Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau lebih dari 17.000. Tak diragukan lagi jika Indonesia memiliki banyak potensi bahari yang bisa dikembangkan, termasuk wisata bahari. Dari sekian banyak pulau tersebut, ada yang posisinya berada di garis terdepan perbatasan Indonesia dengan negara lain. Meski letaknya lumayan jauh di tengah lautan lepas, namun pesona pulau-pulau terluar di Indonesia ini sangat menawan. Berikut ini ada keindahan 5 pulau terluar Indonesia yang bisa jadi referensi destinasi wisata liburan kamu selanjutnya.

1. Pulau Rondo

Pulau Rondo, Sabang
Sumber: Instagram @semester_alam
Pulau Rondo merupakan pulau terluar di bagian barat Indonesia yang berbatasan langsung dengan Pulau Nikobar, India. Secara administratif, pulau ini masuk ke dalam wilayah Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau ini merupakan titik terakhir teritorial darat Indonesia yang bersinggungan langsung dengan ZEE. Pulau seluas 3 kilometer persegi ini tidak berpenghuni, tetapi dijaga oleh satgas pengamanan pulau terluar yang merupakan gabungan Marinir dan TNI AD. Pulau Rindo memiliki hutan lebat dan pantai berpasir putih yang sangat cantik. Disini kamu bisa mengeksplor hutan, memancing hingga snorkelling . Wialyah laut di sekitar pulau ini merupakan pertemuan arus utara dan selatan sehingga memiliki berbagai ikan dan terumbu karang yang cantik. Untuk menuju Pulau Rondo, kamu bisa naik kapal motor dari Kota Sabang, Ujung Ba`u maupun Iboih dengan lama waktu tempuh yang berbeda-beda. Jangan khawatir, meski ombak di perairan ini lumayan besar namun jalur menuju Pulau Rondo sangat aman untuk dilewati kapal motor.

2. Pulau Asu

Pulau Asu, Nias
Sumber: http://www.pemburuombak.com/berita/nasional/item/1700-pulau-asu-salah-satu-pulau-terluar-indonesia-yang-sadis-indahnya
Pulau Asu merupakan pulau cantik yang masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara. Pulau kecil nan menawan in merupakan bagian dari Kepulauan Hinako dan termasuk pulau terluar di Indonesia. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 18 km persegi dengan penghuni sekitar 20 kepala keluarga. Pulau yang berada di sebelah barat Nias ini memiliki ombak yang digilai para surfers dunia! Pulau ini memiliki pasir putih, air laut yang biru dan jernih serta jejeran pohon kelapa yang membuat pantai di pulau ini sangat menawan. Selain itu, ombak di pantai Pulau Asu bisa mencapai 4 hingga 7 meter dengan panjang ombak hingga 200 meter. Keren kan! Disini, kamu bisa bersantai di pinggir pantai, berenang, snorkelling hingga surfing. Untuk menuju pulau ini, kamu bisa naik pesawat dari Bandara Kualanamu Medan ke Bandara Binaka yang ada di Gunung Sitoli. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Kota Sirombu, lalu lanjut naik kapal atau speedboat ke Pulau Asu.

3. Pulau Berhala Serdang Bedagai

Pulau Berhala, Serdang Bedagai
Sumber: http://sumatrabeyond.com/eksotisme-pulau-berhala-di-antara-rebutan-satwa-satwa/
Pulau Berhala merupakan pulau terluar yang terletak di wilayah administratif Kecamatan tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia di kawasan Selat Malaka. Pulau ini dikenal memiliki keindahan bawah laut yang menawan dengan berbagai jenis terumbu karang yang tumbuh subur. Tak ketinggalan pula berbagai jenis ikan yang ada di kawasan pulau ini. Pulau seluas kurang lebih 2,5 kilometer persegi ini menawarkan pemandangan yang menawan dengan pasir putih dan air laut berwarna biru nan jernih. Meski tak berpenghuni, namun pulau ini dijaga oleh TNI. Untuk menuju pulau ini, kamu harus mengurus izin di Pos Marinir yang ada di pelabuhan di Kecamatan Tanjung Beringin, lalu kamu bisa naik perahu motor selama tiga – empat jam untuk menuju pulau ini.

4. Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong, Jember
Sumber: http://adventurewisata.blogspot.co.id/2016/07/cagar-alam-nusa-barong.html
Pulau Nusa Barong merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang tak berpenghuni, namun memiliki potensi wisata bahari yang merik. Pulau ini masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Pulau Nusa Barong merupakan cagar alam yang memiliki keunikan dan ciri khas yang menarik baik dari segi flora dan fauna serta ekosistemnya. Di pulau ini terdapat empat ekosistem, yaitu ekosistem hutan rawa, hutan payau, pantai dan hutan dataran rendah dengan 16 spesies tumbuhan dan 20 spesies hewan. Untuk menuju pulau ini, kamu bisa naik pesawat ke Surabaya terlebih dahulu, lalu melanjutkan perjalanan darat menuju Jember, lalu lanjut lagi ke Pelabuhan Puger. Dari sini ini, kamu bisa menyeberang ke Pulau Nusa Barong yang berbatasan langsung dengan Australia.

5. Pulau Maratua

Pulau Maratua, Kalimantan
Sumber: Instagram @jalanhematid
Pulau Maratua yang terletak di wilayah Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau cantik yang berbentuk seperti huruf V terbalik ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Filipina. Keindahan pulau ini tidak perlu diragukan lagi. Pantainya yang berpasir putih plus air laut berwarna biru jernih membuat siapa saja bakal betah berlama-lama di pulau ini. Ada banyak yang bisa kamu lakukan disini, mulai dari bermain air, melihat pemukiman Suku Bajo hingga snorkelling menikmati keindahan bawah laut Pulau Maratua yang memikat. Meski terletak di wilayah perbatasan, namun Pulau Maratua sudah memiliki banyak infrastruktur pendukung wisata, seperti resort untuk menginap. Untuk menuju pulau cantik ini, kamu bisa naik pesawat ke Balikpapan terlebih dahulu, lalu melanjutkan penerbangan ke Berau atau Tarakan. Setelah tiba di Berau atau Tarakan kamu harus lanjut perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Batu untuk menyeberang ke Pulau Maratua.

Meski lokasinya jauh dari pulau utama di Indonesia, pulau-pulau terluar di Indonesia ini memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dari wisata populer di Indonesia lho!

Jika kamu suka mengunjungi destinasi wisata anti-mainstream, pulau – pulau terluar ini bisa jadi pilihan tempat liburan berikutnya. Yuk segera beli tiket pesawat kamu menuju daerah terdekat dari pulau ini dan nikmati liburan seru di pulau terluar Indonesia. Pergi yuk