Bagi kamu yang sudah memiliki rencana liburan ke Bangkok, selain wisata belanja kamu jangan lupa untuk icip-icip makanan khas negara gajah putih ini ya. Ada banyak sekali pilihan makanan di Bangkok dan harganya yang murah terkadang buat pusing harus makan yang mana terlebih dahulu.

paket tour diskon 10%
Diskon 10% untuk Paket Explore
pergi-tour
Liburan bebas ribet dengan paket tour di Pergi.com

Nah berikut ini Pergi.com rangkum 20 kuliner khas Thailand yang terdiri dari street food dan makanan berat yang wajib dicoba dan sayang sekali jika dilewatkan ketika berada di Bangkok.

1. Gai Tod (Ayam Goreng)

A post shared by Lance Ong (@lancetaey) on


Makanan yang satu ini merupakan salah satu street food yang paling mudah ditemui di Bangkok. Penjual gai tod atau ayam goreng ini biasanya berupa penjual kaki lima yang bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional dan pinggir jalan di Bangkok.

2. Khao Niao Mamuang (Mango Sticky Rice)

A post shared by Kwang Muangman (@kwangmm) on


Jajanan yang satu ini dikenal sebagai signature dish-nya Thailand yang wajib dicicipi. Meski di Indonesia sudah banyak kafe atau restoran yang menyajikan menu yang sama, tapi mencicipinya langsung di negara asalnya tentu akan lebih authentic bukan? Kao niao mamuang ini bisa dijumpai di stall pinggir jalan hingga cafe-cafe di Bangkok.

3. Moo Ping (Sate Babi)

A post shared by A S A V A (@asavava) on


Seperti sate ayam di Indonesia, moo ping atau sate babi juga bisa dengan mudah ditemui di Bangkok, terutama di pasar-pasar terkenal seperti Pratunam dan Rod Fai night market. Sate yang dimasak di atas arang dan disajikan dengan bumbu kacang ini jadi makanan yang disukai masyarakat lokal dan juga wisatawan.

Baca Juga:  30 Destinasi Wisata Indonesia Rasa Luar Negeri yang Hits Abis - Part I

4. Kanom Kai Nok Krata (Bola-bola ubi)

A post shared by @alita7123 on


Mirip dengan bola-bola ubi yang biasa ditemukan di Indonesia, kanom kai nok krata ini bagian dalamnya lebih tipis dan crispy dibandingkan yang sering dijual di Indonesia. Stall pinggir jalan biasanya menjual cemilan ringan ini dengan berbagai modifikasi menu.

5. Roti Gluay (Roti cokelat dan pisang)


Mirip dengan martabak, namun di Bangkok yang jadi isiannya adalah irisan pisang yang kemudian digoreng dan toppingnya diberi condensend milk, gula dan cokelat. Yum!

6. Tod Mun Pla Krai (Perkedel ikan)


Makanan yang satu ini juga mudah ditemukan di pusat jajanan kaki lima di Bangkok. Tod Mun Pla Krai terbuat dari ikan yang dicampur pasta kari dan sayuran yang kemudian digoreng kering dan disajikan dengan kuah mentimun.

7. Kanom Jeeb (Dumpling khas Thailand)

A post shared by wiranyupa (@wiranyupa) on


Dumpling khas Thailand yang biasanya terdiri dari banyak warna ini mirip dengan siomai. Isinya? Udang dicampur jamur shiitake dan water chesnut. Dumpling ini disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari campuran kecap dan bawang putih goreng.

8. Kanom Bueang (Crispy crepe)

A post shared by Michael Brian (@mbrian87) on


Ingin ngemil makanan yang enak dan tidak terlalu berat? Kamu bisa coba mencari kanom bueang yang merupakan crispy crepe dengan berbagai topping yang menggugah selera. Ada yang disajikan dengan telur goreng, irisan daun bawang, parutan kelapa dan masih banyak variasi lainnya.

9. Gai Yang (Ayam bakar)

A post shared by @biranroey on


Meski ayam bakar populer di Indonesia, namun ayam bakar khas Thailand juga wajib dicoba lho! Disini, ayam bakarnya terbuat dari ayam utuh yang dipanggang dengan api kecil. Seporsi ayam panggang ini biasanya terdiri dari irisan ayam dengan ukuran besar-besar dan paling enak jika dimakan bersama sticky rice dan saus.

10. Kanom Krok Bai Toey (Kue Pandan)

A post shared by Winnie Lee (@winnieariel_lee) on


Mirip kue cubit, kanom krok bai toey merupakan snack khas Thailand yang selalu diminati masyarakat lokal dan juga wisatawan. Dibuat dari adonan tepung yang dengan perisa pandan dan dituang dalam cetakan kecil yang dimasak di atas tungku arang, kue ini asyik dimakan saat masih hangat.

