Dikenal sebagai kota industri, ternyata Tangerang juga memiliki banyak destinasi alam menarik yang bisa jadi tujuan liburan kamu berikutnya. Salah satu destinasi wisata Tangerang yang menjadi favorit masyarakat sekitar dan juga pelancong dari luar daerah adalah Pantai Tanjung Pasir yang berada di Kecamatan Teluk Naga atau sekitar 25 km dari pusat Kota Tangerang. Pantai yang ada di pesisir utara tangerang ini memiliki pemandangan yang menawan, dengan airnya yang jernih dan ombak yang tenang sehingga kamu bisa berenang atau sekedar main air di pantai ini.

Tak seperti pantai-pantai wisata yang umumnya dikelola oleh Dinas Pariwisata setempat, Pantai Tanjung Pasir Tangerang ini dikelola oleh TNI AL. Kamu akan disambut gerbang masuk dengan tulisan Posal TNI AL saat memasuki wilayah pantai. Informasi terbaru menyebutkan tiket masuk ke pantai ini adalah Rp 15.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil. Fasilitas yang ada di pantai ini juga bisa dibilang komplit. Mulai dari ketersediaan lahan parkir yang luas (bahkan kamu bisa parkir inap disini namun dengan biaya tambahan, in case kamu ingin menginap di Pulau Untung Jawa yang ada di Kepulauan Seribu), kamar bilas, toilet dan juga mushola. Ada juga banyak warung makan yang menyediakan berbagai menu sea food sehingga kamu tak perlu takut jika kehabisan bekal saat main ke pantai ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini selain berenang atau sekedar main air. Berikut ini ada rekomendasi 3 kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan ketika berwisata ke Pantai Tanjung Pasir Tangerang ini.

1. Menyeberang ke Pulau Untung Jawa

sunset di pantai tanjung pasir
Sumber: Instagram @kharis.27
Di bibir pantai kamu bisa dengan mudah menemukan kapal penumpang yang menunggu penumpang yang ingin menyeberang ke Pulau Untung Jawa yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Meski Kepulauan Seribu terletak di Jakarta, namun ternyata dari pantai ini jauh lebih dekat jika ingin menuju Pulau Untung Jawa daripada pergi dari Ancol. Biaya untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa terbilang terjangkau, yaitu hanya Rp 50.000 per orang PP. Di Pulau Untung Jawa, kamu bisa menemukan pantai yang indah, dengan pasir putih dan air laut yang biru dan jernih plus udara yang segar jauh dari polusi khas perkotaan. Jika kamu ingin menuju pulau lain di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Bidadari dan pulau-pulau lainnya juga bisa. Tapi biayanya lebih mahal karena harus menyewa satu kapal yang bisa menampung 25-40 orang dengan harga sewa kurang lebih Rp 2.500.000 per kapal.

2. Mengunjungi Penangkaran Buaya

penangkaran buaya tangerang
Sayang rasanya jika main ke Tanjung Pasir tanpa mampir ke penangkaran buaya yang letaknya kurang lebih 2 km dari pantai ini. Dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang (harga bisa berubah tergantung kebijakan pengelola), kamu sudah bisa melihat berbagai jenis buaya yang ada di dalam penangkaran ini. Meski tidak ada atraksi khusus, namun melihat berbagai buaya dengan berbagai ukuran sedang bersantai ria tentu bukan pemandangan yang bisa dinikmati setiap hari bukan? Jika beruntung, kamu bisa melihat saat pawang memberi makan para buaya, sehingga kamu bisa melihat hewan ini bergerak untuk mengejar makanan. Selain itu, kamu juga bisa melihat buaya putih di penangkaran ini. Seru kan!

3. Melihat Pesawat

maskapai garuda indonesia
Posisi Pantai Tanjung Pasir Tangerang ini relatif dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta, jadi kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil menikmati pemandangan pesawat yang landing dan juga take off dari bandara ini.

Buat kamu yang mencari detinasi wisata menarik untuk liburan singkat, ke Tangerang yuk!

Pantai Tanjung Pasir Tangerang memang pilihan wisata yang murah meriah, namun keindahan pantai ini tentu bisa bantu kamu melepas penat dari kegiatan sehari-hari bukan! Untuk kamu yang mencari destinasi wisata menarik untuk liburan singkat, pantai indah di Tangerang ini bisa jadi pilihan. Pergi yuk!