Sebagai negara kepulauan, Indonesia banyak memiliki pulau-pulau kecil yang letaknya jauh dari pulau utama. Satu-satunya transportasi yang bisa diandalkan untuk mencapai pulau terluar di Indonesia adalah menggunakan kapal maupun feri. Namun kini, dua pulau terluar Indonesia sudah resmi memiliki bandara! Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Anambas dan Pulau Miangas.

Bandara di Pulau Anambas

bandara-letung
Sumber: https://travel.detik.com/destination/d-3432483/asyik-liburan-ke-anambas-makin-mudah-karena-ada-bandara
Pulau Anambas yang masuk dalam wilayah administratif Provinsi Kepulauan Riau termasuk dalam kategori pulau terluar di Indonesia karena posisinya berada di Laut Cina Selatan. Kepulauan Anambas ditetapkan sebagai kepulauan tropis terindah di Asia oleh CNN. Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi di pulau ini, terutama pantai-pantainya yang sangat cantik dan kekayaan bawah laut yang masih begitu terjaga.

Bandara di Pulau Anambas bernama Bandara Letung yang baru saja diresmikan pada April 2017. Bandara ini sudah dilengkapi dengan apron dan landasan pacu (runway) pesawat sepanjang 1.200 x 30 meter dan taxi way sepanjang 15 x 125 meter. Fasilitas Bandara Letung pun juga telah memadai, seperti sudah diengkapi dengan mesin x-ray, gedung administrasi, ground support equipment, gedung VIP, klinik kesehatan, ruang operasi dan juga Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Bandara di Pulau Miangas

Pulau Terluar Indonesia
Sumber: http://angkasa.grid.id/galeri/video/video-indahnya-bandara-miangas/
Pulau Miangas yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara juga masuk dalam kategori pulau terluar di Indonesia yang posisinya hanya berjarak 48 mil dari Filipina. Pulau Miangas juga merupakan tapal batas paling utara Indonesia yang memiliki luas sekitar 210 hektar.

diskon 4% up to 1jt
Diskon Tiket Pesawat 4% up to 1 juta

Pulau kecil yang lebih dekat ke Filipina dibandingkan ke ibu kota Kabupaten Talaud, Melonguane ini memiliki pesona wisata yang begitu indah. Meski demikian, untuk mencapai pulau yang dihuni sekitar 700 jiwa ini bukan hal yang mudah karena tidak setiap hari ada kapal yang berlayar ke pulau tersebut. Waktu tempuh dari dari pulau terdekat ke Miangas juga bisa berhari-hari. Namun kini sudah ada bandara yang dibangun di pulau tersebut.

Bandara di Pulau Miangas bernama Bandara Miangas yang diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 19 Oktober 2016 lalu. Bandara ini memiliki panjang landasan pacu (runway) 1.400 m x 30 m, runway strip 1.400m x 150 m dan apron 130 m x 65 m yang mampu menumpang 3 unit pesawat. Bandara ini mampu didarati pesawat kecil jenis ATR-72. Bandara ini mulai dibangun pada tahun 2012 dengan sumber dana APBN sebesar Rp 205 miliar. Bandara dengan gedung terminal seluas 356 meter persegi ini dapat menampung hingga 25 penumpang saat waktu sibuk.

bandara-miangas
Sumber: http://dephub.go.id/post/read/bandara-miangas-diresmikan,-menhub–minggu-depan-penerbangan-reguler-jalan

Meski ukurannya relatif kecil, namun Bandara Miangas ini punya pemandangan yang begitu cantik dan memanjakan mata karena langsung berbatasan dengan laut yang begitu biru berpadu dengan pasir putih dan hijaunya hutan yang ada di sekitar bandara.

Maskapai Wings Air jadi maskapai pertama yang mendarat di Bandara Miangas pada 12 Maret 2017 lalu. Meski demikian, kini belum ada penerbangan tetap menuju bandara ini karena terganjal berbagai kendala. Sebelumnya, direncanakan akan ada penerbangan ke pulau ini setiap minggu dari Bandara Melonguane di Kepulauan Talaud.

Pembangunan Bandara Miangas dan Bandara di Anambas bertujuan untuk prasarana pertahanan dan keamanan negara serta untuk distribusi logistik bagi masyarakat di pulau tersebut. Namun kehadiran bandara ini juga akan mempermudah akses wisatawan yang ingin liburan ke Miangas dan Anambas untuk menikmati surga kecil di tapal batas Indonesia yang masih begitu asri dan indah.