Kasus kehilangan bagasi sering terdengar di dunia penerbangan Indonesia. Hal ini termasuk salah satu resiko saat terbang yang berhubungan dengan handling dari pihak ground handling maskapai maupun alasan lain.

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Kehilangan biasanya terjadi pada bagasi yang tercatat saat check in, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada bagasi yang dibawa ke kabin. Kehilangan bagasi saat terbang memiliki nilai kompensasi yang harus dibayarkan pihak maskapai kepada penumpang.

Baca Juga :

Hal ini tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan no. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Dalam Pasal 2 huruf C disebutkan bahwa pengangkut yang mengoperasikan pesawat udara (maskapai) bertanggung jawab atas kerugian terhadap hilang, musnah atau rusaknya bagasi tercatat.

Kompensasi Bagasi Tercatat yang Hilang

bagasi
Dikutip dari Pasal 5 Permenhub 77/2011, besarnya jumlah ganti rugi yang harus dibayarkan pihak maskapai kepada penumpang adalah sebagai berikut.

1. Jumlah ganti kerugian terhadap penumpang yang mengalami kehilangan, musnah atau rusaknya bagasi tercatat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf c ditetapkan sebagai berikut:

  • Kehilangan bagasi tercatat atau isi bagasi tercatat atau bagasi tercatat musnah diberikan ganti kerugian sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per kg dan paling banyak Rp. 4.000.000,00 (empat juta rupiah) per penumpang; dan
  • Kerusakan bagasi tercatat, diberikan ganti kerugian sesuai jenisnya bentuk, ukuran dan merk bagasi tercatat.

2. Bagasi tercatat dianggap hilang sebagaimana dimaksud pada ayat (1), apabila tidak diketemukan dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal dan jam kedatangan penumpang di bandar udara tujuan.

3. Pengangkut wajib memberikan uang tunggu kepada penumpang atas bagasi tercatat yang belum ditemukan dan, belum dapat dinyatakan hilang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per hari paling lama untuk 3 (tiga) hari kalender.

Meski demikian, menurut Pasal 6 ayat 1 dan 2, maskapai dibebaskan dari tuntutan ganti rugi terhadap barang berharga yang disimpan dalam bagasi tercatat, kecuali pada saat check-in penumpang telah menyatakan dan menunjukkan bahwa di dalam bagasi tercatat terdapat barang berharga atau barang yang berharga, dan pengangkut setuju untuk mengangkutnya.Maskapai biasanya akan meminta penumpang untuk mengasuransikan bagasi tersebut.

Kompensasi Bagi Bagasi Kabin yang Hilang

bagasi
Permenhub 77/2011 juga mengatur kompensasi untuk bagasi kabin yang dibawa penumpang masuk ke dalam pesawat dalam Pasal 4 ayat 1 dan 2.

1. Pengangkut tidak bertanggung jawab untuk kerugian karena hilang atau rusaknya bagasi kabin, kecuali apabila penumpang dapat membuktikan bahwa kerugian tersebut disebabkan oleh tindakan pengangkut atau orang yang dipekerjakannya.

2. Apabila pembuktian penumpang sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dapat diterima oleh pengangkut atau berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap (inkracht) dinyatakan bersalah, maka ganti kerugian ditetapkan setinggi tingginya sebesar kerugian nyata penumpang.

Cara Lapor dan Klaim Bagasi Hilang

klaim-bagasi
Jika kamu mengalami kehilangan bagasi, berikut ini ada cara umum melapor dan klaim bagasi hilang yang bisa langsung kamu ajukan ke maskapai.

  • Buat laporan kehilangan di perwakilan maskapai yang ada di bandara tempat kamu mendarat. Isi formulir yang diperlukan dan jangan lupa untuk menyertakan informasi selengkap-lengkapnya mengenai waktu terbang, kelas tiket dan lainnya. Bawa juga boarding pass dan luggage tag yang diberi saat check-in saat membuat laporan.
  • Berikan informasi detail mengenai koper maupun tas yang hilang. Mulai dari warna, ukuran desain serta ciri-ciri unik yang ada di tas maupun koper kamu.
  • Pantau terus informasi yang diberikan pihak maskapai terkait laporan bagasi hilang kamu. Jika dalam waktu tiga hari belum ada kabar, hubungi kembali pihak maskapai maupun bandara untuk mengetahui update mengenai laporan kamu. Bagasi biasanya dinyatakan hilang jika dalam waktu tiga minggu belum ditemukan.
  • Urus klaim secepatnya setidaknya sebelum bagasi dinyatakan hilang agar maskapai mengganti rugi bagasi yang hilang sesuai dengan berat dan juga peraturan pemerintah diatas.
  • Jika kamu membeli asuransi penerbangan sebelum terbang, segera urus klaim asuransi perjalanan kamu agar bisa mendapat ganti rugi terhadap bagasi yang hilang.

Kehilangan bagasi saat bepergian dengan pesawat terbang memang tidak mengenakkan. Lakukan persiapan sebaik mungkin agar bagasi tak tertukar apalagi hilang. Selain itu jangan pernah meletakkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di dalam bagasi tercatat, karena jika bagasi hilang, maskapai tidak akan mengganti barang berharga tersebut namun hanya akan menghitung berdasarkan berat kilogram koper / tas yang hilang.

So, mari jadi traveller yang cerdas agar penerbangan menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk pesan tiket pesawatnya di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat dan hotel di Pergi.com untuk kamu terbang kemana saja. Pergi yuk!

Tiket Pesawat Murah