamu tidak bisa terbang. Rencana liburan pun akan gagal total.

2. Tidak Bisa Check in

Jika pun kamu bisa lolos dari pemeriksaan petugas, namun saat check in di konter maskapai, petugas check in juga akan meminta KTP dan tiket untuk keperluan check in. Jika namanya berbeda, petugas tidak akan mengijinkan kamu check in sehingga kamu tidak bsia terbang.

Ada dasar hukum mengenai nama di tiket pesawat harus sama dengan di kartu pengenal, yaitu SK Menteri Perhubungan No. 14 Tahun 1989 tentang Keamanan Penerbangan, Bab II, Pasal 2 ayat 3 yang berbunyi ‘nama yang tercantum dalam tiket harus sesuai dengan identitas penumpang’.

3. Tidak Mendapat Asuransi

Jika terjadi sesuatu dalam penerbangan, kamu tidak berhak atas asuransi. Hal ini karena hanya penumpang pesawat dengan nama yang ada di dalam manifest yang bisa klaim asuransi jika terjadi hal buruk selama penerbangan. Jika nama kamu berbeda dari yang ada di tiket, sudah pasti nama kamu tidak ada di manifest dan tidak bisa menuntut maskapai jika terjadi sesuatu.

4. Tidak Mendapat Kompensasi

Jika karena suatu hal penerbangan mengalami delay, kamu yang mempunyai nama berbeda dengan KTP, tidak akan mendapatkan kompensasi delay dari maskapai. Selain itu, jika ada kasus bagasi hilang maupun rusak, kamu juga tidak bisa mengajukan klaim untuk ganti rugi karena basically nama kamu tidak terdaftar di manifest penumpang.

5. Dianggap Teroris

Jika terjadi kecelakaan pada penerbangan yang kamu naiki, kamu yang mempunyai nama yang tak sesuai dengan KTP bisa dicurigai sebagai terduga teroris lho! Meski terkesan agak ekstrim, namun hal ini diaminkan oleh General Affairs Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Yudhis Tiawan.