Setelah mengantongi tiket pesawat murah menuju destinasi wisata impian, kamu juga harus memikirkan hal lainnya untuk membuat liburan semakin hemat. Salah satunya adalah urusan bagasi. Setiap maskapai penerbangan di Indonesia memiliki aturan bagasi masing-masing yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui ketentuan bagasi maskapai Indonesia, kamu bisa mengantisipasi agar tak sampai kelebihan bagasi karena setiap maskapai memberlakukan tarif berbeda untuk kelebihan bagasi. Jika kamu termasuk traveller yang sebisa mungkin berhemat ketika liburan, membayar kelebihan bagasi karena ketidaktahuan soal berapa berat bagasi yang diijinkan tentu akan membuat mood liburan sedikit berantakan bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini Pergi.com merangkum informasi ketentuan bagasi dari berbagai maskapai di Indonesia sekaligus tips bagaimana cara packing untuk menghindari kelebihan bagasi.

Ketentuan Bagasi Maskapai Indonesia

Ketentuan Bagasi Maskapai Indonesia
Hampir semua maskapai Indonesia memberikan bagasi gratis kepada para penumpangnya. Berat bagasi gratis ini pun beragam, yaitu 15 kg – 30 kg tergantung maskapai dan juga kelas tiket pesawat yang dimiliki penumpang. Berikut ini ada rangkuman informasi ketentuan bagasi dari berbagai maskapai Indonesai yang bisa jadi referensi kamu saat packing.

1. Garuda Indonesia

garuda-indonesia
Sumber: Instagram @ garuda.indonesia
Maskapai bintang lima sekelas Garuda Indonesia memiliki ketentuan bagasi yang berbeda-beda bagi setiap kelas tiket pesawat. Berikut ini aturan bagasi bagi penumpang Garuda Indonesia.

Peraturan bagasi Garuda Indonesia untuk penerbangan domestik:

  • Bagasi gratis seberat 40 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak first class; bagasi 20 kg untuk bayi kelas first class
  • Bagasi gratis seberat 30 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas bisnis; bagasi 10 kg untuk bayi kelas bisnis
  • Bagasi gratis seberat 20 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas ekonomi; bagasi 10 kg untuk bayi kelas ekonomi
  • Bagasi kabin gratis seberat 7 kg per penumpang

Peraturan bagasi Garuda Indonesia untuk penerbangan internasional:

  • Bagasi gratis seberat 50 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak first class; bagasi 20 kg untuk bayi kelas first class
  • Bagasi gratis seberat 40 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas bisnis; bagasi 10 kg untuk bayi kelas bisnis
  • Bagasi gratis seberat 30 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas ekonomi; bagasi 10 kg untuk bayi kelas ekonomi
  • Bagasi kabin gratis seberat 7 kg per penumpang

2. Lion Air

lion-air
Sumber: Instagram @ mohamadrizky
Maskapai yang satu ini merupakan salah satu maskapai favorit di Indonesia karena menawarkan harga tiket pesawat murah dan memiliki banyak rute. Lion Air juga memiliki ketentuan bagasi tersendiri, terbagi atas peraturan bagasi untuk penerbangan domestik dan internasional.

Peraturan bagasi Lion Air untuk penerbangan domestik:

  • Bagasi gratis seberat 30 kg untuk penumpang kelas bisnis dan 20 kg untuk penumpang kelas ekonomi
  • Penumpang kelas bisnis maupun ekonomi diperbolehkan membawa bagasi kabin seberat 7 kg

Peraturan bagasi Lion Air untuk penerbangan internasional:

  • Bagasi gratis seberat 20 kg untuk semua penumpang
  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang

Untuk setiap kelebihan bagasi Lion Air akan mengenakan charge extra dengan nominal yang bervariasi dan disesuaikan dengan rute penerbangan yang diambil. Biaya kelebihan bagasi Lion Air bervariasi mulai dari Rp 7.500 – Rp 75.000 per kilogramnya.

3. AirAsia

airasia
Sumber: Instagram @ airasia
Maskapai berbiaya rendah asal Malaysia ini juga menjadi salah satu maskapai favorit untuk liburan karena menawarkan tiket pesawat murah untuk berbagai destinasi, baik untuk rute domestik maupun internasional. Berikut ini adalah informasi ketentuan bagasi untuk maskapai AirAsia.

