Naik pesawat terbang merupakan cara paling efektif untuk bepergian ke luar kota hingga luar negeri, baik itu untuk urusan bisnis maupun liburan. Tiket pesawat murah yang semakin mudah dicari serta banyaknya promo yang ditawarkan situs penjual tiket online membuat perjalanan dengan pesawat semakin mudah dan menyenangkan. Semakin banyak orang yang memilih moda transportasi ini, semakin berlomba-lomba pula maskapai penerbangan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan. Misalnya pemberian diskon spesial, customer service yang ramah dan tanggap terhadap keluhan hingga pemberian in flight entertainment secara gratis.

Ada maskapai yang memberikan makanan dan minuman gratis selama penerbangan untuk para penumpangnya, ada juga maskapai yang tidak. Hal ini bisa jadi salah satu pertimbangan saat kamu membeli tiket pesawat, terutama jika akan melakukan penerbangan jauh dengan durasi terbang yang lumayan lama. Meskipun kebanyakan orang biasanya akan makan sebelum terbang, namun masih ada kemungkinan kamu merasa lapar selama penerbangan. Setiap maskapai biasanya menyediakan makanan dan minuman yang bisa dibeli selama penerbangan, namun harganya biasanya lebih mahal dan pilihannya tidak begitu beragam. Nah, bagaimana jika kamu lapar saat terbang? Pergi.com bagikan dua trik agar kamu tidak kelaparan selama penerbangan dan tidak mengeluarkan biaya ekstra yang terlalu mahal juga.

1. Bawa Bekal

bawa-snack
Meski terdengar tidak biasa, namun kamu bisa lho bawa bekal untuk penerbangan! Namun pastikan makanan yang dibawa beratnya tidak melebihi 3,4 ons (atau setara dengan 100 ml) dan tidak memiliki bau tajam. Kamu bisa membawa makanan ringan misalnya roti, biskuit, kacang almond maupun sandwich untuk dimakan di atas pesawat. Bisa juga membawa permen untuk cemilan selama penerbangan sekaligus pencegah telinga sakit selama penerbangan. Yang penting, jangan membawa terlalu banyak dan pastinya tidak boleh sampai meninggalkan sampah di dalam kabin pesawat ya!

2. Pre-Book Makanan

meals-on-board
Sumber: Instagram @ amitthakur89
Jika kamu merasa harga makanan yang dijual pramugari di atas pesawat terlalu mahal tapi kamu tidak mau kelaparan selama penerbangan, trik berikutnya adalah dengan memesan makanan terlebih dahulu sebelum berangkat. Pre-book meals ini biasanya bisa dibeli saat check in online dan biasanya harganya lebih murah dibandingkan beli langsung saat berada di pesawat. Hal ini karena biasanya ada promo maupun potongan harga yang diberikan bagi penumpang yang memesan makanan di awal, contohnya AirAsia. Jadi kamu tidak membayar terlalu mahal untuk makanan di atas pesawat.

Jika kamu termasuk penumpang pesawat yang lebih suka layanan lengkap selama penerbangan, ada baiknya memilih naik maskapai full service maupun maskapai yang memberikan makanan gratis selama penerbangan. Untuk full service, kamu bisa memilih naik Garuda Indonesia maupun Batik Air yang menyajikan makanan dan minuman gratis untuk semua penumpang di semua kelas. Meski tentu ada perbedaan menu bagi setiap kelas, namun at least semua penumpang diberikan makanan dan minuman secara cuma-cuma. Maskapai Sriwijaya Air dan NAM Air juga memberikan makanan ringan dan air mineral untuk penumpangnya. Sedangkan untuk maskapai berbiaya rendah seperti Lion Air, AirAsia, Citilink dan sebagainya tidak menawarkan opsi makanan gratis, namun tetap ada makanan dan minuman ringan yang bisa dibeli selama penerbangan.

Apa pun maskapai pilihan mu, pesan tiket pesawatnya sekarang juga di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 lho! Kapan lagi kamu bisa beli tiket pesawat murah dan booking hotel dengan potongan sebanyak itu? Pergi yuk!