Saat liburan di suatu tempat, hal paling dasar yang harus kamu lakukan adalah menghormati budaya, adat istiadat serta kebiasaan masyarakat setempat. Di negara maju sekalipun tentu ada budaya masyarakat setempat yang harus kamu hormati. Malaysia misalnya. Ada banyak wisatawan asal Indonesia yang liburan ke negara ini, terutama ke Kuala Lumpur. Kota Kuala Lumpur sebenarnya sangat bersahabat untuk turis mancanegara, namun tetap ada hal yang harus kamu perhatikan agar liburan kamu semakin asyik.

Jika kamu berencana liburan di Kuala Lumpur, berikut ini ada 5 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat liburan di Kuala Lumpur ya!

1. Melewatkan Makan di Hawker

tips-terbang-3
Hawker atau pusat jajanan kaki lima bisa kamu temukan di hampir setiap sudut kota Kuala Lumpur. Jangan segan apalagi takut untuk makan di stall-stall makanan kaki lima ini ya! Meski tampilannya biasa saja, namun pedagang makanan kaki lima di Kuala Lumpur biasanya banyak menawarkan makanan dan minuman khas Malaysia dengan harga miring. Coba mampir ke Chinatown di Kuala Lumpur untuk cicipi Laksa, chicken rice dan kuliner sedap lainnya.

2. Kontak Fisik Berlebihan di Publik

tips liburan Kuala Lumpur
Kebanyakan warga lokal di Kuala Lumpur adalah Muslim konservatif yang melarang peluk dan cium bagi yang bukan pasangan. Bahkan ada tanda dilarang berciuman dan pelukan yang ditempel di kereta komuter, bus dan juga taksi. Sekedar berpegangan tangan mungkin tidak masalah, tapi tetap mind your attitude ketika berada di area publik ya!

3. Naik Taksi Tanpa Argo

tips liburan Kuala Lumpur
Di Malaysia pun banyak terdapat taksi yang tidak memiliki argo. Hindari naik taksi jenis ini karena biasanya supir akan mematok harga yang mahal untuk sampai ke tujuan.

4. Tidak Melepas Sepatu Saat Masuk Rumah Ibadah

tips liburan Kuala Lumpur
Di Kuala Lumpur, masyarakatnya terbiasa membuka alas kaki ketika masuk ke rumah ibadah maupun rumah-rumah warga lokal. Hal ini untuk menunjukkan penghormatan dan rasa sopan terhadap pemilik rumah dan juga rumah ibadah. Selain itu, jangan menggunakan celana pendek, tanktop, maupun baju tanpa lengan ketika masuk ke Masjid, Candi dan juga Batu caves.

5. Lupa Membawa Tissue

tips liburan Kuala Lumpur
Meski kecil, namun sebungkus tissue bisa menyelamatkan kamu dari berbagai hal yang kurang mengenakkan. Misalnya saat menggunakan toilet umum di berbagai tempat di KL, makan di kaki lima dan masih banyak lainnya.

Saat liburan, hal paling dasar yang harus kamu lakukan adalah menghormati budaya, adat istiadat serta kebiasaan masyarakat setempat.

Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung merupakan peribahasa yang tepat untuk selalu menghormati budaya dan kebiasaan masyarakat setempat, dimana pun kamu berada. Yuk segera siapkan tiket pesawatmu ke Kuala Lumpur! Beli sekarang juga di Pergi.com dan nikmati waktu santai berlibur di Kuala Lumpur. Pergi yuk!