Designed by Freepik

Akhir minggu di bulan September 2017 ini long weekend kembali menyapa. Sudah ada rencana mau liburan kemana? Atau ada yang ingin refreshing tapi terganjal biaya liburan yang kadang lumayan mahal? Jangan khawatir! Kamu masih bisa kok liburan murah keluar kota berbekal ratusan ribu.

promo hotel pergicom
Diskon up to 150rb

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan ingin ‘lari’ sebentar dari penatnya ibukota di long weekend kali ini (21 – 24 September 2017), ke Banten yuk! Kota yang hanya berjarak sekitar 120 km dari Jakarta ini bisa dicapai dengan menggunakan KRL maupun bus dan menyimpan banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Berikut ada 6 destinasi wisata Banten yang bisa jadi tujuan wisata kamu di long weekend kali ini.

1. Festival Tanjung Lesung 2017


Festival yang diadakan pada 22 – 24 September 2017 di Tanjung Lesung Resort, Pandeglang – Banten ini bisa jadi acara yang pas mengisi long weekend, terutama bagi kamu pecinta olahraga. Hal ini karena Festival Tanjung Lesung 2017 mengangkat wisata bahari sekaligus sport dengan berbagai pilihan acara menarik, seperti:

  • Rhino x Triathlon yang merupakan Cross Triathlon pertama di Indonesia dengan hadiah total Rp 220,5 juta
  • Pandeglang 10K
  • Lomba foto 7 Wonders of Banten Exhibition dengan hadiah total Rp 13,5 juta
  • Festival Bebegig dan Kolecer dengan hadiah total Rp 64 juta untuk berbagai kategori
  • Festival Kuliner & Handicraft Banten
  • Panggung Seni & Budaya
  • Sunset Trail Run
  • MTB XC Marathon
  • Joy Sailing gratis
  • Paddle Board gratis
  • Kayak gratis

2. Pantai Anyer

A post shared by shegheet_7 (@shegheet_7) on


Pantai yang satu ini termasuk dalam destinasi wisata Banten yang paling populer di kalangan masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar daerah, terutama dari Jakarta. Pantai yang terletak di Kabupaten Serang ini mudah dijangkau, memiliki pasir putih dan pemandangan yang mempesona. Di pantai ini pengunjung bisa berenang, surfing, menyelam, menikmati seafood di pinggir pantai hingga menikmati berbagai olahraga air yang tersedia.

3. Kampung Baduy

A post shared by Azad Gumay (@gumaylagi) on


Ingin pengalaman wisata yang sedikit beda? Coba ikut tur ke Kampung Baduy. Disini kamu bisa menemui Suku Baduy yang merupakan suku tradisional Sunda yang masih mempertahankan nilai-nilai tradisional hingga kini.

Open Trip ke Kampung Suku Baduy biasanya terbagi dalam dua sesi, yaitu mengunjungi suku Baduy luar dan Suku Baduy Dalam. Tak hanya belajar mengenai budaya dan sejarah, kamu juga bisa menikmati keindahan alam di Kampung Baduy yang masih terjaga. Kampung Suku Baduy terdapat di Desa Cibodas Kabupaten Lebak, Banten atau berjarak sekitar 40 km dari Rangkas Bitung.

4. Arung jeram Sungai Ciberang

A post shared by BANTEN (@bantengeh) on


Keluarkan semua stres dengan memacu adrenalin di derasnya Sungai Ciberang. Sungai yang berada di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Godong, Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki beberapa jalur arung jeram yang bisa untuk pemula (sejauh 700 meter) dan tersedia juga track pemacu adrenalin sejauh kurang lebih 25 km yang ditempuh selama 5 jam. Berani?


Penginapan Murah di Tangerang, Banten

Datang dari luar kota untuk kunjungi destinasi ini?
Temukan pilihan hotel murah di Tangerang, Banten dengan harga mulai Rp 300.000 di Pergi.com

Hotel di Tangerang, Banten


Bukan hanya memacu adrenaline saat mengarungi sungai dengan arus yang lumayan besar ini, perjalanan menuju sungai ini juga tidak mudah karena kamu harus melewati jalan yang cukup terjal dan berkelok-kelok.

Namun selama perjalanan kamu akan ditemani rindangnya pepohonan dan pemandangan yang menyejukkan mata. Ada banyak operator arung jeram di Sungai Ciberang dan harganya bervariasi. Ada yang menyediakan layanan antar jemput PP dari Serang ke sungai ini, ada yang on the spot dengan harga yang bervariasi.

5.Taman Nasional Ujung Kulon

A post shared by Joorney (@joorney) on


Suka dengan alam dan berbagai flora fauna asli Indonesia wajib banget mengunjungi Taman Nasional Komodo yang masuk dalam Natural World Heritage Site versi UNESCO pada tahun 1991. Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung paling barat Pulau Jawa atau tepatnya berada di Kecamatan Sumur dan Cimanggu Kabupaten Pandegelang, Banten.

Taman nasional ini memiliki luas 122.956 Ha yang 443 km² merupakan laut. Disini kamu bisa melihat Badak Jawa yang merupakan hewan terancam punah di Indonesia. Ada juga banyak flora fauna lainnya yang bisa ditemui di taman nasional ini. Tiket masuknya murah lho! Hanya Rp 5.000 per orang di hari biasa dan Rp 7.500 di hari libur.

6. Pulau Peucang

A post shared by Akang Drone Aerial (@kangdrone) on


Pulau cantik ini bisa jadi destinasi selanjutnya setelah kamu main ke Taman Nasional Ujung Kulon. Lokasi pulau yang berdekatan dengan Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki luas sekitar 450 hektar. Terdapat prasaraan lengkap untuk menunjang wisatawan yang berlibur ke pulau ini, seperti penginapan, pusat informasi, penginapan dan sebagainya.

Di pulau ini ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan. Misalnya bersantai di pantai berpasir putih yang begitu luas dan lembut, berair jernih dan berwarna biru serta terumbu karang yang menawan. Bisa juga tracking ke Karang Copong, berenang, snorkeling dan juga menyelam. Ada juga aktifitas wildlife viewing yang bisa dinikmati dengan menyeberang ke padang penggembalaan Cidaon dimana kamu bisa melihat hewan seperti banteng, rusa, babi hutan dan merak beraktifitas. Pulau yang dijuluki surga terpencil di Taman Nasional Ujung Kulon ini

Karena liburan tak harus selalu mahal apalagi ke luar negeri, liburan long weekend kali ini yuk liburan ke kota terdekat! Banten, Bandung, Cirebon, Lampung hingga Belitung bisa jadi pilihan wisata murah di long weekend kali ini. Yuk segera persiapkan diri mau jalan kemana! Dan jangan lupa ajukan cuti di tanggal 22 September untuk nikmati long weekend yang sebenarnya. Pergi yuk!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%