Sumber: Instagram @festival_of_light_kaliurang

Libur lebaran dan cuti bersama yang berlangsung tanggal 23 – 30 Juni 2017 membuat banyak orang memiliki waktu untuk liburan bersama keluarga. Momen lebaran juga bisa menjadi saat yang pas untuk membawa anggota keluarga rekreasi bersama ke destinasi wisata menarik yang ada di setiap daerah.

Jika kamu berencana menghabiskan libur lebaran ke Jogja, yuk catat tanggal dan lokasi 7 acara hiburan dan atraksi yang disediakan oleh Dispar Yogyakarta berikut ini.

1. Festival of Light Kaliurang

A post shared by BURHAN WIDYATMAKA (@burhanwdy) on


Acara yang bertema ‘Gemerlap Ramadhan’ ini berada di gardu pandang Boyong Kaliurang, lereng Gunung Merapi, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Festival of Light Kaliurang ini terselenggara berkat kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dengan PT Cikal Bintang Bangsa (pengelola Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali). Acara Festival of Light Kaliurang ini berlangsung 45 hari, yaitu sejak tanggal 16 Juni 2017 hingga 31 Juli 2017. Disini kamu bisa menemukan berbagai bentuk lampion cantik. seperti bentuk hewan, pohon, bunga dan masih banyak lainnya. Ada juga banyak instalasi lampu-lampu cantik yang disusun dengan begitu indah. Selain itu juga ada kuliner modern dan tradisional yang bisa ditemukan di acara ini.

promo hotel pergicom
Diskon up to 150rb

Selain berfoto dengan instalasi lampu yang menarik, pengunjung juga dimanjakan dengan kehadiran Dancing Fountain yang disebut-sebut baru pertama kali ada di Jogja. Atraksi ini meliputi air yang terlihat bergerak menari sesuai dengan iringan lagu disertai dengan water screen, laser dan juga semburan api. Atraksi ini dilakukan dalam 4 sesi di setiap harinya, yaitu pukul 19.30, 20.30, 21.30 dan 22.30 WIB. Festival of Light Kaliurang ini buka pukul 17.00 – 22.00 WIB (weekday) dan 17.00 – 23.00 WIB (weekend) dengan harga tiket masuk Rp 25.000 (weekday) dan Rp 30.000 (weekend).

2. Pentas Seni

A post shared by yasinta laiila (@yasintart) on


Selain itu akan ada pentas seni yang diadakan di banyak tempat, seperti di Pantai Baru. Pantai Baru yang terletak di Jalur Lintas Selatan, Bantul, Yogyakarta ini merupakan salah satu pantai cantik yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Pantai ini memiliki keunikan karena ada puluhan kincir angin yang merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) di Pantai Baru ini. Selain kincir angin, pantai yang baru diresmikan sebagai objek wisata pada Mei 2010 ini juga memiliki pohon cemara yang rindang nan teduh. Di pantai ini akan diadakan pentas seni yang akan digelar 27 Juni – 2 Juli 2017 yang dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Pentas seni juga akan diadakan di Goa Cemara dan Goa Selarong pukul 10.00 WIB -13.00 WIB di tanggal yang sama. Akan ada juga pentas seni di Panggung Kaliurang pada 26 Juni – 2 Juli 2017 pukul 09.00 – 16.00 WIB. Di Pantai Glagah juga akan diadakan pentas lebaran kesenian tradisional pada 27 Juni 2017 nanti.

3. Pentas Sendratari Ramayana Spesial Lebaran


Ada rencana liburan ke Candi Prambanan? Akan ada acara menarik juga lho di Candi Prambanan saat momen libur lebaran 2017 kali ini. Akan ada pentas sendratari Ramayana spesial lebaran di Open Stage Theater Prambanan. Acara ini akan diadakan pada 25 – 30 Juni 2017 pukul 19.30 – 21.30 WIB. Di siang hari akan ada berbagai atraksi menarik untuk menghibur pengunjung di area Taman Wisata Candi Prambanan, seperti Jatilan, pentas musik, dolanan tempoe doeloe, exhibition batik, pameran kepurbakalaan dan jalur payung teduh.

4. Hiburan di Candi Ratu Boko


Candi Ratu Boko juga memiliki aneka acara hiburan untuk musim libur lebaran 2017 kali ini. Akan ada banyak acara menarik, diantaranya pertunjukan musik keroncong, jalur payung teduh, musik campur sari, cokekn, srandul, gejug lesung, elektune dan wanara. Acara ini digelar area Taman Wisata Candi Ratu Boko pada 25 Juni – 2 juli 2017.

5. Pentas Kangen Jogja


Acara Pentas Kangen Jogja merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap satu bukan sekali dengan menampilkan kolaborasi seni unggulan dari setiap kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. Acara ini sudah berlangsung sejak Maret 2017 dan untuk bulan Juni akan diadakan pada 24 Juni 2017 bertempat di Monumen Serangan Umum 1 Maret. Dari 10 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta, Kecamatan Pakualam dijadwalkan akan tampil pada bulan Juni ini.

6. Bakdo Kupat


Tradisi Bakdo Kupat atau lebaran ketupat merupakan acara yang diadakan pada H+7 hari raya Idul Fitri sebagai tanda dan wujud syukur berakhirnya puasa Sunnah 6 hari di bulan Syawal. Pada hari ini menu masakan yang disajikan akan serba ketupat dengan lauk pendukung yang dijamin buat lapar Ada opor ayam, sambal goreng kentang, sambal goreng ati dan sebagainya. Bakdo Kupat pada tahun 2017 ini akan diadakan di Pandeyan pada tanggal 2 Juli 2017.

7. Jatilan dan Campur Sari

A post shared by SGKM (@sgkm_crew) on


Buat kamu yang akan liburan di daerah Gunungkidul, akan ada atraksi Jatilan dan campur sari yang akan diadakan di Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Watulumbung, Pantai Ngobaran, Kali Suci, Sri Gethuk dan Nglanggeran. Atraksi Jatilan atau jaran kepang dan campur sari akan dimulai pukul 12.30 WIB hingga selesai.

Sudah ada gambaran mau kemana nanti saat libur lebaran? Pantau terus blog Pergi.com untuk dapat lebih banyak rekomendasi tempat libur lebaran asyik bersama keluarga. Pergi yuk!

Tiket ke Jogja