Liburan ke luar negeri kini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan banyak orang. Kehadiran tiket pesawat murah serta promo menarik dari agent travel online semakin memudahkan kamu – kamu yang ingin liburan hemat ke luar negeri. Selain tiket pesawat, paspor dan visa menjadi dua dokumen penting yang juga harus kamu persiapakan sebelum keberangkatan. Jika kamu memilih beli tiket pesawat secara online, pastikan untuk mengisi kolom nama dengan benar ya! Nama penumpang harus sesuai dengan yang tertera di KTP dan juga paspor. Lalu bagaimana jika nama di tiket pesawat beda dengan paspor ?

Jika kamu terlanjur melakukan kesalahan input nama saat membeli tiket online, berikut ini adalah hal – hal yang bisa kamu lakukan agar bisa terbang dengan nyaman tanpa harus berurusan dengan pihak bandara maupun imigrasi.

1. Perbaiki Segera

tiket-pesawat
Ketika kamu menyadari adanya kesalahan penulisan nama di tiket pesawat, segera hubungi maskapai untuk melakukan perubahan karena biasanya proses perubahan nama bisa memakan waktu. Meski perbedaan nama hanya beberapa huruf, namun imigrasi negara lain biasanya sangat ketat saat memeriksa penumpang pesawat yang baru mendarat dan akan masuk ke negaranya. Meski ada banyak pengalaman orang-orang yang bisa lolos berangkat ke luar negeri meski nama di tiket dan paspor tidak sama. Namun tetap saja beresiko ketika nama kamu berbeda.

2. Hubungi Maskapai

hubungi-maskapai
Hubungi maskapai yang kamu gunakan untuk pergi ke luar negeri. Laporkan masalah kesalahan penulisan nama yang ada di tiket pesawat dan ajukan permohonan untuk koreksi nama agar sesuai dengan paspor. Pihak maskapai nantinya akan memberikan solusi sesuai dengan kebijakannya masing-masing. Biasanya kamu akan disuruh mengirim scan KTP dan juga paspor untuk melakukan perubahan nama. Jika penambahan nama tergolong panjang, kamu mungkin akan dikenai biaya tambahan.

3. Bawa E-tiket Baru

buka-email
Ketika nama di tiket pesawat sudah diperbaiki, maskapai akan mengirim e-tiket baru ke email kamu. Download e-tiket baru tersebut dan simpan di smartphone. Ketika hari penerbangan tiba, tunjukkan e-tiket baru ketika melakukan check in atau ketika diminta petugas imigrasi.

Kesalahan penulisan nama saat beli tiket online memang sering terjadi dan maskapai penerbangan memiliki peraturan tersendiri bagi penumpang yang ingin ganti nama atau menambahkan beberapa huruf di nama yang salah di tiket pesawat. Penerbangan internasional biasanya sangat jeli melihat dokumen penumpang sehingga jika nama yang tertera di tiket beda dengan yang di paspor, maka kamu dianggap sebagai dua orang yang berbeda. Jika nama yang tertera di tiket pesawat beda dengan ada yang di paspor (kecuali untuk paspor umrah dan haji), kamu harus segera menghubungi maskapai untuk penggantian nama agar sesuai dengan yang tertera di KTP dan paspor.

Ada banyak kemungkinan negatif yang bisa membuat liburan ke luar negeri kamu kacau ketika mengabaikan kesalahan nama di tiket pesawat, seperti tidak bisa check in dan batal berangkat. Jika pun kamu bisa melewati proses check in dengan melakukan check in online, setibanya di imigrasi negara tujuan paspor dan tiket pesawat biasanya akan diperiksa dan jika ditemukan ketidakcocokan nama, kamu bisa diperiksa secara lanjut oleh pihak imigrasi dan konsekuensi terparah adalah dideportasi. Serem ya!

Yuk lebih teliti lagi ketika memasukkan data penumpang saat membeli tiket pesawat online ! Pastikan nama yang kamu masukkan saat membeli tiket sama dengan yang tertera di KTP dan juga paspor ya. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke luar negeri sekarang juga di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 yang menanti kamu lho! Pergi yuk!