Sumber: Instagram @nilanyl

Dari sekian banyak lokasi favorit untuk merayakan pergantian tahun baru di Jakarta, Kepulauan Seribu termasuk salah satu lokasi wisata yang ramai dikunjungi saat momen tahun baru. Ada banyak pulau menarik yang bisa jadi pilihan untuk melewatkan malam pergantian tahun, salah satunya adalah Pulau Rambut.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Pulau yang lokasinya dekat dengan Pulau Untung Jawa ini dikenal sebagai surga-nya burung laut. Sejak tahun 1999, Pulau Rambut ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan suaka margasatwa karena keanekaragaman hayati yang beragam, terutama jenis burung yang bisa ditemui di pulau ini.

Meski letaknya lumayan jauh dari Marina Ancol maupun Muara Angke, namun liburan di pulau yang memiliki luas sekitar 90 hektar ini dijamin tidak akan membosankan karena ada banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dilakukan di pulau ini.

Birdwatching di Pulau Rambut

Hal paling menarik untuk dilakukan di Pulau Rambut tentunya birdwatching atau mengamati secara langsung berbagai jenis burung yang hidup di pulau ini. Pulau Rambut ini merupakan pulau tak berpenghuni, sehingga burung-burung suka datang ke pulau ini untuk bertelur dan mencari makan. Terdapat 22 jenis burung air dan 39 burung darat yang bisa dilihat di pulau ini.

Burung laut yang hidup di pulau ini dan bisa dilihat langsung diantaranya adalah burung kuntul besar (Egretta alba), kuntul kecil (Egretta garzetta) cagak abu (Ardea cinerea), cagak merah (Ardea purpurea), bluwok (Mycteria cinerea) dan masih banyak lainnya. Pada saat biasa, diperkirakan ada sekitar 20.000 burung di pulau ini, namun bisa meningkat dua kali lipat saat musim migrasi burung dari Australia.

Baca Juga :

Untuk memudahkan wisatawan melihat burung dari dekat, ada menara setinggi 15 meter yang dibangun. Dari menara ini, kamu bisa melihat berbagai pohon yang ada di pulau ini plus burung-burung yang hinggap maupun terbang bebas diatasnya.

Ada juga hutan mangrove dan hutan air payau yang menutupi Pulau Rambut. Selain itu, pantai ini juga ditumbuhi pandan, serta pohon cemara laut, lamtoro dan akasia yang menambah keindahan pulau unik ini. Bagian barat dan utara pulau ini memiliki batu karang yang membentuk laguna alami. Di pulau ini juga bisa snorkelling lho! Ada banyak terumbu karang indah yang akan memanjakan mata kamu.

Tips Liburan ke Pulau Rambut

A post shared by Juggi Markus (@juggimarkus) on

Jika kamu ingin mengunjungi pulau Rambut di momen tahun baruan kali ini, berikut ini ada tips liburan ke Pulau Rambut yang harus kamu ketahui.

1. Sebelum datang, kamu harus mengurus Surat izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) di Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Jl. Salemba Raya No. 9, Jakarta. Hal ini karena Pulau Rambut merupakan kawasan margasatwa, sehingga tidak dibuka umum kecuali kamu memiliki surat izin masuk.

2. Jangan lupa pakai topi saat liburan ke pulau ini. Karena ada banyak burung yang beterbangan di pulau ini, kemungkinan besar kamu bisa kejatuhan kotoran burung. Jadi, lindungi kepala kamu dengan menggunakan topi ya!

3. Jika ingin snorkelling, jangan lupa bawa peralatan sendiri ya karena tidak ada penyewaan alat snorkelling di pulau ini. Solusinya, kamu bisa menyewa peralatan snorkelling di Pulau Untung Jawa yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pulau Rambut.

Cara Menuju Pulau Rambut

Jika kamu ingin libur tahun baruan di Pulau Rambut, ada empat rute yang bisa dipilih, yaitu:

  • Dari pelabuhan Marina Ancol menggunakan speedboat dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit
  • Dari Muara Angke menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh selama kurang lebih 90 menit
  • Dari Pelabuhan Muara Kamal menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh selama kurang lebih 60 menit
  • Dari Pantai Tanjung Pasir, Tangerang menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh selama kurang lebih 30 menit

So, jika kamu ingin libur tahun baruan sambil birdwatching di Pulau Rambut, segera urus izin masuk ke pulau ini terlebih dahulu. Jangan lupa ajak keluarga maupun teman supaya liburan ke Pulau Rambut semakin asyik. Pergi yuk!

Tiket Murah ke Jakarta