Baca Juga:  Ini Dia 5 Destinasi Wisata Balon Udara Terbaik di Asia Tenggara

11. Hoy Tod (Omelet tiram)

A post shared by MT_SC_MI_Music_ (@pindonut) on


Omelet yang satu ini dilengkapi dengan tiram yang crunchy dan juga crispy ditambah taburan tauge yang menambah cita rasa makanan yang sering disajikan dengan saus pelengkap ini. Namun tanpa saus pun, rasa hoy tod ini sudah juara.

12. Kuay Teow Lui Suan (Lumpia Thailand)


Lumpia khas Thailand ini memiliki kulit yang tipis dan crispy dan bagian dalamnya diisi dengan mie bihun dengan daging maupun sayuran yang bisa direquest tergantung dimana tempat kamu membelinya. Lumpia ini disajikan dengan saus cabe khas Thailand.

13. Itim Gati (Ice Cream kelapa)

A post shared by Orangez KšŸŠ (@orangezk) on


Es krim yang satu ini paling enak dimakan saat menyusuri pasar tradisional di Bangkok. Es krim yang disajikan di dalam batok kelapa ini mudah sekali ditemukan di berbagai tempat, misalnya Chatuchak. Toppingnya pun beragam, ada jagung manis, kacang tanah tumbuk, almond dan sebagainya.

14. Tub Tim Krob (Es Red Ruby)

A post shared by @kennethong (@kennethong) on


Es yang satu ini mudah sekali ditemukan di Bangkok. Cara mengenalinya pun mudah, karena hadir dengan warna merah yang mecolok. Red ruby ini meruakan water chesnut yang dicampur dengan sirup berwarna merah. Umumnya disajikan dengan es serut yang diberi santan.

15. Khao Niaow Tu-rean (Durian Sticky Rice)


Selain mangga manis yang disajikan dengan ketan, di Bangkok kamu juga bisa mencicipi versi lain yaitu Khao Niaow Tu-rean yang disajikan dengan durian segar dan condensed milk yang melimpah. Pecinta durian tentu tidak akan nolak jika ketemu makanan yang satu ini saat mengelilingi Bangkok bukan!

16. Cha Yen (Thai Tea)

A post shared by Eileen Saw (@extrasunday) on


Di Indonesia kamu sudah bisa menemukan banyak cafe yang menjual thai tea, namun kamu harus mencicipi thai tea original dari negara asalnya saat berada di Bangkok ya! Thai tea disini terkenal memiliki rasa yang lebih creamy dan juga enak.

Baca Juga:  3 Restoran Outdoor di Semarang Dengan View Killer yang Instagramable

17. Pad Thai (Bihun Goreng khas Thailand)


Yang satu ini merupakan menu favorit banyak wisatawan ketika ke Tahiland. Pad Thai merupakan bihun goreng yang dicampur dengan berbagai bahan, seperti telur, daging ayam, babi atau seafood ditambah kecap ikan. Penyajian Pad thai ini dilengkapi dengan taburan gula, kacang tumbuk dan cabe kering dengan perasan jeruk nipis. Dijamin rasanya bikin kangen deh!

18. Khao Op Sapparot (Nasi goreng nanas)

A post shared by HELENECIAGA (@fctrygrl) on


Nasi goreng nanas khas Thailand ini memiliki cita rasa gurih dengan porsi daging ayam, babi maupun udang yang melimpah. Biasanya disajikan langsung di dalam buah nenas yang bagian tengahnya sudah dikosongkan. Yum!

19. Tom Yum Goong (Tom yum udang)


Jangan lupa juga untuk cicipi makanan khas Thailand yang satu ini ketika berada di Bangkok ya! Tom yum goong dengan rasa authentic khas Thailand pasti dijamin buat ketagihan dengan rasanya yang asam dan juga pedas. Lumayan cocok dengan lidah orang Indonesia yang suka makanan pedas.

20. Som Tam (Salad Pepaya Muda)


Salad segar khas Thailand yang terbuat dari irisan pepaya muda ini termasuk makanan khas Thailand yang wajib dicoba ketika liburan ke negara ini. Rasanya begitu unik, segar, pedas dan juga gurih membuat banyak wisatawan ketagihan. Selain pepaya mentah, salad ini terdiri dari bahan pelengkap seperti tomat, saus ikan, limau, pasta udang, bawang putih dan banyak lainnya.

Ingin menjelajahi serunya Bangkok tanpa ribet? Di Pergi.com ada nih berbagai pilihan tour menarik ke Thailand. Misalnya 4D Super Sale Bangkok + Pattaya, 4D Ramah Bangkok + Pattaya Muslim Tour dan masih banyak lainnya. Yuk rencanakan liburan seru anti ribet bersama pilihan paket tour menarik di Pergi.com. Pergi yuk!

Pesan Tour ke Thailand

cicilan 0%
Liburan Kemana Saja Bisa Dicicil