Naik pesawat terbang kini sudah menjadi pilihan banyak orang untuk bepergian untuk urusan bisnis maupun wisata. Selain cepat dan nyaman, harga tiket pesawat juga semakin terjangkau. Saat ini, tiket pesawat biasanya berbentuk e-tiket sehingga tidak perlu diprint dan tidak takut hilang. Namun bagi yang membeli di agen tiket pesawat offline biasanya akan mendapatkan tiket yang diprint dan bisa dibawa saat hari keberangkatan untuk keperluan check-in. Lalu bagaimana jika tiket pesawat hilang? Bagaimana cara mengurus tiket pesawat yang hilang tersebut? Berikut ini Pergi.com bagikan cara mengurus tiket pesawat hilang agar mood liburan kamu tidak berantakan.

1. Jika Beli Tiket Pesawat Di Agen Travel Offline

tiket-pesawat

Jika kamu membeli tiket pesawat dari agen travel, biasanya kamu akan mendapatkan tiket pesawat yang sudah diprint. Di lembaran tiket tersebut tertera data penumpang, nomor booking, tanggal keberangkatan serta tujuan penerbangan. Kamu harus menyimpan tiket ini dengan baik karena lembaran kertas seperti itu bisa mudah hilang jika diletakkan sembarangan. Jika tiket tersebut hilang, berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan.

  • Hubungi travel agen tempat kamu membeli tiket untuk mengetahui apakah mereka masih menyimpan data pesanan tiket pesawat kamu. Jika masih ada, kamu bisa meminta mereka print tiket tersebut kembali atau kirim ke email kamu untuk dibawa saat ke bandara.
  • Kamu juga bisa menghubungi call center maskapai yang digunakan untuk mencetak kembali tiket yang tadi hilang. Biasanya hal ini akan dikenakan biaya tambahan namun tidak terlalu mahal. Kamu bisa menyebutkan kode booking maupun data pemesan serta tujuan penerbangan karena semua data penumpang pasti sudah tercatat di dalam sistem. Pihak maskapai nanti akan mengirimkan e-tiket atau kamu bisa mengambil tiket di kantor perwakilan di kota kamu.

2. Jika Beli Tiket Pesawat Online

beli-tiket-online

Saat kamu membeli tiket pesawat secara online, kamu akan dikirimi email berisi e-tiket pesawat yang dipesan. Informasi yang tertera di e-tiket meliputi kode booking, nama penumpang, tujuan serta waktu penerbangan. Kamu hanya perlu menunjukkan e-tiket pada petugas ketika akan check-in di bandara. Namun jika kamu kehilangan email yang berisi e-tiket tersebut, berikut cara mendapatkan kembali tiket pesawat yang hilang tersebut.

  • Buka folder ‘Bin’ di akun email kamu dan cari email yang berisi e-tiket yang dikirimkan saat kamu membeli tiket pesawat tersebut.
  • Jika tidak ada, kamu bisa membuka website tempat kamu membeli tiket tersebut, log in ke akun kamu dan lihat histori pemesanan. Disitu kamu bisa melihat tiket yang sudah dibeli dan bisa request kirim e-tiket ke email kamu lagi.
  • Cara lain adalah dengan menghubungi customer service website tempat kamu membeli tiket pesawat tersebut. Meski kamu tidak ingat kode booking tiket pesawat yang kamu beli, namun dari database website bisa ditemukan histori pembelian. jadi kamu bisa request lagi untuk dikirimi e-tiket ke email kamu.

Agar liburan kamu tak berantakan, ada baiknya untuk menyimpan tiket pesawat yang sudah dibeli dengan baik. Meski mengurus tiket pesawat hilang tidak terlalu sulit, namun tentu akan menyita waktu dan pasti membuat kamu panik. Oleh karena itu, simpanlah tiket pesawat di tempat yang aman, jika perlu catat kode booking di tempat lain agar memudahkan meminta tiket kembali ketika kamu menghilangkan tiket yang sudah dibeli. Sudah siap untuk terbang? Yuk beli tiket pesawatnya di Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 untuk kamu semua lho! Ada juga diskon hotel 10% untuk hotel dimana saja dan periode menginap kapan saja. Seru kan? Pergi yuk!

Ada Diskon 100rb Disini