Ketinggalan pesawat menjadi salah satu mimpi buruk traveller yang terkadang bisa menimpa siapa saja. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kamu ketinggalan pesawat, mulai dari kesalahan pribadi seperti berlama-lama datang ke bandara hingga kesalahan non teknikal seperti ada kecelakaan yang membuat arus kendaraan menuju bandara menjadi macet. Lalu, apa yang harus kamu lakukan jika terlanjur ketinggalan pesawat? Panik pasti iya, namun jangan berlebihan ya! Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika ketinggalan pesawat, apakah bisa mengikuti penerbangan selanjutnya bisa refund atau harus beli tiket baru.

1. Bersikap Tenang

bersikap-tenang
Tidak ada yang mau mengalami insiden ketinggalan pesawat, apalagi jika sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari atau ada acara mendesak yang harus dihadiri di kota tujuan. Rasa panik, sedih dan bingung pasti menerpa, namun ketinggalan pesawat bukan akhir dari segalanya. Yang penting, kamu harus bersikap tenang sebisa mungkin agar bisa berpikir dengan baik apa yang harus dilakukan selanjutnya.

2. Cek Tiket Pesawat

cek-tiket-pesawat
Jika kamu membeli tiket pesawat dengan harga normal dari maskapai, masih ada kemungkinan tiket pesawat masih bisa berlaku sesuai kebijakan masing-masing maskapai, entah itu bisa dioper ke penerbangan selanjutnya dengan biaya tertentu atau bisa direfund dengan potongan tertentu. Namun, jika kamu membeli tiket promo, maka tiket tersebut akan dihitung hangus.

3. Hubungi Call Center Maskapai

hubungi-call-center
Langkah selanjutnya adalah menghubungi call center maskapai yang tadinya akan kamu gunakan jasa penerbangannya. Tanyakan apakah tiket Anda masih bisa dioper ke penerbangan berikutnya, apakah bisa direfund atau malah tidak bisa dipakai lagi alias hangus. Customer service maskapai nanti akan memberi kamu panduan mengenai tindakan selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan tiket dan terbang di hari yang sama.

4. Gunakan Agen Travel Online

pergicom
Jika ternyata customer service maskapai menyatakan tiket kamu hangus dan tidak bisa direfund atau dioper ke penerbangan selanjutnya, satu-satunya cara agar bisa terbang di hari yang sama dan tak merusak rencana liburan maupun terlambat menghadiri acara penting di tujuan adalah dengan membeli tiket baru. Untuk menghemat waktu, kamu bisa membeli tiket online lewat agen travel online, seperti Pergi.com yang bisa diakses melalui smartphone. Kamu bisa membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai dan membeli yang termurah dengan proses yang cepat.

Insiden ketinggalan pesawat sebenarnya bisa dihindari jika kamu tiba di bandara lebih awal. Oleh karena itu, yuk lebih teliti melihat informasi yang tertera di tiket kamu! Termasuk jam keberangkatan dan batas waktu check in dari maskapai. So, rencana liburan pun tidak akan berantakan karena ketinggalan pesawat. Pergi yuk!