Mudik saat hari raya Idul Fitri merupakan keinginan banyak orang, terutama yang bekerja di ibukota dan sudah lama tak balik ke kampung halaman. Karena banyaknya orang yang mau mudik, harga tiket angkutan umum untuk mudik pun juga semakin mahal. Bahkan ada yang sudah ludes terjual jauh sebelum lebaran tiba, misalnya tiket kereta api yang memang menjadi salah satu moda transportasi favorit untuk mudik. Selain itu, tiket pesawat untuk mudik juga semakin mahal mendekati hari H lebaran. Namun jangan khawatir! Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan mudik gratis ke berbagai daerah di tahun 2017 ini!

Ada kenaikan hingga 50% untuk jumlah pemudik yang akan diberangkatkan secara gratis oleh Kemenhub tahun 2017 ini. Jika tahun 2016 Kemenhub memberangkatkan total 132.943 orang secara gratis, namun di tahun 2017 ini angka tersebut akan bertambah menjadi 208.435 orang. Sebagai informasi, titik awal pemberangkatan mudik gratis ini adalah dari Jakarta menuju berbagai daerah di Pulau Jawa dengan menggunakan jalur darat dan juga laut. Tidak hanya untuk penumpang orang, mudik gratis juga berlaku untuk motor. Akan ada 44.000 motor yang akan diberangkatkan gratis dan akan diangkut dengan menggunakan kereta api, kapal dan juga truk. Jumlah ini juga bertambah dari tahun lalu yang hanya 17.000 motor.

mudik
Sumber: http://regional.kompas.com/read/2016/07/07/15144531/ini.daftar.17.orang.yang.meninggal.dalam.arus.mudik.di.brebes

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan akan ada perbedaan keberangkatan untuk bus penumpang dan juga truk yang mengangkut motor. Jika bus yang mengangkut pemudik gratis akan berangkat pada 22 Juni 2017 dengan titik keberangkatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), truk pengangkut motor berangkat pada 21 Juni 2017 dengan masa loading 19 – 20 Juni 2017.

Kota tujuan mudik gratis dari Kemenhub ini ada 29 kota, yaitu: Kuningan, Garut, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Ciamis, Pemalang, Pekalongan, Purwokerto, Demak, Semarang, Kudus, Jepara, Pati, Magelang, Blora, Klaten, Yogyakarta, Purwodadi, Salatiga, Solo, Boyolali, Wonogiri, Wonosari, Cilacap, Sragen, Kebumen, Temanggung dan Wonosobo.

Tak hanya untuk arus mudik, Kemenhub juga menyediakan mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta. Meski demikian, kota keberangkatan untuk arus balik gratis ini tak sebanyak saat arus mudik. Ada delapan kota keberangkatan untuk arus balik, yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Kudus, Cirebon, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

mudik
Sumber: https://m.tempo.co/read/news/2012/07/12/151416508/tiket-kereta-mudik-bojonegoro-jakarta-ludes

Untuk moda transportasi darat, yaitu bus untuk pemudik dan truk untuk motor, pendaftaran secara online dan juga offline dilakukan pada 18 Mei – 16 Juni 2017. Untuk moda transortasi laut, pendaftaran dilakukan secara online pada 29 Mei hingga 2 hari sebelum pemberangkatan. Untuk pemudik sepeda motor yang ingin menggunakan kereta api, pendaftaran online dibuka sejak 15 Februari – 14 Juni 2017.

Untuk pendaftaran mudik gratis dari Kemenhub bisa dilakukan secara online melalui website http://mudikgratis.dephub.go.id/frontend/web/ atau via offline dengan mendatangi Gor Bulungan Blok M dan Kantor Dishub di Depok, Tangerang dan juga Bekasi. So, bagi kamu yang ingin mudik gratis dari Kemenhub, segera daftarkan diri dan jangan lupa untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan ya! Di Pergi.com juga masih ada lho diskon tiket pesawat 10% hingga maksimal diskon Rp 500.000 untuk tiket pesawat ke semua tujuan dan tanggal keberangkatan. Jika ingin mudik naik pesawat, beli tiketnya di Pergi.com ya. Pergi yuk!

Tiket Mudik Murah