Pariwisata Indonesia kembali mendapat pengakuan dunia setelah berhasil meraih ‘The Famous Next Travel Destination’ dari majalah pariwisata terkenal di China, yaitu China Travel and Leisure. Penghargaan ini diterima Sesmen Kemenpar, Ukus Kuswara didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Wilayah Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu pada acara 10th Anniversary China Travel and Leisure Awards di Wanda Reign, Shanghai pada 15 November 2016 lalu.

“Terima kasih China Travel and Leisure. Penghargaan yang bermakna karena diberikan oleh media di Tiongkok yang semakin paham akan potensi new destination atau next destination,” kaya Sesmen Kemenpar, Ukus Kuswara, seperti dikutip dari laman detik.com (17/11/2016).

wisata-indonesia-raih-penghargaan
Sumber: http://assets.kompas.com/data/photo/2016/11/17/0959510awarddd780x390.jpg

Bagi Kemenpar, penghargaan The Famous Next Travel Destination ini memberi angin segar bagi pariwisata di Indonesia karena China Travel and Leisure dikenal memiliki reputasi yang baik oleh turis Asia.

“Next destination itu memberi rasa optimis bagi kami, untuk mendatangkan wisman dari Tiongkok,” ujar Ukus.

Salah satu indikator yang membuat Indonesia mendapatkan penghargaan ini adalah naiknya jumlah wisatawan asal China untuk periode Januari – Agustus 2016 yang mencapai 980.148 orang. Jumlah ini menggeser angka turis asal Singapura yang mencapai 939.231 orang. Hal ini menunjukkan kampanye Wonderful Indonesia yang digalakkan Presiden Joko Widodo mulai menunjukkan hasil. Program bebas visa untuk China dan 169 negara lainnya ke Indonesia juga mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

wisata indonesia

Saat ini, turis China menempati urutan pertama dalam hal kunjungan ke Indonesia dan diikuti dengan turis dari negara Singapura, Malaysia, Australia, Jepang dan Korea. Jumlah turis China yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2015 mencapai 1,2 juta orang atau hanya 1 persen dari perkiraan jumlah wisatawan China yang berwisata ke luar negeri yang mencapai 120 juta di tahun 2015.

Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan akan ada lebih banyak turis asal China dan negara lainnya yang berlibur ke Indonesia. Kemenpar sendiri menargetkan 12 juta kunjungan wisatawan asing di tahun 2016 ini dan 20 juta di 2019. Saat ini pemerintah pun masih terus membenahi berbagai sarana pendukung untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia.