Sumber: Instagram @widyapanatabumi

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore

Kampung warna warni memang sedang hits di beberapa kota di Indonesia, seperti kampung warna warni Jodipan di Malang, Semarang dan juga Balikpapan.

Tak ingin ketinggalan, Bogor juga punya kampung warna warni lho! Kampung yang berada di RT 04/09 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur ini berada di bantaran anak sungai pecahan bendungan Katulampa. Dulunya kampung ini termasuk kumuh, namun atas inisiatif sekelompok remaja untuk menata kampungnya menjadi lebih cantik tercetuslah ide untuk mengecat sejumlah rumah di kampung tersebut dengan menggunakan cat yang warna warni.

promo hotel pergicom
Diskon Hotel up to 300rb

Berbeda dari kampung warna warni lainnya yang mendapat bantuan cat dari pemerintah setempat maupun program CSR dari perusahaan tertentu, cat yang digunakan untuk mengecat rumah warga di Katulampa ini merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar yang dilakukan demi menata kampung mereka.

Awalnya hanya rumah yang dicat warna-warni, namun semakin lama semakin diperluas hingga irigasi dan tebingan pinggir sungai juga dicat warna warni. Selain itu, ada juga berbagai mural cantik yang menghiasi dinding rumah warga.

Tujuan Wisata Murah Meriah

A post shared by Sah Ronz (@aysahronz) on

Setelah dicat warna warni, banyak masyarakat dari luar daerah yang mengunjungi kampung warna warni Katulampa ini untuk berburu foto. Banyaknya orang yang mengupload dan share foto kampung warna warni ini membuat semakin banyak orang yang berkunjung. Saat ini, belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung yang datang ke kampung warna warni Katulampa Bogor ini, sehingga kamu bisa bebas menyusuri gang-gang di kampung ini dan berburu foto sampai puas.

Baca Juga:  Ini 5 Lokasi Seru Rayakan Malam Tahun Baru di Indonesia

Selain itu, kamu juga bisa nostalgia dengan memainkan permainan tradisional yang disediakan di kampung ini secara gratis, seperti engrang, congklak dan galasin (gobak sodor). Hal ini karena pemuda setempat juga menyulap ruang terbuka di kampung ini menjadi arena untuk permainan tradisional serta perpustakaan yang terbuka gratis bagi pengunjung.

River Tubing Seru


Selain menyusuri gang-gang di kampung warna warni Katulampa Bogor, pengunjung juga bisa bermain air di sungai yang merupakan pecahan dari Kali Ciliwung tersebut dengan menggunakan ban atau istilah kerennya river tubing. Aktivitas main air ini aman untuk anak-anak karena tersedia arus ringan dan dangkal, ada juga arus yang lumayan deras dan paling asyik dinikmati dengan menggunakan ban karet.


Penginapan Murah di Bogor

Datang dari luar kota untuk kunjungi destinasi ini?
Temukan pilihan hotel murah di Bogor dengan harga mulai Rp 300.000 di Pergi.com

Hotel di Bogor


Setiap sore, biasanya terlihat ramai keluarga yang berkunjung untuk sekedar main air bersama anak-anaknya. Jika tak memiliki ban, penyewaan ban untuk river tubing di kampung warna warni Katulampa Bogor ini hanya Rp 10.000 lho! Tersedia fasilitas wc dan ruang ganti bagi kamu-kamu yang asyik bermain air di kawasan kampung warna warni ini.

Cara menuju Kampung Warna Warni Katulampa


Akses menuju kampung warna warni Katulampa Bogor ini terbilang sangat mudah, sekitar 5 kilometer dari Terminal Baranangsiang yang ada di pusat Kota Bogor. Selain itu, lokasi kampung warna warni di berada dalam jalur wisata belanja dan wisata argo yang ada di Jalan Raya Tajur. Jadi kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata di saat bersamaan.

So, bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan masih belum tahu weekend mau kemana, boleh banget nih mampir ke kampung warna warni Katulampa Bogor ini! Selain dekat dari Jakarta dan mudah dicapai, kamu juga bisa berburu foto seru sekalian refreshing diri tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Pergi yuk!

Baca Juga:  Ini 7 Destinasi Wisata yang Ada di Uang Rupiah Baru!
cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%
cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil