Bagi kamu yang akan terbang dengan maskapai Garuda Indonesia untuk rute internasional, kamu harus tahu kalau per 1 Mei 2017 penerbangan internasional Garuda Indonesia pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sebenarnya, maskapai bintang lima Indonesia ini sudah beroperasi di Terminal 3 sejak Agustus 2016, namun hanya untuk penerbangan domestik. Dan per tanggal 1 Mei pukul 00.00 WIB, semua penerbangan internasional Garuda Indonesia pindah ke Terminal 3.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Terminal 3 Bandara Soekarn-Hatta – Sumber: Instagram @ andrebinarto

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan agar tidak bingung ketika akan terbang dengan Garuda Indonesia di terminal baru ini.

1. Gate Keberangkatan

Untuk penumpang kelas ekonomi bisa menggunakan Gate 2 di area keberangkatan. Sedangkan untuk penumpang kelas bisnis, first class dan juga pemegang GarudaMiles Platinum bisa menggunakan Gate 1.

2. Konter Check-in

Untuk Garuda Indonesia, area konter check in di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ada di Island A. Untuk penumpang kelas ekonomi bisa check in di konter nomor 14 – 26. Sedangkan untuk penumpang kelas bisnis, first class dan pemegang GarudaMiles Platinum bisa menggunakan konter premium Garuda Indonesia di Island A konter nomor 1 – 13.

3. Oversized Bagasi

Jika kamu membawa bagasi berukuran besar (oversized) bisa melakukan check in di Island A lalu menuju ke konter OOG yang ada di antara Island C dan juga D.

4. Waktu Check-in

Untuk konter check-in penerbangan internasional Garuda Indonesia akan ditutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan. Jadi pastikan kamu tidak terlambat untuk melakukan check-in agar tiket tak hangus.

5. Jalur Pemeriksaan Keamanan

Khusus untuk penumpang kelas bisnis, first class dan pemegang GarudaMiles Platinum bisa menuju jalur keamanan SkyPriority di sisi kanan sebelum area boarding room.

6. Imigrasi

Ada dua sistem yang diterapkan untuk penumpang warga Indonesia. Kamu bisa menggunakan self-service counter atau pemeriksaan manual oleh petugas imigrasi/

7. Boarding Lounge

Setelah melewati imigrasi, penumpang kelas ekonomi bisa turun dengan eskalator di sisi kiri ke boarding lounge yang ada di lantai 1. Sementara itu penumpang kelas bisnis, first class dan Platinum bisa menggunakan eskalator di sisi kanan untuk menuju Business Class Lounge Garuda Indonesia.

Penerbangan internasional pertama Garuda Indonesia dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta adalah rute Jakarta – Singapura dengan nomor penerbangan GA 824 yang berangkat pada 1 Mei 2017 pukul 06.10 WIB. Sedangkan landing perdana penerbangan internasional Garuda adalah rute Singapura – Jakarta dengan nomor penerbangan GA 823 pada pukul 08.15 WIB.

Jadi bagi kamu yang akan terbang dengan Garuda dalam waktu dekat untuk rute internasional jangan sampai salah terminal ya! Disarankan untuk datang ke bandara lebih cepat untuk menghindari terlambat check in dan ketinggalan pesawat.

Cek Tiket Pesawat Garuda Disini