Sumber: Instagram @matahati46

Daerah Jawa Timur terkenal memiliki banyak pantai cantik yang bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Jika kamu ingin mengunjungi pantai yang memiliki pasir putih, bisa snorkelling sampai keliling dengan menggunakan perahu layar, Pantai Pasir Putih Situbondo bisa jadi pilihan yang paling pas. Pantai yang terletak di Dusun Kembangsari, Pasir Putih, Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur ini menawarkan sejuta pesona yang dijamin buat kamu betah berlama-lama di pantai ini.

Indahnya Pantai Pasir Putih Situbondo


Pantai Pasir Putih yang terletak di Kabupaten Situbondo ini memiliki panorama yang menakjubkan. Topografi pantai ini termasuk unik karena bentuknya melengkung ke arah laut lepas. Pantai ini memiliki air yang jernih dan bentangan pasir putih yang bersih.

Di pinggir pantai, terdapat hutan yang membuat suasana di sekitar pantai ini begitu asri dan sejuk. Barisan pohon cemara, kelapa dan juga pohon jati siap menyapa kamu yang berlibur di pantai ini. Selain itu, di dalam hutan ini ada banyak satwa liar yang hidup di dalamnya. Misalnya saja kera hitam yang sering terlihat di pepohonan maupun jalan masuk pantai ini. Ada juga berbagai burung yang terdengar berkicau dari dalam hutan yang menambah keeksotikan pantai ini.

Baca Juga :

Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu layar yang menjadi ciri khas Pantai Pasir Putih Situbondo ini untuk berlayar ke tengah laut dan menikmati keindahan pantai ini dari sudut yang berbeda. Karena air laut di pantai ini yang jernih, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini dari atas perahu lho!

Biaya untuk menyewa kapal ini bervariasi, biasanya berkisar Rp 75.000 – Rp 100.000. Di sore hari, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan sunset yang begitu cantik dari pantai ini.

Snorkeling dan Diving di Pantai Pasir Putih


Pesona bawah laut di Pantai Pasir Putih Situbondo sangat menarik. Terdapat terumbu karang dengan radius hingga empat kilometer. Arus laut yang tenang membuat pantai ini spot snorkelling dan diving yang menarik. Terdapat lima gugusan terumbu karang di pantai ini.

Tiga gugusan terumbu karang terletak di dekat tepi pantai dan berdekatan satu sama lainnya, yaitu Watu Lawang, Teluk Pelita dan Karang Manyit. Terumbu karang yang ada disini bisa ditemukan di kedalaman yang bervariasi, mulai dari 3 meter hingga 15 meter. Disini kamu bisa melihat koral dalam berbagai warna, spons dan hewan laut tembus pandang.

Dua gugusan terumbu karang lainnya berada lumayan jauh dari pantai, yaitu Takat Palapa dan Kembangsambi. Kamu harus naik perahu motor selama 2 jam terlebih dahulu untuk menuju spot ini. Disini, kamu bisa menemukan siput laut dan berbagai jenis ikan dengan garis merah, putih dan biru yang berenang bebas di dekat terumbu karang.

Jika beruntung, kamu juga bisa melihat penyu sisik disini.Jika kamu tidak baa perlengkapan snorkelling, kamu bisa menyewa peralatan tersebut dengan biaya Rp 50.000.

Cara Menuju Pantai Pasir Putih Situbondo

Letak pantai ini sangat strategis yaitu berada di jalur Surabaya – Banyuwangi, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan. Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Surabaya dengan menggunakan bus dari Terminal Bungurasih. Namun, jika kamu jalan dari Situbondo, diperlukan hanya 40 menit untuk sampai ke pantai ini dengan menggunakan angkutan umum.

Tiket masuk ke Pantai Pasir Putih Situbondo ini juga sangat terjangkau, yaitu Rp 6.000 per orang belum termasuk parkir kendaraan. Yuk segera rencanakan liburan kamu ke Pantai Pasir Putih Situbondo dan booking tiket pesawat ke Surabaya sekarang juga di Pergi.com. Pergi yuk!

Tiket Murah ke Surabaya