Peraturan bagasi AirAsia untuk penerbangan domestik:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang
  • Bagasi gratis seberat 15 kg untuk semua penumpang

Peraturan bagasi AirAsia untuk penerbangan internasional:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang
  • Tidak tersedia bagasi check-in gratis dari AirAsia. Penumpang harus membeli bagasi sesuai tarif yang berlaku; bisa dibeli saat check in online maupun check in di bandara

Khusus untuk kelebihan bagasi, AirAsia mengenakan extra charge sebesar Rp 117.000 per kilogram untuk penerbangan domestik dan Rp 155.000 per kilogram untuk penerbangan internasional.

4. Citilink

citilink
Maskapai Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia juga memiliki peraturan bagasi tersendiri untuk para calon penumpangnya.Berikut aturan bagasi Citilink untuk rute penerbangan domestik yang perlu kamu ketahui.

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang
  • Bagasi gratis seberat 20 kg untuk semua penumpang

5. Sriwijaya Air

sriwijaya-air
Sumber: Instagram @ chasanalbana
Maskapai Sriwijaya Air merupakan salah satu maskapai besar di Indonesia yang memiliki banyak rute yang menghubungkan berbagai daerah di Indonesia. Maskapai ini bukan termasuk maskapai berbiaya rendah, meski terkadang harga tiket pesawatnya hampir sama dengan maskapai berbiaya rendah lainnya. Namun Sriwijaya Air memberi pelayanan lebih keada penumpangnya dengan memberi bagasi gratis dan makan/minum gratis selama penerbangan. Untuk aturan bagasi Sriwijaya Air adalah sebagai berikut:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang
  • Bagasi gratis seberat 20 kg untuk semua penumpang, kecuali untuk rute Jakarta – Tanjungpinang – Jakarta bagasi gratis seberat 15 kg

6. Batik Air

batik-air
Sumber: Instagam @ batikair
Maskapai yang bernaung di Lion Group ini merupakan maskapai full service yang juga memiliki peraturan bagasi tersendiri untuk kenyamanan penumpangnya. Berikut peraturan bagasi Batik Air untuk penerbangan domestik:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang
  • Bagasi gratis seberat 30 kg untuk penumpang kelas bisnis dan 20 kg untuk penumpang kelas ekonomi

Tips Packing Hindari Kelebihan Bagasi

tips-traveling
Setelah mengetahui ketentuan bagasi dari masing-masing maskapai di Indonesia, kamu harus melakukan packing dengan benar untuk menghindari biaya tambahan yang akan diminta ketika kamu membawa bagasi yang lebih berat dari yang diijinkan maskapai. Berikut ini ada tips packing untuk hindari kelebihan bagasi yang bisa jadi referensi kamu.

1. Hanya Bawa Barang yang Benar-Benar Dibutuhkan

Benda yang Tidak Boleh Dibawa ke Kabin
Banyak orang yang kalap memasukkan terlalu banyak barang ke dalam koper, padahal belum tentu barang tersebut berguna atau tidak. Jangan sampai kamu seperti itu ya! Manfaatkan bagasi 15 – 20 kg yang diberi gratis oleh maskapai dengan membawa barang yang benar-benar kamu perlukan selama perjalanan. Misalnya peralatan mandi dan make up. Bawa juga pakaian secukupnya sesuai durasi liburan. Intinya, hanya bawa barang-barang yang benar berguna selama perjalanan kamu.

2. Trik Menyusun Pakaian yang Benar

dokumentasi-bagasi
Tahukah kamu kalau ada trik menyusun pakaian di dalam koper untuk lebih menghemat space dan juga mencegah baju kusut? Triknya adalah menggulung pakaian lalu menyusunnya di dalam koper. Cara ini terbukti mampu menghemat banyak tempat dalam koper sehingga kamu bisa memasukkan barang-barang lain ke dalam koper tanpa ada yang tertinggal.

3. Menimbang Koper Sebelum Berangkat

bagasi-pesawat
Setelah selesai memasukkan semua barang yang dianggap penting untuk dibawa liburan, coba timbang koper kamu agar memastikan beratnya tidak melebihi peraturan berat bagasi yang diberlakukan oleh maskapai yang akan kamu naiki. Saat ini sudah tersedia timbangan digital kecil yang bisa dipakai untuk menimbang berat koper agar kamu tahu berapa berat koper yang akan kamu bawa dan menghindari yang namanya kelebihan bagasi.

Karena liburan hemat tidak hanya cukup saat kamu mendapatkan tiket pesawat murah, tetapi juga harus memikirkan berat bagasi yang akan dibawa agar tak harus mengeluarkan uang lebih karena kelebihan bagasi. Bagi kamu yang belum punya tiket pesawat ke destinasi impian, yuk booking sekarang juga di Pergi.com dan nikmati diskon tiket pesawat hingga Rp 300.000. Pergi yuk!