Momen pergantian tahun tinggal hitungan hari. Kota-kota besar di Indonesia sudah punya agenda masing-masing untuk perayaan tahun baru yang biasanya diisi dengan panggung hiburan dan pesta kembang api. Jika perayaan tahun baru di Bandung berpusat di Jalan Asia Afrika, malam tahun baru Jakarta dipusatkan di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Kawasan wisata Ancol memang selalu menjadi titik berkumpul masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun.

Namun, untuk memecah jumlah titik kumpul masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menggelar car free night di sepanjang Jalan Sudirman – MH Thamrin pada Sabtu (31/12/2016) hingga Minggu (1/1/2017). Acara ini akan dimulai pada pukul 17.00 WIB dan berakhir pada pukul 02.00 pagi. Kendaraan bermotor tidak dapat melintas di sepanjang Jalan Sudirman – MH Thamrin saat car free night diadakan. Jalan Sudirman dan Thamrin nantinya akan ditutup secara bertahan mulai pukul 17.00 WIB dan ditutup secara total pada pukul 18.00 WIB. Nantinya, akan ada banyak petugas polisi yang mengarahkan kendaraan yang ingin menuju ke gedung yang ada di jalan ini melalui jalan alternatif.

Car free night jakarta
Sumber: http://ntmcpolri.info/info-car-free-night-malam-tahun-baru-dki-jakarta/

Selain car free night, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan empat panggung hiburan untuk menghibur masyarakat yang hadir di acara tahunan ini. Rencananya, pangung hiburan nantinya akan ada di pintu sisi barat Monumen Nasional (Monas), di depan Hotel Mandarin, di depan Mal fX dan di depan Bendungan Hilir. Namun, lokasi panggung hiburan ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi di lapangan. Terutama karena adanya pengerjaan proyek Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) di sepanjang jalan protokol di Jakarta ini.

“Cari tempat aman, enggak di tempat proyek besar. Car Free Night atau apa silakan, hiburan rakyat panggung kesenian tradisional, silakan masing-masing improvisasi. Hanya saja Ancol menjadi titik pusatnya. Saya di Ancol dan kemungkinan menginap di sana karena macet enggak bisa kemana-mana pukul 12 malam,” ujar Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono di Jakarta Selatan, Selasa (20/12/16), seperti dikutip dari laman Tiga Pilar News.

pesta kembang api

Soni juga mengatakan, gelaran car free day (CFD) yang biasanya diadakan setiap minggu akan ditiadakan pada tanggal 1 Januari 2017. Acara ini ditiadakan karena sudah ditukar dengan pelaksanaan car free night pada malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2016).

“(Minggu) paginya kosong, enggak ada (CFD),” kata Sumarsono, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016), seperti dikutip dari laman Kompas.