Buat kamu yang suka liburan ke luar negeri, kini tersedia aplikasi keren bernama SafeTravel yang luncurkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) pada Selasa (10/1/2017).

Aplikasi SafeTravel ini dibuat untuk memudahkan warga negara Indonesia yang ingin berlibur ke luar negeri dan juga bagi WNI yang sudah berada di luar negeri. Untuk saat ini, aplikasi ini masih tersedia untuk pengguna smartphone Android.

paket tour pergi.com
Untuk saat ini hanya bisa diakses melalui desktop / laptop

“Hari ini Kemlu telah meluncurkan beta version aplikasi SafeTravel. Dengan aplikasi ini, Kemlu dapat mengetahui sebaran, lokasi dan identitas WNI di luar negeri secara aktual, serta memberikan bantuan cepat dalam kondisi darurat,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam pidatonya di Gedung Nusantara Kemlu, Selasa (10/1/2017), seperti dikutip dari laman Merdeka.

Menurut Retno, aplikasi SaveTravel ini akan membantu Kemlu memantau sebaran, lokasi, dan identitas WNI di yang berada luar negeri; baik yang sedang liburan atau tinggal menetap di luar negeri. Dia menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam menghadapi dinamika situasi keamanan di luar negeri.

“Secara proaktif, delapan perwakilan RI sudah menerapkan perlindungan berbasis teknologi dan aplikasi bergerak, alias mobile application,” ujar Retno, seperti dikutip dari laman Tempo.

aplikasi-safetravel
Sumber: http://news.okezone.com/read/2017/01/11/18/1588289/mau-aman-ke-luar-negeri-wni-wajib-unduh-aplikasi-safe-travel

Aplikasi SafeTravel ini hadir dengan tema ‘safe and fun‘ dan dilengkapi dengan sejumlah fitur yang bermanfaat bagi WNI saat liburan ke luar negeri. Misalnya, informasi lengkap mengenai kantor perwakilan Indonesia terdekat yang ada di suatu negara, tombol darurat yang bisa memberitahu lokasi WNI dan memberi pertolongan secepatnya apabila WNI merasa terancam atau tengah terjebak di suatu tempat yang sedang terjadi keributan, demonstrasi dan sebagainya.

Tombol darurat ini nantinya akan terhubung langsung dengan hotline Kemlu atau perwakilan Indonesia di negara tersebut. Dengan aplikasi ini WNI juga akan lebih mudah dalam mengurus paspor jika hilang selama berada di negara lain. WNI juga bisa membagikan foto-foto yang diambil selama liburan kepada keluarga dan teman di tanah air melalui media sosial. Keren ya!

cicilan 0%
Bayar berkala dengan cicilan 0%

Aplikasi yang disiapkan selama satu tahun ini diharapkan bisa memberi perlindungan dan mengakomodir kebutuhan WNI selama berada di luar negeri. Dalam waktu dekat, aplikasi yang diluncurkan disela-sela Pidato Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) akan terkoneksi dengan database WNI (e-perlindungan) yang ada di luar negeri yang sudah lebih dahulu dibuat Kemlu.

Aplikasi SafeTravel versi 1.0 ini sudah bisa diunduh secara gratis untuk pengguna smartphone Android. Kamu harus sign up terlebih dahulu dan data diri kamu akan langsung tersimpan di server Kemlu. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri akan merasa lebih aman karena bisa menghubungi perwakilan Indonesia di negara yang dikunjungi.