Bagi kamu yang akan melakukan penerbangan dengan rute internasional dari Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu dekat, jangan sampai salah terminal ya! Jika selama ini terminal keberangkatan rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta berada di Terminal 2D dan 2E, namun per Juli 2017 semua penerbangan internasional akan dipindah ke Terminal 3.

Dilansir dari laman Liputan6, Kementerian Perhubungan menargetkan seluruh penerbangan internasional yang ada Bandara Soekarno-Hatta akan dipindahkan ke Terminal 3. Untuk mencapai target tersebut, pihak PT Angkasa Pura II terus melakukan persiapan yang dibutuhkan. Meski demikian, perpindahan semua penerbangan internasional tidak akan dilakukan sekaligus, melainkan bertahap.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Sumber: Instagram @ jass_trix

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa tahap pertama pemindahan penerbangan internasional ke Terminal 3 akan dimulai dari penerbangan rute internasional milik maskapai Garuda Indonesia.

“Untuk internasional bertahap, tadi Pak Awal (Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin) sampaikan ada dua tahap. Kita akan upayakan April tahap pertama Garuda. Itu pindah dulu,” ujar Menhub di Tangerang, Banten, Senin (13/3/2017), seperti dikutip dari laman Liputan6.

Menurut Budi, penerbangan internasional dari maskapai-maskapai lainnya akan dilakukan pemindahan secara bertahap ke Terminal 3. Namun dia menargetkan semua proses perpindahan penerbangan internasional ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tersebut akan selesai pada Juli 2017.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Sumber: Instagram @ geo_putra

“Baru nanti akan pindah semua Juli,” tambahnya.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi pada 9 Agustus 2016 lalu. Maskapai Garuda Indonesia menjadi yang pertama melaku‚Äékan penerbangan perdana dari terminal baru ini. Kini, maskapai bintang 5 Indonesia ini juga sudah memindahkan semua penerbangannya ke Terminal 3.

Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga terminal, yaitu Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. Pembukaan Terminal 3 yang baru sempat membuat bingung banyak calon penumpang pesawat mengenai terminal keberangkatan dan alur di terminal tersebut. Diharapkan perpindahan penerbangan internasional ini nantinya akan diiringi dengan sosialisasi yang memadai sehingga calon penumpang tidak bingung ketika akan melakukan penerbangan.